Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Potensi diri merupakan kualitas yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mendukung orang tersebut dalam memenuhi tujuan yang dicita-citakan. Potensi diri bukan hanya termasuk karakter, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, tetapi juga kesehatan, kemampuan fisik, motivasi, kemampuan berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Dalam proses manusia meningkatkan kualitas dirinya, perlu terlebih dulu mengenali potensi yang ada, untuk kemudian ditumbuh kembangkan menjadi kualitas yang signifikan dalam dirinya.

 

Berikut sejumlah karakter dari orang yang selalu haus akan pengembangan diri (Maslow, 1970a):

  1. Menikmati pengalaman hidup seperti anak-anak, penuh konsentrasi dan tidak ragu-ragu;
  2. Mencoba berbagai hal baru, alih-alih selalu berada di zona nyaman;
  3. Mendengarkan hati nurani dalam mengevaluasi suatu pengalaman, bukan mendengarkan tradisi, kekuasaan, atau pilihan mayoritas;
  4. Menghindari kebohongan dan selalu jujur;
  5. Siap menjadi tidak populer (tidak disukai banyak orang), jika pandangannya bertentangan dengan pandangan mayoritas orang;
  6. Mengambil tanggung jawab dan bekerja keras; dan
  7. Mencoba melakukan pembelaan tetapi berani menerima jika salah.

 

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengenali potensi diri:

1. Kenali Minat dan Bakat

Kenali apa minat dan bakat kita, apa yang membuat kita bersemangat dan tidak pernah bosan melakukannya, apa yang membuat kita bahagia setelah selesai melakukannya. Dengan mengenali minat kita pada apa, dan di bidang apa kita berbeakat, maka selanjutnya akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan pengembangan diri.

 

2. Minta Masukan dari Orang Terdekat

Orang yang paling mengenal diri kita selain kita sendiri adalah orang terdekat, misalnya keluarga, sahabat, mentor, atau saudara. Mereka adalah orang-orang yang paling sering berinteraksi dengan kita dengan intensitas waktu yang paling banyak, sehingga sangat mungkin mereka mengetahui tentang diri kita, bahkan hal-hal yang paling kecil sekalipun, termasuk potensi yang kita miliki.

 

3. Mencoba Hal Baru, Keluar dari Zona Nyaman

Jangan terpaku hanya pada hal-hal yang ada di sekitar kita saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Jika kita belum tahu apa hal yang kita sukai, coba lakukan berbagai hal positif yang belum pernah kita coba. Jangan takut salah, jangan takut gagal. Beranjaklah dari zona nyaman, karena berada di zona nyaman tidak akan membuat diri kita tumbuh. Semakin banyak hal positif yang kita coba, maka akan semakin banyak informasi yang kita dapatkan terkait ketertarikan dan kemampuan kita.

 

4. Gali Informasi

Masifnya informasi yang masuk ke dalam kehidupan kita berkat perkembangan teknologi digital dan jaringan internet, memberi kita kesempatan untuk terus memperbarui pengetahuan kita tentang berbagai hal. Jangan pernah berhenti mencari informasi, karena itu adalah sumber potensi yang bermanfaat. Yang perlu diingat adalah, disiplin menyaring bacaan atau tontonan yang kita konsumsi, karena tidak semua konten berisi hal positif, bahkan banyak di antaranya yang mengandung berita palsu/hoax. Jika Anda tertarik pada satu bidang informasi, maka gali sebanyak-banyaknya. Itu merupakan potensi yang suatu hari bisa Anda bagikan ke orang lain.

 

5. Kenali diri sendiri

Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

Untuk lebih memahami bagaimana cara mengenali potensi diri, silakan tonton dua video berikut ini:

Last modified: Friday, 29 October 2021, 10:36 PM