Font size
A-
A
A+
Site color
R
A
A
A
Side panel
You are currently using guest access (
Log in
)
Skip to main content
PENGANTAR PENDIDIKAN
Home
Courses
ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN ILMU SOSIAL
Pendidikan Ekonomi
pengantar_pendidikan_1
5. Hakikat Pendidikan Berdasar Filsafat Pendidikan, Driyarkara.
5.3.3. Peran Manusia dalam Proses Pendidikan.
5.3.3. Peran Manusia dalam Proses Pendidikan.
Click
https://asistif.id/tts/read.php?hal=bab-5-3
link to open resource.
Previous activity
◄ 5.3.2. Konsep-konsep Utama dalam Filsafat Pendidikan Driyarkara.
Jump to...
Jump to...
1.1. Pretest
1.2. Bahan Bacaan
1.3. Bahan bacaan asistif
1.3.1. Pengertian Pendidikan
1.3.2. Unsur Pendidikan
1.3.3. Fenomena Pendidikan Dalam Hidup Manusia
1.3.4. Rangkuman.
1.4. Materi Presentasi
1.5. Infografis
1.6. Posttes
2.1. Pretest
2.2. Bahan Bacaan
2.3. Bahan Bacaan Asistif
2.3.1. Hakikat manusia dan pentingnya pendidikan bagi manusia
2.3.2. Fungsi individual dan fungsi sosial pendidikan bagi kehidupan manusia.
2.3.3. Rangkuman
2.4. Materi Presentasi
2.5. Postest
Link Gmeet
3.1. Pretest
3.2. Bahan bacaan
3.3. Bahan Bacaan Asistif
3.3.1. Landasan filosofis dan ilmiah penyelenggaraan pendidikan sekolah.
3.3.2. Penerapan Landasan Filosofis dalam Pendidikan.
3.3.3. Peran Landasan Ilmiah dalam Pengembangan Pendidikan.
3.3.4. Rangkuman.
3.4. Materi Presentasi
3.5. Postest
Link Gmeet
4.1. pretest
4.2. Bahan Bacaan
4.3. Bahan Bacaan Asistif
4.3.1. Fungsi Individual Pendidikan.
4.3.2. Fungsi Sosial Pendidikan.
4.3.3. Fungsi Pendidikan Secara Individual.
4.3.4. Fungsi Pendidikan Secara Sosial.
4.3.5. Keterkaitan Fungsi Pendidikan Individual dan Sosial.
4.3.6. Rangkuman.
4.4. Materi Presentasi
4.5. Postest
Link Gmeet
5.1. Pretest
5.2. Bahan Bacaan
5.3. Bahan Bacaan Asistif
5.3.1. Biografi dan Latar Belakang Pemikiran Driyarkara.
5.3.2. Konsep-konsep Utama dalam Filsafat Pendidikan Driyarkara.
5.3.4. Hubungan Pendidik dan Peserta Didik.
5.3.5. Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan dalam Filsafat Driyarkara.
5.3.6. Metode Pendidikan.
5.3.7. Peran Nilai-nilai dalam Pendidikan dalam Filsafat Driyarkara.
5.3.8. Implementasi nilai-nilai dalam Pendidikan.
5.3.9. Relevansi Filsafat Pendidikan Driyarkara dengan Praktik Pendidikan Masa Kini.
5.3.10. Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi Menurut Pandangan Filsafat Driyarkara.
5.3.11. Implementasi Nilai Pancasila dalam Pendidikan.
5.3.12. Peran Guru dalam Era Digital Menurut Pandangan Filsafat Driyarkara.
5.3.13. Tantangan dan Upaya.
5.3.14. Rangkuman.
5.4. Materi Presentasi
5.5. Postest
6.1. Pretest
6.2. Bahan Bacaan
6.3. Bahan Bacaan Asistif
6.3.1 Konsep Dasar Hubungan Pendidikan dengan Proses Belajar dan Pembelajaran.
6.3.2. Peran Pendidik dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.
6.3.3. Peran Peserta Didik dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.
6.3.4. Rangkuman
6.4. Materi Presentasi
6.5. Postest
7.1. Pretest
7.2. Bahan Bacaan
7.3. Bahan Bacaan Asistif
7.3.1. Materi
7.3.2. Penerapan Sikap Kritis, Cermat, dan Teliti.
7.3.3. Rangkuman
7.4. Materi Presentasi
7.5. Postest
9.1. Pretest
9.2. Bahan Bacaan
9.3. Bahan Bacaan Asistif
9.3.1. Materi
9.3.2. Tujuan Pendidikan: Fondasi dan Arah dalam Proses Pembelajaran.
9.3.3. Jenis-Jenis Tujuan Pendidikan.
9.3.4. Fungsi Tujuan Pendidikan.
9.3.5. Prinsip-Prinsip dalam Menetapkan Tujuan Pendidikan.
9.3.6. Tujuan Pendidikan dalam Konteks Nasional.
9.3.7. Kesimpulan.
9.4. Materi Presentasi
9.5. Postest
10.1. Pretest
10.2. Bahan Bacaan.
10.3. Bahan Bacaan Asistif.
10.3.1. Peran Dan Fungsi Subjek Didik Dan Subjek Pendidik.
10.3.2. Peran Dan Fungsi Subjek Didik Dan Subjek Pendidik Mencerminkan Tujuan Pendidikan.
10.3.3. Peran Dan Fungsi Subjek Didik Dan Subjek Pendidik Berubah Dan Berkembang Seiring Dengan Perkembangan Masyarakat Dan Negara.
10.3.4. Peran Dan Fungsi Subjek Didik Dan Subjek Pendidik Dengan Kebutuhan Masyarakat Dan Bagaimana Mereka Dapat Berkontribusi Terhadap Pembangunan Masyarakat Dan Negara.
10.3.5. Rangkuman.
10.4. Materi Presentasi.
10.5. Postest
11.1. Pretest
11.2. Bahan Bacaan.
11.3. Bahan Bacaan Asistif.
11.3.1. Konsep Objek Pendidikan.
11.3.2. Peran Dan Fungsi Objek Pendidikan Dalam Proses Pendidikan.
11.3.3. Pengaruh Objek Pendidikan Terhadap Proses Dan Hasil Pendidikan.
11.3.4. Perubahan Objek Pendidikan.
11.3.5. Rangkuman.
11.4. Materi Presentasi
11.5. Postest
12.1. Pretest
12.2. Bahan Bacaan.
12.3. Bahan Bacaan Asistif.
12.3.1. Memahami Konsep Lingkungan Pendidikan.
12.3.2. Mengidentifikasi Jenis-jenis Lingkungan Pendidikan.
12.3.3. Menganalisis Peran Lingkungan Pendidikan dalam Pembentukan.
12.3.4. Mengevaluasi Pengaruh Lingkungan Pendidikan terhadap Prestasi.
12.3.5. Menyusun Strategi Optimalisasi Lingkungan Pendidikan.
12.3.6. Rangkuman.
12.4. Materi Presentasi.
12.5. Postest
13.1.1. Definisi Sarana dan Prasarana Pendidikan
13.1.2. Perbedaan Antara Sarana dan Prasarana
13.1.3. Identifikasi Jenis Sarana Pendidikan
13.1.4. Identifikasi Jenis Prasarana Pendidikan.
13.1.5. Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Kualitas Pembelajaran.
13.1.6. Pentingnya Sarana dan Prasarana yang Memadai.
13.2. Bahan Bacaan
13.3. Bahan Bacaan Asistif.
13.3.1. Mendefinisikan Sarana dan Prasarana Pendidikan..
13.3.2. Perbedaan Antara Sarana dan Prasarana dalam Konteks Pendidikan.
13.3.3. Mengidentifikasi Berbagai Jenis Sarana Pendidikan..
13.3.4. Mengidentifikasi Berbagai Jenis Prasarana Pendidikan.
13.3.5. Bagaimana Sarana dan Prasarana Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran.
13.3.6. Pentingnya Sarana dan Prasarana yang Memadai untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif.
13.3.7. Rangkuman.
13.4. Materi Presentasi.
13.5. Postest
14.1. Buku Ki Hajar Dewantara
14.2. Bahan Bacaan
14.3. Bahan Bacaan Asistif.
14.3.1. Memahami Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara..
14.3.2. Memahami Pemikiran Pendidikan R.A. Kartini.
14.3.3. Memahami Teori Perkembangan Kognitif Piaget.
14.3.4. Memahami Teori Sosio-Kultural Vygotsky.
14.4. Materi Presentasi.
14.5. Postest
15.1. Bahan Bacaan.
15.2. Bahan Bacaan Asistif.
15.2.1. Kesenjangan Akses Pendidikan.
15.2.2. Kualitas Pendidikan yang Tidak Merata.
15.2.3. Kurikulum yang Kurang Relevan.
15.2.4. Rendahnya Kesejahteraan Guru.
15.2.5. Tingginya Angka Putus Sekolah.
15.2.6. Tantangan Pendidikan Inklusif.
15.2.7. Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan.
15.2.8. Masalah Pembiayaan Pendidikan.
15.2.9. Dampak Pandemi COVID-19.
15.2.10. Kurangnya Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan.
15.3. Materi Presentasi
15.4. Postest
Link Gmeet
Link Gmeet
Next activity
5.3.4. Hubungan Pendidik dan Peserta Didik. ►
Home
Calendar
Course sections
Pendahuluan
1. Fenomena Pendidikan dalam Hidup Manusia
2. Hakikat Manusia dan Pentingnya Pendidikan bagi Manusia
3. Landasan Filosofis dan Ilmiah Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah
4. Fungsi Individual dan Sosial Pendidikan bagi Kehidupan Manusia
5. Hakikat Pendidikan Berdasar Filsafat Pendidikan, Driyarkara.
6. Hubungan Pendidikan dengan Proses Belajar dan Pembelajaran
7. Hubungan Pendidikan dengan Pengajaran, Pelatihan, dan Pembimbingan
8. Proyek : Laporan Masalah-Masalah Pendidikan di Indonesia
9. Tujuan Pendidikan
10. Subjek Pendidikan
11. Objek Pendidikan
12. Lingkungan Pendidikan
13. Sarana dan Prasarana Pendidikan
14. Implementasi Konsep Pendidikan oleh Tokoh-Tokoh Pendidikan
15. Masalah-Masalah Aktual Pendidikan di Indonesia
16. Penutup dan Evaluasi Akhir