Weekly outline

  • General

     

    Berkolaborasi Memacu Masyarakat Berdaya

    Program Studi Pendidikan Sosiologi

    Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta

    Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat dengan secara full online (daring penuh) selama 16 kali pertemuan, dimana pembelajaran akan mengkolaborasikan model synchronous dan asynchronous. Model synchronous akan dilakukan melalui video conference dan model asynchronous dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi pembelajaran daring. Kemandirian, Semangat untuk belajar dan Kritis dalam mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan dan potensi masyarakat sangat diperlukan dalam mengikuti kuliah ini.

    Nah kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah ini dapat mencermati informasi berikut ini:

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu menguasai konsep dasar kajian pemberdayaan masyarakat, menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah pengaruh globalisasi, dan melakukan evaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.

    Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome)

    Mahasiswa mampu merancangan program pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada permasalahan dan kebutuhan masyarakat dengan mendayagunakan serta mengoptimalkan potensi yang ada guna mendorong masyarakat berdaya.

    Sub Capaian Pembelajaran

    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat:

    1. mengetahui permasalahan pembangunan dan kebijakan pembangunan
    2. mengetahui potensi pemberdayaan masyarakat desa
    3. memahami konsep pemberdayaan
    4. mengembangkan rancangan bentuk pemberdayaan masyarakat
    5. mensintesis hasil rancangan pemberdayaan masyarakat
    6. menunjukkan keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab (karakter)

    Skema Pembelajaran

    Peta Kompetensi

    Cara Belajar

    Perkuliahan ini akan dilakukan seluruhnya melalui online/daring, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas.

    Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Materi pembelajaran juga disajikan beragam untuk menumbuhkan tantangan dan semangat anda mengikuti pembelajaran daring ini. Aktivitas didesain untuk lebih banyak melibatkan anda di dalam pembelajaran. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi bahan ajar dan pengalaman anda untuk memahami pemberdayaan masyarakat.

    Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini. Kami juga menyediakan tutorial menggunakan BeSmart yang didalamnya ada petunjuk untuk melakukan berbagai aktivitas di BeSmart. Silahkan mengunduh melalui link ini atau dapat mengunduh di file lampiran dibagian bawah halaman ini.

    Petunjuk Belajar

    Proses pembelajaran daring membutuhkan kemandirian belajar. Di LMS Besmart ini disediakan fitur untuk mengingatkan dan menunjukkan apakah anda (mahasiswa) telah membaca, mendengarkan/melihat materi, dan/atau mengerjakan aktivitas belajar. Anda perhatikan disetiap kegiatan/aktivitas di sebelah kanan ada kotak yang bergaris lurus/putus-putus, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

    Kotak bergaris putus-putus menandakan bahwa aktivitas belajar di rekam oleh sistem, ketika anda sudah melaksanakan kegiatan ini, secara otomatis akan muncul tanda centang di kotak tersebut.

    Kotak bergaris lurus menandakan bahwa aktivitas belajar dilakukan secara mandiri, artinya setelah anda selesai membaca atau mengerjakan silahkan klik kotak hingga muncul tanda centang. Hal ini perlu dilakukan untuk memantau progress belajar anda.

    Beberapa aktivitas membutuhkan anda menyelesaikan aktivitas belajar sebelumnya sebelum anda bisa mengerjakan aktivitas selanjutnya. Sehingga pastikan anda membaca dan mengerjakan aktivitas secara berurutan.

    Pada aktivitas belajar juga dilakukan pembatas waktu pengerjaan, akan terlihat ditampilan kapan waktu terakhir anda dapat melaksanakan kegiatan/tugas/diskusi, sehingga mohon dapat menjadi perhatian sekaligus melatih kedisiplinan dan tanggung jawab terkait manajemen waktu belajar.

    Layanan Pendukung

    Untuk mempermudah anda mengakses berbagai fitur pada menu pembelajaran daring ini, kami menyediakan layanan pendukung yang dapat dan nyaman dibuka dengan menggunakan gawai (handphone) anda. Anda dapat mengaksesnya melalui link ini

    SELAMAT BELAJAR

    SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS

    MEMACU MASYARAKAT BERDAYA

  • Orientasi Perkuliahan (Pertemuan 1)

    SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

    Apa kabar teman-teman, senang sekali bertemu dengan anda di mata kuliah ini. Selalu semangat dan jaga kesehatan. Pada pertemuan kali ini kita akan memulai dengan melakukan diskusi dan membangun kesepakatan selama mengikuti mata kuliah ini. Sebelumnya silahkan anda baca dan cermati RPS berikut ini. Cermati materi-materi yang anda akan dapatkan dan apabila ada hal yang belum anda pahami silahkan ditanyakan ketika kita melakukan video conference.

  • Belajar 1 - Permasalahan Pembangunan (Pertemuan 2)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 1

    Hi, apa kabar teman-teman, semangat untuk memulai belajar ya. Setelah pada pertemuan sebelumnya, kita telah mendiskusikan berbagai materi yang akan dipelajari, kini tiba saatnya kita memulai belajar tentang pemberdayaan masyarakat. Apakah anda sudah membuka-bukan dan membaca-baca artikel atau materi tentang pemberdayaan? pastinya sudah dan siap untuk berdiskusi.

    Nah kali ini kita akan belajar tentang berbagai permasalahan di masyarakat, kita akan fokuskan pada permasalahan masyarakat dalam perspektif pembangunan. Apa saja ya permasalahan yang ada di masyarakat? coba berimajinasi, dan bayangkan ketika anda mendengar masalah masyarakat, masalah pembangunan apa yang terlintas di benak anda?

    Kemiskinan - Kriminalitas - Ketimpangan Sosial - Pengangguran, mungkin sebagian di antara anda akan memikirkan masalah tersebut, tetapi apakah masalah pembangunan hanya itu saja? Coba anda perhatikan video berikut ini, jangan lupa catat hal-hal penting

    Selain permasalahan riil seperti tayangan tersebut, ada banyak permasalahan yang muncul dan menjadi kendala dalam proses pembangunan, salah satunya tentang kemiskinan dan ketimpangan sosial, nah untuk mengetahui lebih lanjut silahkan dapat mengikuti penjelasan berikut ini

    • Diskusi Permasalahan Pembangunan Forum
      Restricted Available until 20 February 2021, 11:00 PM
  • Belajar 2 - Permasalahan Sosial (Pertemuan 3)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 2

    Apa kabar teman-teman, semoga tetap dalam keadaan sehat dan bahagia. Pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang masalah-masalah yang muncul akibat pembangunan. Tentu saja berbagai masalah tersebut terjadi dalam skala yang makro. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mencoba membahas permasalahan sosial dalam skala mikro yang ada di sekitar kita.

    Coba anda identifikasi permasalahan sosial di sekitar anda. Ada apa saja permasalahan itu, tentu saja ada diantara anda yang mendapatkan sedikit masalah dan ada yang mendapatkan banyak permasalahan sosial. Nah supaya lebih seru coba anda foto salah satu permasalahan yang ada kemudian hasil foto anda di share via instagram, beri deskripsi permasalahan apa yang anda temukan. Jangan lupa tag @pso6213 dan beri tagar #pemberdayaanUNY_permasalahansosial2021. Teman-teman dapat memberikan like dan comment di post Instagram teman anda.

    Postingan diatas merupakan contoh hasil identifikasi masalah sosial di masyarakat.

    Informasi lebih lanjut tentang aktivitas belajar pada pertemuan ini dapat anda lihat melalui file berikut ini

  • Belajar 3 - Kebijakan Pembangunan/Pemerintah (Pertemuan 4)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 3

    Halo Pemberdaya Masyarakat, apa kabar, semoga selalu baik dan tetap semangat. Bagaimana perkembangan kuliah anda sampai saat ini, apakah ada kendala? semoga semua berjalan lancar, bagi yang masih memiliki kendala silahkan dapat berdiskusi dengan kami secara personal.

    Kita mulai pembelajarannya ya... Pada pertemuan sebelumnya masih ingat? kita mendiskusikan tentang berbagai permasalahan masyarakat baik di tingkat makro dan mikro.

    ada kemiskikinan, pengangguran, kriminalitas, sampah, keterbatasan akses, dsb. Nah pada situasi pandemi saat ini, permasalahan-permasalahan sosial justru semakin banyak, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemerintah mencoba mengatasi permasalahan pandemi melalui berbagai kebijakan. Teman-teman, pada pertemuan ini kita mencoba membedah permasalahan-permasalahan tersebut dari perspektif kebijakan pembangunan. Apa yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, apakah sudah tepat sasaran kebijakan-kebijakan yang dimunculkan? Yuk kita mulai dengan mencermati tayangan berikut ini.

    Dari tayangan tersebut bagaimana anda memandang kebijakan yang telah di ambil untuk mengatasi permasalahan masyarakat, terutama ketika pandemi berlangsung? apakah sudah tepat, ataukah masih banyak pekerjaan rumah untuk mengentaskan dan mencari solusi atas permasalahan sosial masyarakat? Yuk kita berdiskusi, silahkan masuk ke forum diskusi berikut ini.

    • Diskusi Kebijakan Pembangunan Forum
      Restricted Available until 6 March 2021, 11:55 PM
  • Belajar 4 - UU Desa (Pertemuan 5)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 4

    Halo bagaimana kabar kalian, semoga baik, sehat dan tetap semangat untuk belajar. Setelah pertemuan sebelumnya kita mendiskusikan tentang kebijakan pembangunan, kini kita akan berbincang tentang peraturan yang mengubah desa sehingga memiliki otonomi sendiri untuk berdaya. Kita membahas tentang UU Desa, apa itu UU Desa dan apa implikasinya bagi desa sehingga diperlukan terutama ketika nanti kita berbicara dan diskusi di materi pemberdayaan.

    Sebelumnya silahkan anda cermati UU Desa yang dapat anda unduh atau baca melalui link dibawah ini

  • Belajar 5 - Observasi - Identifikasi Masalah dan Potensi (Pertemuan 6-7)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 5

    Hi, apa kabar teman-teman, semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Bagaimana diskusi pada perkuliahan pemberdayaan hingga pertemuan ini? apa saja yang kalian dapatkan? Semoga teman-teman semakin mulai mengenal dan mendalami situasi dan lingkungan di sekitar kalian ya. 

    Nah teman-teman, pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat mulai dari permasalahan, kebijakan hingga UU Desa. Selanjutnya, sudah saatnya kita mulai bergeser untuk menemukan potensi desa/lingkungan yang dapat dijadikan modal untuk mengembangkan dan merencanakan pemberdayaan masyarakat.

    Teman-teman, apa yang kalian lihat dari gambar di bawah ini? Ya, ada sawah, kegiatan karang taruna, dan kampung warna-warni. Apakah di sekitar kalian ada situasi seperti ini? Pasti ada yang pernah menemukan dan mungkin ada juga dari kalian yang belum pernah melihat situasi seperti ini. 

    Potensi Desa

    Nah, mari sedikit kita bahas pada contoh gambar paling kanan tentang kampung warna-warni. Menarik ya teman-teman ketika melihat rumah-rumah tersebut berwarna-warni. Namun apakah kalian tahu mengapa kampung ini disulap menjadi warna-warni begitu? Sebagai contoh kampung warna-warni di Jogja, Malang, dan Semarang awalnya disulap karena kawasan tersebut kumuh dan kurang menarik. Lalu ada inisiatif dari masyarakat dan pemerintah untuk mewarnai rumah-rumah mereka. Ternyata setelah dibuat seperti itu kawasan tersebut hari ini menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Bahkan menarik untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Kalian bisa cek di google berbagai kampung warna-warni di Indonesia dan silakan berselancar untuk dapat mengetahui dan melihat berbagai hal menarik di kampung warna-warni tersebut. 

    Dari hal tersebut apa kaitannya dengan materi kita hari ini teman-teman?

    Jadi, seperti yang tadi kami sampaikan bahwa awalnya kampung warna-warni itu berangkat dari kondisi kampung yang cukup kumuh, pinggiran sungai, dan sebagainya. Tentu saat itu ini permasalahan tersendiri di kawasan tersebut. Lalu menariknya ternyata masyarakat mengubah permasalahan itu menjadi sebuah potensi yang dapat dikelola. Akhirnya justru kondisi rumah-rumah di kawasan bantaran sungai dan tengah kota yang awalnya tidak cukup sedap dipandang tersebut menjadi potensi wisata yang sangat menarik. 

    Fenomena tersebut membuat kita menyadari bahwa sebuah permasalahan sosial di masyarakat ternyata jika dikelola justru dapat menjadi potensi yang menguntungkan dan mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Namun memang dalam hal ini memerlukan kemampuan dari masyarakat untuk menyadari hal tersebut. 

    Oleh sebab itu pada pertemuan hari ini kita akan belajar bersama untuk menemukan potensi yang ada di sekitar lingkungan kita. Potensi itu dapat berangkat dari permasalahan yang kita temukan namun sebenarnya menurut imajinasi teman-teman hal tersebut mungkin berpotensi untuk dikelola bagi masyarakat. Potensi tersebut juga dapat berasal dari sesuatu yang belum pernah dipikirkan oleh masyarakat sekitar kita selama ini. Bisa jadi mereka belum menyadari bahwa hal tersebut menarik atau berpeluang untuk dikembangkan. 

    Dalam hal inilah teman-teman semua yang telah banyak belajar tentang kajian masyarakat saatnya untuk secara kritis menemukan potensi yang ada di masyarakat sekitar kalian. Potensi dapat bermacam-macam baik fisik, sosial, alam, dan sebagainya. Jadi, tujuan akhir dari pertemuan hari ini kalian dapat menemukan potensi yang ada di lingkungan kalian dan nantinya akan kalian dokumentasikan dalam sebuah tulisan.

    • Hasil Observasi Potensi Desa/Kampung Assignment
      Restricted Available until 23 March 2021, 2:00 PM
  • Belajar 6 - Pemberdayaan Masyarakat (Pertemuan 8)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 6

    pemberdayaan

    Apa kabar teman-teman semua, semoga selalu sehat dan tetap semangat.

    Pada pertemuan sebelumnya kita telah mendengarkan dan mencermati hasil dari observasi kalian di lingkungan sekitar ada masing-masing. Ternyata ada banyak potensi yang ada dan belum tergali yang memungkinkan untuk dikembangkan/ di daya gunakan bagi kebermanfaatan masyarakat.

    Potensi-potensi tersebut sering kali tidak disadari oleh masyarakat, justru karena mereka hidup ditengah-tengah potensi tersebut sehingga tidak merasa bahwa itu merupakan sebuah potensi, bahkan terkadang justru menganggap kondisi tersebut sebagai sebuah permasalahan.

    coba lihat gambar diatas, ini merupakan salah satu hasil observasi teman kalian dimana kulit kerang hijau yang dianggap sebagai sampah, sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan, apalagi melihat sumber daya manusia yang ada yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi yang ada. Begitu juga dengan rumput laut hitam yang dapat dikembangkan sebagai bahan kosmetik, serta kayu bekas yang dapat diolah menjadi kaki sofa/meja yang pada akhirnya memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

    Permasalahan dan potensi yang ada apabila dikembangkan akan menjadi daya dorong bagi pengembangan masyarakat dan menjadi modal untuk mendayagunakan dan memberdayakan masyarakat

    Dari apa yang telah teman-teman pelajari sebelumnya, tiba saatnya teman-teman memahami apa itu pemberdayaan masyarakat. Coba anda renungkan dari apa yang telah anda lakukan pemberdayaan itu apa? sudah direnungkan dan dicatat, mari kita cermati penjelasan tentang konsep pemberdayaan masyarakat berikut ini

  • Belajar 7 - Partisipasi Masyarakat (Pertemuan 9)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 7

    Salam pemberdaya, apa kabar teman-teman, semoga selalu baik, sehat dan selalu semangat.

    Kegiatan belajar sebelumnya telah dikemukakan konsep pemberdayaan masyarakat. Nah secara ideal pemberdayaan masyarakat membutuhkan partisipasi dan keterlibatan warga sejak awal. Coba anda lihat gambar berikut ini

    partisipasi

    Apa yang anda lihat dari gambar tersebut?

    Tepat sekali, di gambar tersebut terlihat masyarakat antusias untuk terlibat dalam kegiatan yang dilakukan. Dalam pemberdayaan peran aktif masyarakat untuk tumbuh dan berkembang menjadi inti dari proses pemberdayaan. Berdaya tidak selalu diukur secara kuantitas (misal kesejahteraan), tetapi bagaimana memberikan peran utama kepada masyarakat. Disinilah partisipasi masyarakat menjadi hal yang utama.

    Partisipasi menjadi satu kata kunci dalam keberhasilan pemberdayaan masyarakat. Seberapa penting partisipasi masyarakat? yuk simak penjelasan berikut ini

    • Restricted Not available unless: The activity Diskusi Partisipasi Masyarakat is marked complete
    • Partisipasi dalam Pemberdayaan File
      Restricted Not available unless: The activity Diskusi Partisipasi Masyarakat is marked complete
    • Restricted Not available unless: The activity Diskusi Partisipasi Masyarakat is marked complete
  • Belajar 8 - Model dan Strategi Pemberdayaan (Pertemuan 10)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 10

    Hallo apa kabar teman-teman, semoga selalu sehat dan tetap semangat.

    Pada pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan tentang konsep pemberdayaan dan bagaimana peran partisipasi masyarakat yang vital dalam proses pemberdayaan masyarakat. Nah ketika anda telah mengerti tentang pemberdayaan, tiba saatnya kita mulai untuk mencoba meraba apa yang dapat kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat. Untuk melakukan itu butuh model, strategi dan tahapan dalam pemberdayaan.

    strategi

    Kegiatan belajar kita kali ini akan membahas tentang model pemberdayaan dan ragam strategi pemberdayaan. Sudah siap kalian? nah silahkan simak materi berikut ini

    • Diskusi Model Pemberdayaan Forum
      Restricted Available until 14 April 2021, 11:55 PM
    • MindMap Strategi Pemberdayaan Assignment
      Restricted Available until 20 April 2021, 12:00 PM
  • Belajar 9 - Kearifan Lokal & Kemandirian (Pertemuan 11)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 9

    Bagaimana kabar kalian? semoga sehat dan selalu semangat.

    Kegiatan belajar sebelumnya teman-teman telah mengulik dan mengidentifikasi potensi-potensi, partisipasi hingga model-model pemberdayaan masyarakat. Nah dari apa yang telah anda pelajari kita perlu untuk memikirkan strategi pemberdayaan yang beragam untuk dapat mengoptimalkan proses pemberdayaan. salah satunya kita dapat mengoptimalkan apa yang telah ada di masyarakat dalam hal ini terkait dengan pengetahuan dan kearifal lokal masyarakat yang dapat menjadi modal penting untuk mengembangkan masyarakat.

    kearifan

    Paradigma pembangunan telah bergeser dari top down, menjadi bottom up yang menempatkan masyarakat sebagai subject. Dalam melihat potensi dan strategi pengembangan masyarakat, perlu untuk melihat kondisi nyata yang ada di masyarakat, tidak hanya yang terlihat secara fisik, tetapi juga nilai-nilai yang melekat dan diyakini masyarakat. Pengembangan masyarakat berbasis kearifan lokal menjadi satu kunci untuk mendorong masyarakat mandiri dan berdaya. Nah teman-teman kegiatan belajar kali ini kita akan membahas peran kearifan lokal dan kemandirian dalam proses untuk mendorong masyarakat berdaya. Silahkan anda unduh dan baca materi berikut ini terlebih dahulu

  • Belajar 10 - Perencanaan Pemberdayaan (Pertemuan 13)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 10

    Apa kabar teman-teman, semoga sehat dan selalu semangat. Bagaimana proses pembelajaran hingga saat ini? jangan sungkan untuk bertanya ketika anda merasa ada kesulitan dalam memahami materi. Kegiatan belajar kali ini merupakan awal bagi teman-teman untuk mulai merancang skema pemberdayaan berdasarkan kondisi riil di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian.

    Plan

    Tetapi sebelum teman-teman merancangan dan merencanakan program pemberdayaan, silahkan teman-teman mencermati prinsip dan mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui tayangan berikut ini

    Dari tayangan tersebut, pada kegiatan belajar ini, silahkan kembali lagi memastikan kondisi lingkungan sosial anda dimana pada kegiatan belajar di awal anda melakukan identifikasi permasalahan dan potensi. Apa saja yang perlu untuk dikumpulkan datanya, Anda dapat menemukannya pada instrumen berikut ini

  • Belajar 11 - Skema Rancangan Pemberdayaan (Pertemuan 16)

    SELAMAT DATANG PADA KEGIATAN BELAJAR 11

    Halo teman-teman, bagaimana kabar kalian, semoga sehat dan tetap semangat. Bagaimana kegiatan analisis kalian, semoga lancar dan dari hasil yang anda peroleh dapat menjadi modal dalam merancang pemberdayaan masyarakat.

    flow

    Nah pada kegiatan belajar ini, kami minta teman-teman untuk mengembangkan data analisis yang telah anda susun menjadi skema rancangan pemberdayaan. Skema ini nantinya akan anda susun sebagai bentuk implementasi dan dukungan bagi pemberdayaan masyarakat di lingkungan anda.

    Ada banyak aspek dalam rancangan pemberdayaan yang akan anda susun. Hal ini merupakan cara kita untuk memberikan kontribusi bagi desa/wilayah anda yang dapat dipresentasikan ke perangkat desa atau tokoh masyarakat yang memiliki kebijakan untuk memberikan pencerahan analisis kondisi lingkungan/SDM beserta kemungkinan-kemungkinan pengembangan masyarakat yang dapat dilakukan. Nantinya hasil skema ini akan anda presentasikan di depan perangkat desa untuk mendapatkan masukan dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban atas analisis yang telah anda lakukan. Untuk template skema rancangan pemberdayaan Anda dapat mengunduh pada tautan berikut ini

  • Sintesa Hasil Pemberdayaan Masyarakat

    SELAMAT DATANG PADA KEGIATAN AKHIR SINTESA HASIL RANCANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

    Evaluasi

    Teman-teman apa kabar, semoga selalu sehat dan selalu semangat. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak belajar tentang pemberdayaan masyarakat. Ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan. Pastikan skema rancangan pemberdayaan anda telah siap sehingga dapat dipresentasikan di depan perangkat desa, kepala wilayah atau tokoh masyarakat.

    Apabila anda sudah menyakini draft rancangan pemberdayaan masyarakat sudah siap di presentasikan, silahkan teman-teman dapat berkomunikasi dengan perangkat desa, kepala wilayah atau tokoh masyarakat untuk memaparkan hasil rancangan pemberdayaan anda. Ingat bahwa ketika anda bertemu dengan perangkat desa, kepala wilayah, atau tokoh masyarakat, kemampuan komunikasi dan sikap anda sangat penting, jaga nama baik almamater anda. Sebelum bertemu dengan perangkat desa/tokoh masyarakat, persiapkan dokumen dengan baik, kemudian silahkan anda bawa juga form penilaian untuk dapat diberikan kepada perangkat desa/tokoh masyarakat. Anda dapat unduh form penilaian melalui tautan di bawah ini. Form penilaian juga dapat diisi secara online