Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
Belajar Sosiologi Semakin Menyenangkan
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta
Semester Gasal 2019/2020
Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi dengan model Flipped Learning, e-learning yang dilakukan secara full asinkron. Perkuliahan ini akan mengeksplorasi penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Video conference digunakan sebagai sarana tatap muka secara langsung. Perkuliahan ini dilaksanakan selama 16 pertemuan. Semangat, kemandirian dan motivasi untuk terus belajar diperlukan untuk menyelesaikan mata kuliah ini.
Nah bagi kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Indormasi dapat mencermati informasi berikut ini!
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran guna mendukung tujuan pembelajaran. Perkuliahan didominasi oleh kerja mandiri untuk membuat media pembelajaran yang variatif, inovatif dan mampu diterapkan dalam pembelajaran sosiologi guna menciptakan suasana yang menyenangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi media sederhana berbasis pada benda/barang tangible (ecomedia) dan media kekinian berbasis informasi dan teknologi
Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome)
Mahasiswa mampu membuat, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran ecomedia dan media pembelajaran teknologi informasi untuk mendukung tujuan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman materi sosiologi
Sub Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat:
- Mampu memahami guna, fungsi dan pentingnya media dalam proses pembelajaran
- Mampu menguasai pengembangan media, teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
- Mampu mengembangkan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara kreatif, variatif dan inovatif sesuai kebutuhan sekolah
- Mampu merancang media pembelajaran (sederhana, slide dan berbasis IT)
- Mampu memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran
- Memiliki rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam proses belajar dan produksi media
Skema Pembelajaran
Peta Kompetensi
Cara Belajar
Perkuliahan ini menggunakan model flipped learning dimana perkuliahan dilakukan sepenuhnya dengan pembelajaran dalam jaringan, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Bebeapa kali pertemuan juga akan dilaksanakan video conference. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas.
Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi kondisi sekolah, karakteristik peserta didik dan pengalaman belajar anda untuk memahami media pembelajaran dan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran.
Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini.
Komponen Penilaian
Referensi
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2013). Handbook Teaching and Learning Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J., & Smaldino, S. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th edition ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Hendrastomo, Grendi & Januarti, Nur Endah. (2018). Ecomedia Pembelajaran, Ragam Media Sederhana untuk Pembelajaran Sosiologi. Yogyakarta: UNY Press
Naidu, S. (2003). Learning and Teaching with Technology Pronciples and Practices. London: Kogan Page Limited.
Sadiman, A., Rahardjo, Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sahlberg, P. (2014). Finnish Lessons, Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Bandung: Kaifa.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
SELAMAT BELAJAR
SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS