Weekly outline

  • Pendidikan Kewarganegaraan (2 sks), (Jenjang S1/D4)

    PENGANTAR

    Selamat datang di mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan / PKn.Mata kuliah ini memerlukanwaktu belajar selama 16 minggu atau kurang lebih 90 jam belajar.

    Dosen yang mengampu mata kuliah ini adalah:

    Winarno Narmoatmojo

    (winarno_uns@yahoo.co.id)

    Abdul Rahman Hamid

    (rahman.utiah@gmail.com)

    Rangga Firdaus

    (rangga.firdaus@gmail.com)

    Cara belajar:

    Yang perlu Anda lakukan dalam mengikuti pelajaran matakuliah ini adalah:

    1. Baca .Deskripsidan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    2. Ikuti Jadwal Belajar secara sistematis dan disiplin

    3. Baca dan pahami pedoman penilaian Matakuliah

    4. Baca dan pahami tugas dan pedoman penilaian tugas

    5. Setiap memulai suatu topik, yang Anda lakukan secara sistematis adalah :

    a. Pahami capaian.pembelajaran setiap topik

    b. Baca dan pahami setiap bahan bacaan yang disediakan

    c. Amati tayangan Video dan bahan tayang yang ada

    d. Kerjakan tugas dan tes yang tersedia

    Selamat belajar !

  • .Deskripsi Mata Kuliah

    Para mahasiswa sekalian,

    Selamat datang di mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

    Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan merupakan kelompok Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) yang pembahasannya secara utuh terintegratif mencakup empat konsensus kebangsaan : Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. dan dikemas kedalam 9 subtansi kajian yakni Hakikat PKn, Identitas Nasional, Integrasi Nasional, Konstitusi Indonesia, Kewajiban dan Hak warga negara, Demokrasi Indonesia, Penegakan Hukum, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.

    Mata kuliah ini dapat diambil jika mahasiswa sudah menempuh Mata Kuliah Pendidikan Pancasila.

  • I. Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan

    sumber gambar:

    Selamat datang, para mahasiswa sekalian. Sekarang kita memulai materi pertama dari Pendidikan Kewarganegaraan, yaituHakikat Pendidikan Kewarganegaraan.
    Belajar tentang Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada dasarnya adalah belajar tentang keindonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan, dan mencintai tanah air Indonesia. Oleh karena itu, seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang terdidik perlu memahami tentang Indonesia, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang demokratis.
  • Topik II. Identitas Nasional

    Para Mahasiswa,

    selamat datang di kelas PKn Topik "Identitas Nasional" . Lebih lengkapnya topik ini, kita beri judul "Esensi dan Urgensi Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa
    dan Karakter ".

  • Topik III. Integrasi Nasional

    Selamat pagi, para mahasiswa.

    Sekarang Anda akan membahas Bab selanjutnya yaitu Integrasi Nasional. Namun, diharapkan kepada Anda, untuk tidak melanjutkan membahas bab ini apabila pemahaman Anda tentang Bab Identitas Nasional belum memadai. Materi dalam bab ini akan dapat di pahami, apabila Anda telah memahami dengan baik tentang pentingnya Identitas nasional seperti yang di bahas pada bab sebelumnya.

  • Topik IV. Kewajiban dan Hak Warga Negara

    Selamat Pagi, mahasiswa sekalian,

    Saat ini, kita sudah sampai pada Bab IV yang akan membahas Kewajiban dan Hak Warga Negara.Dalam pembelajaran Bab IV ini, Anda akan diajak mempelajari perihal keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara. Materi ini penting di berikan karena materi ini menyangkuat keberlangsungan negara dan warganya. Negara tidak akan ada apabila tidak ada warga negara, di sisi lain warga negara pastilah memerlukan wadah bersama yang mengatur keberaaannya yang di sebut negara.

  • Topik V. Penegakan Hukum

    Para mahasiswa,

    Selamat datang kembali pada pada Matakuliah Kewarganegaraan.

    Bab ini adalah bab ke 5 dari sembilan bab yang ada pada Kuliah Terbuka matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Artinya Anda telah mengikuti setengah materi yang ada di kuliah daring ini.

    Ditangan kalianlah negara Ini di titipkan.

    Tetap semangat untuk Indonesia yang lebih baik.

  • Topik VI. Demokrasi Indonesia

    Selamat pagi, para pejuang Demokrasi

    Bab ini adalah bab yang tidak asing di telinga kita. Kata demokrasi sangat sering di perbincangkan di berbagai media, dan berbagai tempat, terutama di kalangan mahasiswa dan kampus.

    Yang harus kita sadari adalah, latar belakang historis, kultur dan sosial kita berbeda dengan yang lain. hal ini lah yang membuat kita harus menyadari bahwa demokrasi juga berbeda di setiap negara.

    Agar memberi pemahaman yang utuh tentang demokrasi kita Indonesia, maka bab ini menjadi bagian yang tidak dapat di tinggalkan dalam pembahasan matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

  • Topik VII. Konstitusi

    Selamat pagi para penerus bangsa,

    Sebagai warga negara yang baik, tentu kita wajib mengetahuai hal-hal yang berkenaan dengan konstitusi kita. Namun, yang diharapkan kepada anda, bukan menghapal isi UUD 1945. Yang terpenting adalah anda memiliki pemahanan yang benar tentang konstitusi kita ini.

    Satu hal lagi, Konstitusi haruslah menjadi cerminan dari apa yang dilakukan oleh Warganya.

  • Topik VIII. Wawasan Nusantara

    Selamat datang mahasiswa sekalian,

    Selamat datang di kelas PKn Topik "Wawasan Nusantara" . Lebih lengkapnya topik ini, kita beri judul " Dinamika Historis, Dan Urgensi Wawasan Nusantara Sebagai Konsepsi Dan Pandangan Kolektif Kebangsaan Indonesia Dalam Konteks Pergaulan Dunia ".

  • Topik IX. Ketahanan Nasional

    Para mahasiswa Perisai Bangsa

    Akhirnya anda sampai pada Bab terakhir Materi Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Bab ini berisi tentang "Ketahanan Nasional" . Lebih lengkapnya topik ini, kita beri judul "Bagaimana Urgensi Dan Tantangan Ketahanan Nasional Dan Bela Negara Bagi Indonesia Dalam Membangun Komitmen Kolektif Kebangsaan