Generalization
- Latar Belakang Penelitian
- Tujuan dan Luaran Penelitian
- Metode Penelitian
- Hasil Penelitian
- Kesimpulan
- Tim Peneliti dan Logo Instansi
- Foto Pendukung Penelitian
Elemen Estetik
Mengingat banyaknya konten yang perlu ditampilkan dalam ruang media yang sempit, maka perlu diterapkan prinsip-prinsip desain seperti konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), Golden Ratio, dan EyeFlow. Prinsip utama dalam poster adalah mendapatkan attention (perhatian) dari khalayak sasaran. Untuk itu diperlukan beberapa elemen utama yang dijadikan fokus (Emphasis) diantaranya adalah:
- Mengunakan judul pendek yang menarik perhatian. Dengan penekanan pada penggunaan jenis huruf (typografi).
- Mengunakan ilustrasi utama terkait penelitian, bisa foto produk, kegiatan penelitian atau diagram.
- Mengunakan kombinasi warna yang sesuai dengan konten penelitian
- Mengunakan komposisi yang baik dengan mengikuti alur baca (eyeflow)
- Mengikuti trend desain yang sedang populer (jika memungkinkan)
Penerapan golden ratio pada poster akan lebih mempermudah tampilan poster menjadi estetis. Golden ratio dapat dijadikan sebagai acuan/rencana pada tahapan awal layouting poster. Perhatikan contoh berikut:
Eye Flow
Untuk mempermudah khalayak sasaran memahami poster ilmiah, maka tata letak (layout) poster harus mengikuti alur baca (eyeflow). Sering kali tata-letak yang salah menyebabkan audiense gagal memahami apa yang dimaksudkan oleh pembuat poster. Adapun eyeflow yang disarankan dalam poster ilmiah adalah sebagai berikut:
Demikianlah beberapa ulasan singkat di atas tentang pembuatan poster ilmiah. Adapun kriteria khusus poster ilmiah yang dapat anda buat silahkan download disini.