1.1. Penyajian Data dalam Bentuk Tabel/Daftar

Penyajian data dengan menggunakan tabel biasanya digunakan untuk menyajikan data yang terdiri atas beberapa variabel dengan beberapa kategori. Tabel terdiri atas beberapa jenis yaitu sebagai berikut.
  1. Daftar baris kolom
  2. Daftar kontingensi
  3. Daftar distribusi frekuensi

1. Daftar Baris Kolom

Tabel baris dan kolom atau tabel biasa disajikan berupa judul tabel, judul kolom, judul baris, nilai data dalam setiap sel dalam badan daftar dan sumber data darimana data tersebut diperoleh.

Perhatikan contoh berikut!

2. Daftar Kontingensi

            Terkadang data yang diberikan atau disusun terdiri atas dua faktor atau dua variabel. Untuk data yang terdiri dari atas dua faktor atau dua variabel , faktor yang satu terdiri atas b kategori dan yang lainnya terdiri atas k kategori, dapat dibuat daftar kontingensi berukuran b x k dengan b menyatakan baris dan k menyatakan kolom. Kontingensi dapat diartikan sebagai tabel yang menunjukkan atau memuat data sesuai dengan rinciannya
Perhatikan contoh berikut! 
 

3. Daftar Distribusi Frekuensi

         Daftar distribusi frekuensi diperoleh dari data kuantitatif yang ada dan disusun menjadi beberapa kelompok. Penyajian data dengan cara ini baik digunakan untuk data berukuran besar (n ≥ 30) bertujuan untuk mempermudah serta mengefisienkan tempat dan letak pada suatu penulisan. Terdapat dua jenis tabel distribusi frekuensi yaitu tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distribusi frekuensi data berkelompok.