Academia.edu no longer supports Internet Explorer.
To browse Academia.edu and the wider internet faster and more securely, please take a few seconds to upgrade your browser.
Periklanan adalah salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu yang disediakan media massa tersebut untuk menyiarkan informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan oleh di pemasang iklan agar barang atau jasa tersebut diketahui oleh public sehingga pemasang iklan memperoleh keuntungan tertentu. Periklanan sudah di kenal sejak lama yang awalnya di sampaikan melalui media berupa lisan. Hal itu sesuai dengan arti reklamare dalam bahasa latin yang berarti meneriakkan sesuatu atau memanggil berulang – ulang. Saat ini reklame berarti kiat untuk mempengaruhi konsumen agar penjualan barang atau jasanya meningkat. Dari dua pengertian diatas timbulah dua istilah dalam periklanan yaitu : 1. Iklan yakni segala hal yang diumumkan ke public baik itu perdagangan maupun sekedar pengumuman yang di lakukan melalui media, sedangkan 2. Reklame yaitu istilah dalam periklanan yang lebih khusus dijutukan untuk keperluan perniagaan. Adapun praktik pengelolaan semua kegiatan kerja periklanan merupakan suatu proses manajemen yang menghasilkan suatu pengetahuan yang disebut iklan atau reklame yang diarahkan pada pencapaian tujuan memperoleh keuntungan yang banyak dengan penggunaan sarana seefektif mungkin dan seefisien mungkin. SEJARAH PERKEMBANGAN PERIKLANAN Sejarah periklanan dari tahun 5000 SM sampai 1450 M dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Kebanyakan periklanan adalah " buah bibir " kecuali etalase dan poster dinding 2. Kebanyakan orang sudah mengenal tanda atau merk 3. Para pemasang iklan terpaksa harus berteriak agar menjangkau khlayak ramai yang buta huruf. Sejak saat itu dunia periklanan mengalami perkembangan yang sangat pesat yaitu setelah ditemukannya mesin cetak dan warna – warna cat. Hingga pada tahun 1940 an mulai adanya iklan yang menggunakan tema sehingga lebih dapat menghipnotis para konsumen. PERIKLANAN DALAM SISTEM KOMUNIKASI MASSA Periklanan pada umumnya banyak digunakan dalam sistem informasi massa di kalangan masyarakat untuk tujuan ekonomi. Periklanan pada hakikatnya berkaitan dengan sistem informasi massa dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi. Satu sama lain berinteraksi menggunakan sistem informasi dimaksud dan menyebarkan semua masalah yang terkait dengan sistem tersebut termasuk masalah keagamaan. INSTITUSI PERIKLANAN Pengetahuan iklan yang kini kita ketahui amat terbatas dan tidak seimbang. Periklanan pada akhirnya berkembang menjadi suatu fungsi bisnis serupa dengan produksi, keuangan, akuntasi dan sebagainya. Gambaran singkat dari institusi dan komponen utamanya akan memrikan pengertian tentang kegiatan mikro – manajerial dari para pengiklan dan agen periklanan. Semua perilaku dan kegiatan yang terlibat dalam institusi periklanan dimaksud mencakup enam komponen utama dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lainnya, serta apa yang kita tahu atau akan tahu tentang
Komunikasi pemasaran atau disebut juga dengan promosi adalah proses mengkomunikasikan informasi yang bermanfaat tentang suatu perusahaan atau produk untuk mempengaruhi pembeli potensial. Sedangkan tujuan promosi yaitu untuk membantu tercapainya tujuan pemasaran dan tujuan perusahaan secara lebih luas. Perusahaan dapat mendasarkan program-program promosinya pada satu atau lebih tujuan berikut:1.Memberikan informasi. 2.Meningkatkan penjualan. 3.Menstabilkan penjualan.4.Memposisikan produk. 5.Membentuk citra produk. Tidak peduli seberapa berbakatnya seseorang atau betapapun unggulnya sebuah produk, kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan ketrampilan komunikasi. Bahkan seorang William Shakespeare pernah mengemukakan dalam bukunya Troilus, “No man is the lord of anything, though in and of him there be much consisting, Till he communicate his parts to others”
Secara spesifik strategi dan perumusan strategi pemasaran diuraikan untuk memperjelas langkah-langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer pemasaran.Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu.Perusahaan dapat menggunkan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab setiap jenis program (seperti periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan. Sedangkan dalam strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas masalah penentuan dua pertimbangan pokok. Pertama, bisnis apa yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki di masa mendatang. Kedua, bagaimana bisnis yang telah di...
Suryana Sari
Strategi Pembelejaran2023 •
Hakikat strategi pembelajaran, konsep dan strategi pembelajaran PAUD
Rangkaian Kolom Kluster I, 2012 da sebelas pendekatan strategi pemasaran yang dapat dijadikan acuan. Berikut ini secara berurutan diperlihatkan suatu pendekatan strategi pemasaran yang bersifat alternatif dan generik. Tentunya hal ini sangat diharapkan dapat membantu memberi kejelasan serta kemudahan terutama bagi para akademisi dan manajer yang berkecimpung di dalam bidang pemasaran, sehingga penerapannya akan dapat membawa manfaat bagi kemajuan organisasi bisnis atau perusahaan. Ke 11 pendekatan strategi pemasaran akan dipaparkan secara berurutan sebagai berikut. A. Pendekatan Efisiensi versus Efektivitas Dalam cara pendekatan ini, apapun keputusan strategi yang akan diambil haruslah merupakan pencerminan dari adanya keseimbangan antara faktor efisiensi (daya guna) dengan faktor efektivitas (tepat guna). Dengan strategi efisiensi, perusahaan berusaha untuk memperoleh laba dengan caramenekan biaya produksi dan pemasaran serta memperbesar volume atau nilai penjualannya. Pengurangan biaya produksi dengan melaksanakan standardisasi memungkinkan timbulnya permintaan harga-harga yang rendah untuk produk-produk yang tidak distandardisasikan. Suatu strategi efektivitas akan mencapai sasaran jika produk yang dibuat oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka konsumen akan bersedia untuk membayar dengan harga yang tinggi. Dalam mempertimbangkan pilihan strategi yang mendasar ini, perusahaan harus dapat memperhitungkan syarat-syarat yang diperlukan oleh kedua pendekatan strategi tersebut. Jika suatu perusahaan telah menetapkan untuk memilih suatu pendekatan strategi pemasaran tertentu, maka perlu memelihara dan menjaga agar perusahaan tidak bertindak tergesa-gesa dalam pelaksanaanya. Suatu perusahaan yang memilih strategi efisiensi, pada dasarnya dapat kehilangan fleksibilitasnya dengan cepat sehingga tidak mempunyai kemampuan lagi untuk A
Strategi Pengembangan Komunikasi Pemasaran
Strategi Pengembangan Komunikasi PemasaranKomunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya yaitu komunikasi dan pemasaran, komunikasi adalah proses dimana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan dimana perusahaan dan organisasi lainnya mentranfer nilai-nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya. Sedangkan komunikasi pemasaran mempresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran merek yang memfasilitasi terjadinya pertukaran dengan menciptakan suatu arti yang disebarluaskan kepada pelanggan atau kliennya. Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk dipasar. Konsep yang secara umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan adalah apa yang disebut bauran promosi atau bauran pemasaran. Di dalam bauran pemasaran ini biasanya sering digunakan berbagai jenis promosi. Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan karena tanpa komunikasi konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Komunikasi pemasaran juga secara berhati-hati dan penuh perhitungan dalam menyusun rencana komunikasi perusahaanan. Penentuan siapa saja yang menjadi sasaran komunikasi akan sangat menentukan keberhasilan komunikasi, dengan penentuan sasaran yang tepat, proses komunikasi akan berjalan efektif dan efisien.1 B. Tujuan dan Fungsi Komunikasi Kata Kootz & Weichrich (1998), dalam arti yang luas, sebenarnya kita bisa mengatakan tujuan dari komunikasi itu untuk memberikan dampak perubahan-guna mempengaruhi tindakan menuju ke kondisi perusahaan yang lebih baik. Menurut Kootz & Weichrich, kita memerlukan komunikasi itu untuk :
La voracidad grafómana: José Kozer. Ed. Jacobo Sefamí. Mexico City: Universidad Nacional Autónoma, 2002. 147-171.
“Lenguaje de nadie.”Portugaliae Electrochimica Acta
Voltammetry of Mercury(II) Based on an Organo-Clay Modified Graphite ElectrodeBerkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Development Modern Physics Digital Handout Based on Technology Literacy2020 •
Pakistan Journal of Biological Sciences
Effect of Temporal Pattern of Radiation in Intensity Modulated Radiotherapy on Cell Cycle Progression and Apoptosis of ACHN Renal Cell Carcinoma Cell Line2016 •
2018 •
2018 •
Journal of Scientometric Research
Popularity or Prestige?: The Case of JASIST Rank2018 •
Trust and Trustworthy Computing
SBAP: Software-Based Attestation for Peripherals2010 •
International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology
Electronic Structure, Electronic Charge Density andOptical Properties of Organic Inorganic HybridSemiconductor C2H6NTeZn2014 •
IEEE Transactions on Industrial Electronics
Combined Speed and Direct Thrust Force Control of Linear Permanent-Magnet Synchronous Motors With Sensorless Speed Estimation Using a Sliding-Mode Control With Integral Action2017 •
2012 •
Journal of Oral and Maxillofacial Research
Conservative Treatment Protocol for Keratocystic Odontogenic Tumour: a Follow-up Study of 3 Cases2010 •
2010 •
Türk Üroloji Dergisi/Turkish Journal of Urology
Recurrence of childhood nephrogenic adenoma in urinary bladder developed four years after previous surgery despite intravesical sodium hyaluronate therapy2016 •
Storia dei valdesi I. Come nuovi apostoli (secc. XII-XV), a cura di Francesca Tasca, Torino (Claudiana), 2024 [traduction italienne]
Le cas des vaudois de Strasbourg: une communauté en crise (dernière décennie du XIVe siècle)2024 •
Supportive Care in Cancer
Health-related quality of life of thyroid cancer patients undergoing radioiodine therapy: a cohort real-world study in a reference public cancer hospital in Brazil2019 •
Clinical & Experimental Pharmacology
Subcutaneous IgG Replacement Therapy by Push in 32 Patients with Primary Immunodeficiency Diseases in Argentine2014 •