10. 1. Materi 1. Seni Pertunjukan

Teater Tradisional Jepang 

(koten geino)

Ada Lima genre utama teater tradisional Jepang dalam seni pertunjukan yaitu, bugaku, Noh, kyogen, bunraku, dan kabuki. Meskipun berbeda dalam konten dan gaya, mereka dihubungkan oleh hubungan estetika yang kuat yang berasal dari baik di dalam maupun dari luar Jepang. Asumsi adanya hubungan integral antara tari, musik, dan lirik naratif mengatur evolusi seni pertunjukan di seluruh Asia. Ketiga elemen ini dianggap sebagai perpanjangan dari seni puitis dalam risalah klasik Sanskerta tentang tari dan drama, yang sangat mempengaruhi praktik panggung tradisional di seluruh Asia. Sintesis elemen-elemen berbeda dari pidato, musik, dan tarian menghasilkan gaya yang sangat berkembang seperti halnya kelima genre seni pertunjukan Jepang tersebut.

Di antara kelima genre utama seni pertunjukan tradisional Jepang tersebut,  bugaku berdiri terpisah sebagai tarian seremonial yang terkait hanya dengan ritual istana, di mana porsi elemen teatrikal minimal dan musik mendominasi. Tarian seremonial adalah hal biasa dalam ritual Tiongkok kuno demikian juga dengan Jepang. Bugaku menggabungkan prinsip-prinsip estetika dan struktural yang ada pada abad ke-8, campuran unsur-unsur Asia Tengah, India, dan Korea yang diasimilasi oleh Tiongkok dan diadopsi oleh Jepang.  

Noh, kyogen, bunraku, dan kabuki justru sebaliknya keempatnya adalah bentuk asli dari Jepang yang mewakili periode perubahan politik dan sosial yang berturut-turut di Jepang. Noh dan Kyogen berasal dari zaman ketika pengaruh Cina masih kuat. Bunraku dan Kabuki datang dari masa ketika Jepang terisolasi secara politik. Tetapi keempatnya menganut prinsip-prinsip dramatis Asia yang menekankan simbolisme dan gambaran kiasan. Hal ini berbeda dengan konsep mimesis Aristotelian yang cenderung melakukan peniruan realitas, peniruan terhadap hal-hal yang terjadi.  Teater Jepang, apa pun genre-nya, berusaha untuk membangkitkan suasana hati, untuk menciptakan pengalaman estetika langsung yang menarik respons seketika dari penonton. 

Noh, misalnya, teater Noh berusaha mengungkap sifat fana dari realitas melalui teknik panggung yang menekankan perumpamaan, metafora, dan simbolisme. Pemikiran Buddhis Abad Pertengahan, yang sangat mempengaruhi teater Noh, menolak kenyataan faktual sebagai ilusi.  dalam teori Buddhis, sesuatu itu hanya ada pada persepsi. Dengan demikian, semua eksistensi pada dasarnya akan cepat berlalu. 

Kyogen, selingan yang merupakan bagian integral dari pertunjukan Noh, mengolok-olok kelemahan manusia seperti yang dilakukan pendongeng tradisional Asia, mengolok-olok pretensi sosial, perselisihan perkawinan, perdukunan, dan sebagainya. Melalui bentuk vokal bergaya, pantomim, dan kontrol spasial, kyogen mempertahankan beberapa keanggunan formal Noh. Dalam humor dan teknik lisannya, mengingatkan kita pada badut panggung tradisional Tiongkok yang juga menjadi selingan dalam tradisi seni penceritaan lisan yang panjang. Baik dalam pertunjukan kyogen maupun dalam seni pertunjukkan Tiongkok, aksi selingan ini  bersifat fisik dan situasional, memainkan lakon tentang perbedaan antara apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dengan apa yang dilakukan pada kenyataannya. Dalam keduanya, aktor menjadi agen katalisator, menghilangkan ketegangan melalui pengaturan penampilannya di antara drama serius. 

Bunraku, atau teater boneka, unik karena diterima di Jepang sebagai padanan drama ortodoks. Memang, tidak mungkin untuk berbicara tentang bunraku tanpa menyebutkan kabuki, karena sebagian besar dari repertoar kabuki terdiri dari lakon yang aslinya ditulis untuk drama boneka, yang juga sangat mempengaruhi gaya akting kabuki. Sebaliknya, bunraku telah mengambil banyak dari presentasi teknis canggih kabuki dan telah memasukkan beberapa drama tari populer ke dalam repertoarnya sendiri. Wayang Bunraku memiliki kemiripan keluarga dengan boneka yang pernah umum di Tiongkok selatan, meskipun secara teknis lebih kompleks dan dicirikan oleh tingkat realisme yang tidak ditemukan di tempat lain di Asia. Kesenian yang terlibat dalam praktik bunraku unik menggunakan tiga dalang untuk memanipulasi satu karakter dalam koordinasi dengan narasi yang dinyanyikan dan musik shamisen menghasilkan pengalaman teatrikal dengan intensitas emosional yang cukup besar. 

Kabuki bahkan membawa lebih jauh penyebaran ucapan, suara, gerakan, dan ruang sebagai kekuatan kontribusi yang setara. Sintesis teater mencapai tingkat yang kuat dari komunikasi instan dengan menggunakan teknik visual dan aural secara kumulatif untuk mempermainkan indra dan emosi para pemain. Pengaturan suasana panggung dilakukan di setiap babak pertunjukan untuk menciptakan suasana yang mendukung cerita. Bentuk musik naratif digunakan terus-menerus untuk menyampaikan suasana hati, menekankan ketegangan emosional, dan memberikan eksposisi.

Untuk penggalian lebih dalam mengenai keempat seni pertunjukan tradisional di atas, silahkan mengakses link referensi berikut sebagai trigger dan silahkan melanjutkan dengan searching berbagai sumber lain yang kredibel.

Terakhir diubah: Saturday, 12 June 2021, 05:43