Published using Google Docs
Pertemuan 8 Alat yang Digunakan untuk Menunjang Menjahit.docx
Updated automatically every 5 minutes

Pertemuan 8 Alat yang Digunakan untuk Menunjang Menjahit

  1. CPMK
  1. Mahasiswa dapat mengetahui nama-nama alat penunjang menjahit
  2. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kegunaan dari setiap alat penunjang menjahit
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan satu per satu alat penunjang menjahit

  1. Indikator
  1. Menyebutkan satu per satu nama-nama dari alat penunjang menjahit
  2. Menjelaskan satu per satu nama-nama dari alat penunjang menjahit
  3. Mengaplikasikan satu per satu nama-nama dari alat penunjang menjahit

Alat Penunjang Menjahit

Alat jahit bantu/pendukung adalah semua peralatan menjahit yang secara tidak langsung membantu dalam proses jahit menjahit. Dengan bantuan alat penunjang ini, maka  dapat memperlancar dan mempermudah pekerjaan menjahit. Macam-macam alat penunjang adalah :

  1. Alat pengukur
  2. Alat pembuatan pola
  3. Alat pemotong
  4. Alat Pemberi tanda
  5. Alat-alat pelengkap menjahit
  6. Attacment
  7. Alat Mengepres
  8. Alat mengepas

Alat Pengukur

Alat pengukur adalah peralatan yang digunakan untuk mengambil ukuran badan dalam pembuatan busana. Alat pengukur terdiri dari pita ukuran/meteran  dan beterban. 
Pita ukuran berupa lajur panjang yang lebarnya + 1 s/d 1,5 cm dan panjang 150cm atau 60 inch.

Syarat pita ukuran :

Alat Pembuat Pola

Alat pembuat pola adalah alat yang digunakan untuk membuat pola pakaian. Macam-macam alat pembuat pola adalahpenggaris (dressmaker ruler), pensil hitam (H/HB), pensil merah biru, buku pola, kertas doorslag, karton manila, kertas kopi.

Alat Pemotong

Alat pemotong adalah peralatan menjahit yang digunakan untuk memotong kain/bahan pada saat membuat pakaian. Alat pemotong disering disebut dengan gunting. Ada beberapa macam gunting antara lain:

Alat Pemberi Tanda

Alat pemberi tanda adalah semua peralatan menjahit yang digunakan untuk memindahkan garis-garis pola pada kain. Alat alat pemberi tanda diantaranya:

  1. Rader bergerigi digunakan untuk bahan kain/bahan kain-kain agak tebal,
  2. Rader tidak bergerigi digunakan untuk kain-kain tipis. Rader biasanya terbuat dari logam dengan pegangan atau plastik dengan roda dari besi.

Alat-Alat Pelengkap Menjahit

Alat-alat pelengkap menjahit berfungsi memperlancar pekerjaan jahit menjahit. Alat-alat pelengkap menjahit diantarnya adalah macam-macam jarum, bidal, pendedel, needle threader dan bantalan jarum. Macam-macam jarum, diantaranya:

  1. Jarum mesin jahit manual : tangkainya bagian luar bundar, bagian dalam pipih.
  2. Jarum mesin jahit industri : tangkainya bundar dan agak panjang.
  3. Jarum obras : sama bentuknya dengan jarum mesin industri, tapi lebih pendedel.
  4. Jarum kembar : jarum yang terdiri dari dua jarum dipakai untuk menghias kain dan biasanya digunakan pada mesin semi otomatis.

Attachment

Attachment adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu pada saat menjahit dengan menggunakan mesin jahit. Attachment ini biasanya berbentuk sepatu mesin jahit. Contoh attachment diantaranya :

  1. Sepatu retsluiting biasa yang mempunyai satu kaki dan terbuat dari logam.
  2. Sepatu retsluiting jepang terbuat dari plastik, ditengahnya terdapat lubang untuk tempat masuk dan keluarnya jarum dan dibawahnya terdapat 2 jalur tempat gigi retsluiting.
  3. Sepatu klim, terbuat dari logam, dibagian tengahnya alat spiral untuk menggulung kain.
  4. Sepatu lubang kancing terbuat dari logam, bentuknya bermacam-macam, sampai yang besar, mulai dari  ukuran yang kecil sampai yang besar. Untuk mesin jahit semi otomatis dan otomatis, biasanya telah dilengkapi sepatu lubang kancing.

Alat Mengepres

Alat mengepres adalah alat yang digunakan untuk memberikan bentuk yang tetap pada bagian-bagian busana dengan cara disetrika. Alat yang digunakan untuk pengepresan antara lain:

Alat Mengepas

Alat mengepas adalah alat yang digunakan untuk mengepas busana sebelum busana itu jadi. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan ukuran dan bentuk badan pemakainya. Alat mengepas busana itu diantaranya: