Pengembangan Kreativitas AUD
Deskripsi Mata Kuliah:
Matakuliah ini membahas tentang kreatifitas dan keberbakatan melalui berbagai sudut pandang latar belakang, pengertian dan konsep, serta teori pembentukan kreativitas dan keberbakatan. Dan bagaimana penerapan konsep-konsep tersebut dalam pembelajaran sehingga bentuk pengajaran AUD mampu mengembangkan kreativitas anak.
Bahan Kajian:
Dasar-dasar pengembangan kreativitas, teori kreativitas, model dan strategi pembelajaran dalam pengembangan kreativitas AUD, pengukuran kreativitas, dan praktik pengembangan kreativitas AUD.
Referensi:
- Hurlock, B Elizabeth, 1978, Perkembangan Anak Jilid 2, Diterjemahkan Oleh Med, Metasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.
- Hartiti Tri, Pengaruh Tandur Terhadap Kreativitas Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gender Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kota Salatiga, Yogyakarta: Universitas Kristen Surya Wacana, Skripsi.
- Idris Zahara dan Jamal Lisma, 1992, Pengantar Pendidikan Cet Ke-2, Jakarta: Gramedia Widiasarana.
- Jamaris Martini, 2010, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
- Latif Mukhtar, dkk, 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
- Munandar Utama, 1999, Kreativitas dan Keberbakatan:Strategi Mewujudkan Kreatif dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Munandar Utami, 2012, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta:Rineka Cipta.
TIK AUD
Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD merupakan mata kuliah pengembangan diri yang berbasis content digital yang membahas dasar-dasar teknologi informasi dan komunikasi, pemanfaatan, dan penerapan untuk meningkatkan kemampuan skill dalam pengoperasian komputer dan internet dalam pendidikan dan pembelajaran yang diharapkan menjadi topik tantangan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0
Konsep Dasar Anak Usia Dini
Dosen Pembina:
Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini memaparkan dan menjelaskan tentang hakekat anak usia dini; hakekat pendidikan anak usia dini (tujuan, fungsi , komitmen dan kebijakan PAUD); sejarah PAUD; bentuk program dan model PAUD; filosofi PAUD; pemikiran para tokoh PAUD; Teori perkembangan AUD; dan implementasi filosofi PAUD.
Bahan Kajian:
Hakekat anak usia dini; hakekat pendidikan anak usia dini (tujuan, fungsi , komitmen dan kebijakan PAUD); sejarah PAUD; bentuk program dan model PAUD; filosofi PAUD; pemikiran para tokoh PAUD; Teori perkembangan AUD; dan implementasi filosofi PAUD
Referensi:
- Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal Kemendiknas Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025 (2011)
- Nurani, Yuliani, 2009, Konsep Dasar Pendidikan Anak USia Dini, , Indeks Jakarta
- Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education. Boston: Pearson Education.
- George S. Morrison. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
- Jackman, Hilda L. 2012. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to The World. Canada: Nelson Education.
- Gettman, David. 2016. Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
- Yus, Anita, 2010, Model Pendidikan Anak Udia Dini, Kencana Prenad Media group,
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang SN PAUD dan K13 PAUD (2014).
- Dr.Mansur, MA. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Pustaka Belajar, 2005.