Quiz 2

Quiz Review

  1. Jelaskan minimal tiga perubahan yang terjadi di dunia marketing berdasarkan hasil pengamatan anda dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kemukakan analisa sederhana anda penyebab perubahan itu.
  3. Kemukakan lima elemen yang menjadi pemicu terjadinya perubahan dalam dunia marketing sehingga juga berdampak pada kegiatan marketing communication.
  4. Jelaskan secara singkat masing-masing dari lima elemen penyebab perubahan seperti yang sudah dikemukakan pada soal nomor 3.
  5. Dari lima elemen tersebut, faktor teknologi disebut sebagai penggerak primer. Mengapa demikian?
  6. Faktor teknologi yang dominan menyebabkan perubahan didukung oleh ekosistem digital. Hal itulah yang sedang terjadi di Indonesia. Kemukakan lima hal yang mengindikasikan bahwa ekosistem digital di Indonesia sangat mendukung faktor teknologi yang merupakan penggerak primer perubahan di dunia marketing communication.
  7. Kita mengenal tiga paradoks digitalisasi, yaitu (1) online versus offline, (2) substansi versus gaya, dan (3) mesin ke mesin versus manusia ke manusia. Jelaskan ketiga hal diatas.
  8. Aspek legal politik, ekonomi, dan sosial budaya merupakan tiga dari lima elemen pendorong perubahan dalam dunia marketing communication. Ketiganya disebut sebagai penggerak utama. Kemukakan argumentasi anda, mengapa dikatakan sebagai penggerak utama.
  9. Kemukakan minimal satu regulasi di Indonesia yang mempengaruhi kegiatan bisnis di Indonesia dan berdampak pada kegiatan marketing communication nya.
  10. Digitalisasi di Asia termasuk di Indonesia telah melahirkan tiga subkultur baru, sebutkan dan jelaskan.
  11. Pasar merupakan salah satu elemen penggerak perubahan dalam dunia marketing communication. Elemen ini disebut sebagai penggerak pokok. Kemukakan argumentasi anda mengapa elemen ini disebut sebagai penggerak pokok.
  12. Jelaskan jalur konsumen di era pra konektivitas.
  13. Jelaskan jalur konsumen di era keterhubungan/digitalisasi.
  14. Kemukakan perbedaaan antara jalur konsumen di era pra konektivitas dan di era keterhubungan.
  15. Salah satu yang muncul sebagai jalur konsumen baru di era keterhubungan/digitalisasi adalah advocate. Konsekwensinya adalah konten yang dibuat dalam dunia marketing communication harus memiliki faktor ‘WOW’. Kemukakan analisa anda mengapa hal ini diperlukan.


Grading method: Highest grade