Weekly outline

  • Deskripsi Mata Kuliah

    Selamat Datang di Mata Kuliah Statistika Dasar (STK-102), 3 SKS

    Mata kuliah Statistika Dasar merupakan mata kuliah wajib bagi banyak bidang ilmu karena merupakan mata kuliah yang mengajarkan tentang dasar metode statistika untuk analisa data yang didapat dari penelitian. Analisa data sangat penting dilakukan agar pengambilan keputusan yang dilakukan tepat dan sesuai. Mata kuliah ini menekankan pada teori, praktek, dan analisa data, bukan pada konsep matematika dibelakang metodenya sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan smile

    Pengajar dan pengembang e-learning mata kuliah Statistika Dasar ini adalah dosen Universitas Syiah Kuala yang berlatar belakang keilmuan bidang statistika. Dosen pengampu yang bertanggung jawab adalah:

    Ridha Ferdhiana, S.Si., M.Sc
    ridha.ferdhiana@gmail.com

    Deskripsi

    Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

    Kompetensi yang diharapkan

    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

    1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
    2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
    3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.

    Peta Pembelajaran

    Peta pembelajaran mata kuliah ini digambarkan dalam bentuk diagram berjenjang di bawah ini.

    Seluruh topik akan dibahas dalam 16 pertemuan. Pembabakan untuk setiap topik diperlihatkan dibawah ini. GBPP mata kuliah secar rinci dapat diunduh disini.

    1. Pengenalan Statistik
    2. Pengumpulan dan Penyajian Data (Statistika Deskriptif)
    3. Pengukuran Data
    4. Pengantar Peluang
    5. Peubah Acak dan Distribusi Peluang (Peubah Diskrit)
    6. Peubah Acak dan Distribusi Peluang (Peubah Kontinu)
    7. Sampling dan Distribusi Sampling
    8. Ujian Tengah Semester
    9. Estimasi Selang Kepercayaan dengan Menggunakan Sampel Tunggal
    10. Estimasi Selang Kepercayaan dengan Menggunakan Dua Sampel
    11. Uji Hipotesis dengan Sampel Tunggal
    12. Uji Hipotesis untuk Dua Sampel
    13. Analisis Korelasi dan Regresi Linier Sederhana
    14. Analisis Korelasi dan Regresi Linier Sederhana
    15. Analisis Varians
    16. Ujian Akhir Semester

    Sistem Penilaian

    Sistem penilaian dilakukan berdasarkan beberapa komponen dengan besaran prosentase setiap komponen sebagai berikut:

    Tugas40%
    Quiz Online15%
    Ujian Tengah Semester (UTS)20%
    Ujian Akhir Semester (UAS)20%
    Partisipasi5%

    Referensi

    1. Introductory Statistics 9th ed., by Neil A. Weiss, Addison Wesley, 2012
    2. Introductory Statistics 3rd ed., by Sheldon M. Ross, Elsevier, 2010.
  • Minggu 1 - Bab 1. Pengenalan Statistika

    Pada pertemuan ini, topik yang akan dibicarakan meliputi pengertian ilmu statistika, cabang ilmu statistika, tipe dan jenis data. Ada dua tugas yang akan diberikan pada topik ini, yaitu tugas kelompok terkait pengumpulan data kelas dan tugas individu terkait proses pencarian data. Rincian dari setiap tugas dapat dilihat pada tautan tugas dibawah ini.

  • Minggu 2 - Bab 2. Pengumpulan dan Penyajian Data (Statistika Deskriptif)

    Topik pada bab ini akan dijelaskan mengenai , cara pengambilan data dengan metode sampling sederhana, penyajian data dalam tabel, dan penyajian data dalam histogram dan chart. Tugas pada minggu ini merupakan tugas individu yang tautannya ada dibawah. Video yang diberikan didapatkan dari youtube dan merupakan video yang menjelaskan cara membuat histogram menggunakan ms-excel.

  • Minggu 3 - Bab 3. Pengukuran Data

    Bab 3 berisi bab mengenai pengukuran data, akan dijelaskan mengenai pengukuran pemusatan (mean, median, dan modus), cara mendapatkan ukuran pemusatan, penggunaan mean dan median, serta cara mendapatkan besar keragaman data. Pada minggu ini akan terdapat akan diberikan tugas individu, dan bahan bacaan.

  • Minggu 4 - Bab 4. Pengantar Peluang

    Minggu keempat ini akan dibahas bab baru, yaitu peluang. Pembahasan yang dicakup adalah teknik menghitung (permutasi dan kombinasi), pengertian peluang, peluang bersyarat, dan Teorema Bayes. Bab peluang merupakan bab yang sedikit rumit dimengerti, untuk itu telah disediakan bahan bacaan, contoh soal dan penyelesaiannya, serta halaman web yang berisi soal dan penyelesaian soal peluang.

    courtesy of Stephen Caver (http://stephencaver.com/)

  • Minggu 5. - Bab 5. Peubah acak dan distribusi peluang (Peubah Diskrit)

    Minggu ini akan membicarakan mengenai peubah acak diskrit, yang isinya meliputi pengertian peubah acak diskrit, distribusi peluang diskrit, dan contoh dari peubah acak diskrit yaitu Distribusi Bernoulli dan Binomial. Pada minggu ini juga disediakan video yang menjelaskan bagaimana mendapatkan nilai harapan dan varians dari peubah acak diskrit.

    courtesy of youtube and tapthetech

  • Minggu 6 - Peubah Acak Kontinu

    Setelah peubah acak diskrit, maka pada minggu ini akan diterangkan mengenai peubah acak kontinu. Yang akan dijelaskan adalah pengertian peubah acak kontinu, cara mendapatkan mean dan varians dari peubah acak kontinu, serta distribusi Normal.

  • Minggu 7 - Sampling

    Pada bab sampling ini akan dibicarakan mengenai pengertian sampling, distribusi sampling serta contoh sampling untuk proporsi dan mean. Bab ini merupakan bab pengertian, sehingga hanya diberikan bacaan, baik bacaan utama maupun tambahan bacaan.

    courtesy of igem.org

  • Minggu 8 -UTS

    Pada minggu akan diadakan UTS. Bahan UTS akan meliputi semua bahan yang diberikan mulai minggu 1 sampai minggu 8. Soal UTS akan berbentuk essai.

  • Minggu 9 - Selang Kepercayaan untuk Satu Populasi

    Pada minggu ini akan dibicarakan mengenai selang kepercayaan, yang meliputi pengertian selang keperayaan, tingkat kepercayaan, cara membangun selang untuk kasus standar deviasi diketahui, dan membangun selang untuk kasus standar deviasi tidak diketahui. Video dibawah merupakan video yang didapat dari youtube yang menerangkan tentang cara mendapatkan selang kepercayaan.

  • Minggu 10 - Selang Kepercayaan untuk Dua Populasi

    Minggu ini akan membahas kelanjutan dari selang kepercayaan. Bab ini akan membicarakan selang kepercayaan untuk dua populasi yang pada dasarnya adalah selang untuk beda antara dua mean sampel. Isi dari bab ini adalah distribusi dari beda antara dua mean serta cara membangun selang untuk beda antara dua mean.
    Pada minggu ini terdapat sebuah aplikasi yaitu kalkulator untuk menghitung selang kepercayaan.

    courtesy of hcup

  • Minggu 11 - Pengujian Hipotesis untuk Satu Populasi

    Pada minggu ini akan diberikan mengenai Statistika Inferensia

    pengujian hipotesis untuk satu populasi. Mohon dibaca dan dimengerti bahan yang berisi pengertian hipotesis, kesalahan tipe 1 dan tipe 2, dan pengujian hipotesis satu arah dan dua arah.

  • Minggu 12 - Pengujian Hipotesis untuk Dua Populasi

    Hal yang dibahas pada minggu ini merupakan perluasan dari bab minggu lalu. Pengujian hipotesis untuk dua populasi pada prinsipnya sama dengan pengujian pada satu populasi, namun yang perlu diperhatikan perhitungan standar deviasinya berbeda dengan satu populasi. bab ini akan membahas bentuk hipotesis untuk dua populasi dan pooled standard error, serta contoh pengujian hipotesanya.

  • Minggu 13 - Regresi Linear Sederhana

    pada minggu ini akan dibahas mengenai regresi linear. Regresi linearadalah metode pemodelan untuk memperkirakan peubah terikat Yes jika diberikan peubah bebas Yes. Regresi linear adalah dasar dari hampir semua pemodelan statistika.

    Yang akan dibahas dalam bab ini adalah pengertian regresi, cara mendapatkan estimasi koefisien regresi, dan pPegujian syarat (kondisi regresi)

  • Minggu 14 - Regresi Linear

    Minggu ini kita masih membahas masalah regresi linear. Bahan bacaan sama dengan minggu 13, namun mohon lihat video (courtesy of youtube.com) yang diberikan.

  • Minggu 15 - ANOVA

    Analisis of Variance (ANOVA) adalah metode statistika untuk menguji apakah beberapa mean sampel berbeda secara signifikan atau tidak. Maksud dari beberapa disini adalah lebih dari dua (2) sampel.

    Bab ini akan membahas pengujian hipotesis untuk beberapa populasi sekaligus. Isi dari bab ini adalah pengertian anova, hipotesis yang sesuai untuk anova, cara mendapatkan statistik anova, dan pengujian asumsi anova.

    Pada minggu ini juga tersedia video yang didapatkan dari youtube mengenai cara mendapatkan statistik anova menggunakanms-excel.

  • Minggu 16 - UAS

    Ujian Akhir Semester adalah ujian terakhir pada semester ini. bahan yang akan diujikan adalah semua bahan yang diberikan setelah UTS, yaitu meliputi selang kepercayaan, pengujian hipotesis, analisis regresi, dan anova. Soal akan diberikan berupa essai.