Sebelum masuk proses pembelajaran pada mata kuliah KEWARGANEGARAAN melalui course di SPADA Indoensia kali ini, terlebih dahulu teman-teman pahami terkait dengan CAPAIAN PEMBELAJARAN, DESKRIPSI MATA KULIAH dan CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH seperti yang kami embed pada slide di bawah ini!

CP, DESKRIPSI & CMPK MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN oleh Pengembangan Pembelajaran Digital UBHI

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN

  • MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN INI DIRANCANG UNTUK MEMBEKALI MAHASISWA DENGAN PEMAHAMAN MENDALAM MENGENAI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA YANG CINTA TANAH AIR SERTA BERKOMITMEN MENDUKUNG PERDAMAIAN DUNIA. SELANJUTNYA MAHASISWA AKAN DIBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA, MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL, SERTA KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN. SELAIN ITU, PADA MATA KULIAH INI JUGA MENGAJARKAN PENTINGNYA MENGHARGAI KEANEKARAGAMAN BUDAYA, AGAMA, PANDANGAN, DAN KEPERCAYAAN, SERTA MENGHORMATI PENDAPAT DAN TEMUAN ORISINAL ORANG LAIN. DENGAN BERDASARKAN PANCASILA, MAHASISWA DIHARAPKAN MAMPU BERKONTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA, SERTA MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI, NORMA, MAUPUN ETIKA AKADEMIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

DESKRIPSI MATA KULIAH

  • MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN MERUPAKAN MATA KULIAH WAJIB KURIKULUM (MKWK) YANG BERTUJUAN AGAR MAHASISWA MEMAHAMI DAN MAMPU BERPERAN SERTA SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA YANG BANGGA DAN CINTA TANAH AIR, MENDUKUNG PERDAMAIAN DUNIA, MAMPU BEKERJASAMA DAN MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL MAUPUN KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP MASYARAKAT DAN LINGKUNGANNYA. SELANJUTNYA JUGA MAMPU MENGHARGAI KEANEKARAGAMAN BUDAYA, AGAMA, PANDANGAN DAN KEPERCAYAAN, PENDAPAT/TEMUAN ORIGINAL ORANG LAIN. SEHINGGA MAHASISWA BERKONTRIBUSI DALAM PENINGKATAN MUTU KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA BERDASARKAN PANCASILA, SERTA MENGINTERNALISASIKAN NILAI, NORMA DAN ETIKA AKADEMIK.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN

  • CPMK 1 MAHASISWA MAMPU MEMAKNAI KONSEP NKRI, MENGIDENTIFIKASI, SERTA MENGENALI KEKHASAN NEGARA HUKUM YANG BERSUMBER PADA NILAI-NILAI PANCASILA;
  • CPMK 2 MAMPU MEMAHAMI DAN MENJELASKAN ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER BANGSA INDONESIA;
  • CPMK 3 MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI DAN MENJELASKAN TENTANG INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA INDONESIA;
  • CPMK 4 MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI SUPREMASI KONSTITUSI DAN KEKHASAN UUD NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 YANG BERSUMBER PADA NILAI-NILAI PANCASILA DAN MEMILAH PERILAKU KONSTITUSIONAL DAN INSKONSTITUSIONAL DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA;
  • CPMK 5 MAHASISWA MAMPU MEMBANGUN KESADARAN DAN MEYAKINI PENTINGNYA KETERLIBATAN ATAU PERAN SERTA DALAM PRAKTIK DEMOKRASI PANCASILA DI INDONESIA;
  • CPMK 6 MAMPU MEMAHAMI DAN MENJELASKAN TENTANG DINAMIKA HISTORIS KONSTITUSIONAL, SOSIAL POLITIK, KULTURAL, SERTA KONTEK KONTEMPORER PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN;
  • CPMK 7 MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI KONSEP GEOPOLITIK DAN GEOPOLITIK INDONESIA SERTA MENGKLASIFIKASI POTENSI-POTENSI KEBERAGAMAN SDA DAN SDM DALAM KONSEP OTONOMI DAERAH BERDASARKAN WAWASAN NUSANTARA;
  • CPMK 8 MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI, MENGIDENTIFIKASI, DAN MEMPERTAHANKAN JATI DIRI BANGSA DARI BUDAYA POPULER DI INDONESIA DALAM ARUS GLOBALISASI.

SUMBER BELAJAR

  • Utama
  1. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Ditjen Belmawa Ristekdikti, Cetakan I, 2016.
  2. UUD 1945 Hasil Amandemen Agustus 2002, Jakarta.
  3. Universitas Gunadarma, Diktat Kuliah Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan, Edisi 2006.
  4. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, Prof. Dr. H. Kaelan, M.S. Drs. H. Achmad Zubaidi, M.Si, 2007.
  5. Hukum dasar Geopolitik dan Geostrategi dalam kerangka keutuhan NKRI oleh Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH., MH., 2005.
  6. Materi Terbuka Kesadaran Pajak untuk PT, Tim Edukasi DJP, Cetakan I 2016.
  • Pendukung
  • Sapriya, dkk (ed). (2012). Transformasi 4 Pilar Kebangsaan dalam Mengatasi Fenomena Konflik dan Kekerasan: Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn FPIPS-UPI.
  • Sunardi R.M. 1997. Teori Ketahanan Nasional. Jakarta: Hastannas.
  • Syarbaini S. 2010. Implementasi Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 
  • Winataputra, U.S. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.
  • Winataputra, U.S. & Budimansyah, D. (ed). 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press