Mengelola Sumber Daya Manusia dalam Konteks Proyek Kemanusiaan

Sumber daya manusia dalam konteks proyek kemanusiaan adalah pekerja kemanusiaan yang memilih untuk ikut serta berkolaborasi dengan pemerintah mengurangi dampak dari permasalahan yang terjadi, baik permasalahan sosial yang disebabkan oleh keadaan sosial ekonomi maupun bencana alam. Seiring meningkatnya permasalahan yang terjadi, maka semakin banyak orang yang ikut andil berperan serta sebagai pekerja kemanusiaan.

 

Tetapi tentu saja tidak bisa menunggu hingga terjadinya permasalahan atau bencana, baru mencari pekerja kemanusiaan. Akan lebih baik jika dipersiapkan sejak dini dengan mencetak pekerja kemanusiaan sehingga ketika terjadi permasalahan atau bencana, kita sudah memiliki sumber daya manusianya. Dengan banyaknya generasi muda yang semakin menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, maka mereka akan dapat didorong untuk ikut melakukan kerja kemanusiaan.

 

Sejumlah hal perlu dipersiapkan untuk bisa terjun ke pekerjaan kemanusiaan, khususnya yang terjadi di daerah bencana atau di daerah pelosok. Kesehatan dan stamina yang baik, kemampuan bertahan hidup di dalam segala kondisi, kemampuan komunikasi dan bekerja sama, kepekaan sosial, serta keterampilan khusus lainnya yang akan dibutuhkan sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing. Kesempatan untuk bisa terjun ke daerah-daerah yang masih tidak terlalu parah kondisinya juga bisa menjadi latihan bagi mereka untuk membiasakan diri dalam situasi dan kondisi kemanusiaan.

Last modified: Friday, 29 October 2021, 10:05 PM