Topic | Name | Description |
---|---|---|
RPS PENGEMBANGAN KURIKULUM | Silahkan download rencana pembelajaran semester yang akan digunakan dalam proses pembelajaran semester ini. |
|
PERTEMUAN 1 - Konsep Dasar dan Komponen Kurikulum | Konsep Kurikulum | Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Berikut adalah konsep dasar kurikulum yang disajikan dalam infografis.
|
Modul Ajar Konsep Dasar dan Komponen Kurikulum | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 1. Modul ini berisi tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan komponen kurikulum. Di akhir modul ini juga terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 2 - Hakikat dan Fungsi Pengembangan Kurikulum | Konsep Pengembangan Kurikulum | Pengembangan Kurikulum adalah upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam melaksanakan pengembangan kurikulum, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah infografis dalam pengembangan kurikulum. |
Modul Hakikat dan Fungsi Pengembangan Kurikulum | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 2. Modul ini berisi tentang Hakikat dan Fungsi Pengembangan KurikulumDi akhir modul ini juga terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 3 - Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum | Modul Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 3. Modul ini berisi tentang landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum. Di akhir modul ini juga terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
Link Zoom Meeting | Topic: Meeting 3 - Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Time: Oct 3, 2024 06:00 PM Bangkok Join Zoom Meeting Meeting ID: 861 6056 2695 |
|
Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum | Silahkan download PPT materi Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum berikut ini. |
|
PERTEMUAN 4 - Perubahan Kurikulum | Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Darurat, Prototype, dan Kurikulum Merdeka | Kurikulum yang diubah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memenuhi tujuan utama untuk memastikan bahwa sistem pendidikan tetap relevan, efektif, dan mampu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. |
Modul Ajar Perubahan Kurikulum | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 4. Modul ini berisi tentang latar belakang perubahan kurikulum, jenis-jenis kurikulum, dan dampak perubahan kurikulum. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 5 -Struktur Kurikulum Merdeka | Infografis Struktur Kurikulum Merdeka | Struktur Kurikulum Merdeka fleksibel dan berfokus pada peningkatan kemampuan siswa dan penguatan karakter mereka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Berikut adalah pemaparan mengenai Struktur Kurikulum Merdeka. |
Modul Ajar Struktur Kurikulum Merdeka | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 5. Modul ini berisi tentang struktur Kurikulum Merdeka pada jenjang SMP/MTS. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 6 - Kurikulum Merdeka pada jenjang SMP dan SMA | Kurikulum Merdeka pada jenjang SMP dan SMA | Struktur Kurikulum Merdeka untuk SMA/MA memberikan fleksibilitas kepada sekolah dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal, dengan dua fase utama: fase E untuk kelas X dan fase F untuk kelas XI dan XII. Kurikulum ini mencakup dua komponen utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler yang mengikuti capaian pembelajaran dan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% dari total jam pelajaran tahunan.
|
Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada jenjang SMP dan SMA | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 6. Modul ini berisi tentang struktur Kurikulum Merdeka pada jenjang SMP dan SMA. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 7 - CP Pembelajaran Bahasa Inggris (SMP, SMA/K) | CP Pembelajaran Bahasa Inggris | Bahasa Inggris tetap menjadi mata pelajaran penting dalam Kurikulum Merdeka untuk SMP dan SMA, karena kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam dunia kerja modern dan untuk mengakses sumber daya global. Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan keterampilan komunikasi global dan penguasaan Bahasa Inggris untuk mendukung keberhasilan siswa di era globalisasi. Capaian Bahasa Inggris dibedakan menjadi beberapa fase yang menunjukan kompetensi umum dan per elemen. |
Modul Ajar Capaian Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 7. Modul ini berisi tentang capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PPT Presentasi Pertemuan 7 | Berikut adalah presentasi untuk pertemuan 7 melalui moda ZOOM. Silahkan unduh dan pelajari sebelum pertemuan berlangsung. |
|
Link Zoom Meeting | Topik: Pertemuan 7 - CP Pembelajaran Bahasa Inggris (SMP, SMA/K) Bergabung Zoom Rapat ID Rapat: 820 7520 9285 |
|
PERTEMUAN 9 - Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) | Capaian Pembelajaran di SMP dan SMA/K | Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Berikut ini adalah infografis tentang capaian pembelajaran di SMP dan SMA/K Silahkan baca dengan teliti dan pahami kata kunci dari CP yang disajikan! |
PERTEMUAN 10 - Profil Pelajar Pancasila | Profil Pelajar Pancasila | Profil Pelajar Pancasila adalah Standar Kompetensi Lulusan yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk deskripsi, terdiri dari 6 kompetensi menjadi ciri-ciri profil pelajar Pancasila. Berikut adalah infografis terkait Dimensi Profil Pelajar Pancasila. |
Dimensi Profil Pelajar Pancasila | Profil Pelajar Pancasila adalah Standar Kompetensi Lulusan yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk deskripsi, terdiri dari 6 kompetensi menjadi ciri-ciri profil pelajar Pancasila. Berikut adalah infografis terkait Dimensi Profil Pelajar Pancasila. |
|
PERTEMUAN 11 - Asesmen dalam Kurikulum Merdeka | Paradigma Asesmen Kurikulum Merdeka | Asesmen atau penilaian adalah suatu metode untuk mengevaluasi pembelajaran, menentukan apakah seorang peserta didik telah memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk suatu kursus atau kualifikasi. Asesmen dalam Kurikulum Merdeka adalah pendekatan penilaian yang dirancang untuk menilai kemajuan dan pencapaian siswa secara menyeluruh dan kontekstual. Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen dianggap sebagai bagian integral dari proses pembelajaran, yang dirancang untuk mendukung perkembangan holistik siswa. Paradigma ini menekankan bahwa asesmen tidak hanya berfungsi sebagai alat ukur keberhasilan siswa, tetapi juga sebagai alat yang digunakan secara berkelanjutan untuk mengarahkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa. |
PERTEMUAN 12 - Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka | Paradigma Asesmen Kurikulum Merdeka | Asesmen diagnostik dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa; mengubah instruksi untuk memenuhi kebutuhan khusus; mengembangkan tujuan pembelajaran yang realistis; dan memantau kemajuan siswa dari waktu ke waktu. |
Modul Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka | Halo semuanya. Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 12. Modul ini berisi tentang Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
Zoom Meeting - Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka | Topik: Pertemuan 12 - Pengembangan Kurikulum Bergabung Zoom Rapat ID Rapat: 822 0854 7406 |
|
PERTEMUAN 13 - Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka | Asesmen Formatif dan Sumatif Pada Kurikulum Merdeka | Asesmen formatif dirancang untuk memberikan umpan balik yang berkesinambungan dan konstruktif kepada siswa, sehingga siswadapat memperbaiki kelemahan dan memperkuat aspek yang sudah dikuasai. Asesmen formatif dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Sedangkan Asesmen Sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap standar atau tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Asesmen sumatif sering digunakan untuk memberikan nilai akhir dan menentukan apakah siswa telah memenuhi kriteria kelulusan atau tidak. |
Modul Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 13. Modul ini berisi tentang Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 14 - Komponen Modul Ajar | Modul Ajar | Modul ajar merupakan istilah lain dari rencana pelaksanaan pembelajaran atau lebih dikenal dengan sebutan RPP. Pada kurikulum merdeka belajar modul ajar menjadi hal yang paling penting yang harus dimiliki dan dilengkapi oleh para guru sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. |
Modul Pertemuan 14 - Modul Ajar | Halo semuanya Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 14. Modul ini berisi tentang Komponen Modul Ajar. Di akhir modul ini juga terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini. |
|
PERTEMUAN 15 - Merancang Modul Ajar | Zoom Meeting - Merancang Modul Ajar | Topik: Pertemuan 15 - Pengembangan Kurikulum Bergabung Zoom Rapat ID Rapat: 814 6723 6469 |