Published using Google Docs
Pertemuan 11 Membuat Pola Busana Bagian Lengan dan Bawahan.docx
Updated automatically every 5 minutes

Pertemuan 11 Membuat Pola Busana Bagian Lengan dan Bawahan

  1. CPMK
  1. Mahasiswa dapat merancang pola busana bagian lengan dan bawahan sesuai dengan ukuran
  2. Mahasiswa dapat mengkoreksi pola busana bagian lengan dan bawahan sesuai dengan ukuran
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan alat penunjang menjahit (pensil merah – biru, penggaris, kapur jahit, rader, dan carbon)

  1. Indikator
  1. Merancang pola busana bagian lengan dan bawahan sesuai dengan ukuran
  2. Mengkoreksi pola busana bagian lengan dan bawahan sesuai dengan ukuran
  3. Mengaplikasikan alat penunjang menjahit (pensil merah – biru, penggaris, kapur jahit, rader, dan carbon)

Pecah pola (pecah model, bahasa Inggrispattern drafting) adalah proses mengubah pola dasar menjadi pola yang sesuai dengan model busana. Caranya antara lain dengan memindahkan lipit, memotong, menyambung, atau memanjangkan dan memendekkan (menambahkan atau mengurangi ukuran) pada bagian-bagian tertentu pada pola dasar.

Pola dasar rok, misalnya, dapat diubah menjadi pola rok berbagai macam model. Pola dasar rok yang dikurangi lebar bagian bawah akan menjadi pola rok span. Begitu pula halnya dengan jenis-jenis pakaian yang lain. Bagian bawah pola dasar celana panjang bila dipendekkan hingga beberapa sentimeter di atas lutut akan menjadi pola celana bermuda.

Sebelum kain digunting, potongan-potongan pola disusun di atas kain. Garis-garis seperti batas kampuh atau garis kupnat dijiplak ke atas bagian buruk kain dengan memakai rader dan karbon jahitKapur jahit dipakai untuk menuliskan tanda-tanda sementara di atas kain yang tidak dapat dibuat memakai rader.

Tanda-tanda

Sejumlah tanda-tanda (simbol) dipakai pada pola untuk memberi instruksi sewaktu menggunting kain dan menjahit. Dengan memakai tanda-tanda pada pola, pembuat pola juga dapat menyampaikan instruksi kepada orang lain.

Tanda-tanda di antaranya dapat dipakai untuk memberi tahu posisi corak kain, cara menggunting kain, cara menyatukan bagian-bagian pakaian, jenis jahitan, garis-garis saku, dan posisi lubang kancing. Garis dengan pensil hitam berarti garis tepi untuk pola asli, garis merah berarti garis tepi pola bagian muka, dan garis biru berarti garis tepi pola bagian belakang.