Skip to main content
Salah satu media pembelajaran yang dapat menolong peserta didik dalam belajar secara berkala dan terbimbing adalah buku kerja. Buku kerja yang disediakan oleh dosen haruslah dapat membimbing mahasiswa dalam menemukan konsep-konsep. Tujuan... more
Salah satu media pembelajaran yang dapat menolong peserta didik dalam belajar secara berkala dan terbimbing adalah buku kerja. Buku kerja yang disediakan oleh dosen haruslah dapat membimbing mahasiswa dalam menemukan konsep-konsep. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku kerja yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4D, adapun keempat tahapnya adalah tahap mendefinisikan, tahap desain, tahap mengembangkan, dan tahap penyebarluasan. Buku kerja berbasis penemuan terbimbing ini divalidasi dari tiga aspek, yaitu: media, konten, dan bahasa indonesia. kevalidan buku kerja diukur dengan lembar validasi dan kepraktisan diukur dengan angket respon mahasiswa. langkah pengembangan buku kerja digambarkan secara kualitatif dan data yang diperoleh dari lembar validasi dan angket dianalisis secara kuantitatif. Analisis hasil validasi menunjukkan bahwa buku kerja berbasis penemuan terbimbing valid dari segi tampilan, k...
Buku aplikasi komputer dengan program SPSS untuk penelitian.
The purpose of this research to develop multimedia learning interactive used Adobe Flash CS3 Professional of learning math class VII SMP/MTs valid, practical, and effective. This research was used research and development method by APPED... more
The purpose of this research to develop multimedia learning interactive used Adobe Flash CS3 Professional of learning math class VII SMP/MTs valid, practical, and effective. This research was used research and development method by APPED model. Multimedia learning interactive that validity by five people experts. The validity was seen from the sheets validation, practility from the sheets inquiries response students and interviews students, while effectiveness from the result of lear and activities learn students. The results of this research showing the scores an average of the validation by experts math 4,22 with the category very valid, the indonesian 3,88 with the category very valid, the media 4,78 with the category very valid, and validation teacher math 4,80 with the category very valid. The validation overall 4,58 with the category very valid. Acquisition presentase response students of 82,27% with the category of  practical. Presentase the results of learning classical of 7...
Page 1. BAB II KAJIAN PUSTAKA ... Pada hakikatnya RPP adalah perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan dan memproyeksikan tindakan yang dilakukan dalam kegiatanpembelajaran serta dikembangkan untuk mengoordinasikan komponen... more
Page 1. BAB II KAJIAN PUSTAKA ... Pada hakikatnya RPP adalah perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan dan memproyeksikan tindakan yang dilakukan dalam kegiatanpembelajaran serta dikembangkan untuk mengoordinasikan komponen pembelajaran, ...
Research Interests:
Research Interests:
The purpose of this study to describe the problem solving and self-efficacy mathematical students with prior knowledge of high, medium, low, and overall use sinektik learning better than conventional learning, interaction between learning... more
The purpose of this study to describe the problem solving and self-efficacy mathematical students with prior knowledge of high, medium, low, and overall use sinektik learning better than conventional learning, interaction between learning model with early ability in influencing the mathematical problem solving ability and self-efficacy. mathematical Experimental quantitative approach to design treatment by block (2x3). The sample is determined by simple random sampling technique. The instrument uses the questions and statements. Hypothesis testing using indepenpedent sample t-test,test Mann Whitney and two-way ANOVA. The findings of this study indicate: the ability of solving mathematical students use learning model sinektik overall and the ability of high start better than conventional learning, problem-solving ability mathematical students with prior knowledge medium and low using model sinektik no better than conventional learning, there is no interaction among early learning model with the ability to affect the ability of mathematical problem solving, self-efficacy of students' mathematical overall, high and low initial capability using sinektik learning model is no better than conventional learning, self-efficacy mathematicalstudents with prior knowledge currently using sinektik learning model is better than conventional learning, and there is interaction between learning model with early ability in influencing self-efficacy. students' mathematical Keywords: mathematical problem solving skills, self-efficacy, the ability of early, sinectic, conventional interaction PENDAHULUAN Salah satu tujuan penting pembelajaran matematika adalah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis membantu siswa dalam memahami konsep serta mengambil keputusan terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa di dalam kehidupan. Jika siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah, maka siswa akan mampu mengambil keputusan, sebab siswa mempunyai keterampilan mengumpulkan informasi yang relevan, menganalisis informasi dan menyadari perlunya meneliti kembali hasil yang telah diperoleh. Penjelasan tersebut menegaskan bahwakemampuan pemecahan masalah matematis perlu diajarkan kepada siswa di setiap tingkat pendidikan. Kemampuan pemecahan masalah matematis secara sederhana dapat dikatakan bahwa pemecahan masalah adalah usaha atau proses menemukan solusi dari masalah (Fauzan, 2012), sementara Anderson (Fauzan, 2012)menjelaskan pemecahan masalah disebut sebagai serangkaian operasi kognitif yang dilakukan untuk menemukan suatu solusi dari masalah. Operasi kognitif yang dimaksud melibatkan dua hal, yaitu memahami masalah dan konteksnya secara mental dan kemudian secara aktif melakukan manipulasi untuk mencoba strategi atau model pemecahan masalah.
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Masalah dan judul penelitian
Research Interests:
Prosedur penelitian
Research Interests:
Metode penelitian
Research Interests:
Research Interests:
Leraning Cycle Menggunakan Flash terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:
Research Interests:

And 27 more

Konsep dasar penelitian
Research Interests:
Buku aplikasi komputer dengan program SPSS untuk penelitian.