Topic outline

  • General

    Aplikasi Komputer Untuk Humas - VOKM500117 - 551993 (Semester 3 / 2 SKS Praktik)

    Semester Gasal 2018/2019

    Dosen Pengampu

      suciati.pijar@ui.ac.id  

  • Periode 3/9/2018 – 9/9/2018

    Membuat presentasi dengan software Microsoft Power Point

    Mengapa belajar powerpoint?

    Praktisi Hubungan masayarakat seringkali harus melakukan presentasi di depan stakeholder-nya. Mungkin para praktisi ini tidak memiliki kesulitan dalam hal berbicara di depan publik. Namun, seringkali, faktor visual yang tidak menarik membuat audience enggan untuk memperhatikan isi presentasi dengan seksama. Materi di topik ini akan membantu kalian berlatih, bagaimana membuat presentasi dengan menggunakan software Microsoft Power Point yang baik dan menarik.

    Aktivitas/Tugas Mahasiswa

    Mahasiswa akan belajar dan berlatih engenal fungsi power point dan membuat presentasi powerpoint sederhana.

    1. Mempelajari tutorial video, pdf, dan PPT
    2. Latihan 1 (Membuat Presentasi Diri)

    Selamat mengerjakan! Smile

  • 12/9/2018 – 17/9/2018

    Membuat presentasi marketing dengan software Microsoft Power Point

    Powerpoint untuk Marketing 

    Dalam tugas Humas sehari-hari, sering kali bersinggungan dengan presentasi untuk memasarkan produk dan jasa (Marketing). Presentasi untuk marketing sedikit berbeda dengan teknik prsentasi pada umumnya. Bukan hanya teknik public speaking-nya, namun teknik pembuatan slide-nya juga harus lebih persuasif.

    Aktivitas/Tugas Mahasiswa

    Mahasiswa akan mempelajari bahan kuliah tentang presentasi marketing, berdiskusi dalam forum, serta mengerjakan mengumpukaan Tugas 1 Marketing Presentation (PPT Launching Produk)

  • 19/9/2018 – 25/9/2018

    Melakukan teknik editing menggunakan software Adobe Photoshop

    Photoshop Image Editing = Magic

    Humas seringkali harus membuat sebuah materi publikasi ceka dan digital dengan gambar yang meanrik. Selain kemampuan fotografi yang bisa diperoleh di mata kuliah fotografi, Humas juga harus memiliki kemampuan untuk mengedit foto sebagai ilustrasi di materi publikasinya. Keajaiban gambar dan foto tersebut bisa diciptakan dengan software Adobe Photoshop. 

    Aktivitas/Tugas Mahasiswa

    Mahasiswa akan melakukan teknik cropping dengan software Adobe Photoshop, sebagai tahap awal melakukan editing pada gambar di Photoshop melalui: 

    1. Membaca materi tutorial yang disediakan untuk menjelaskan topik ini dan mengerjakan latihan 2 (part 1)
    2. Melakukan latihan 2 dengan menggunakan Photoshop dan diupload di scele

  • 26/09/2018 - 1/10/2018

    Melakukan teknik editing menggunakan software Adobe Photoshop

    Photoshop Image Slicing for Website

    Pekerjaan humas pada masa sekarang ini sangat besar irisannya dengan dunia digitfal dan internet. Dalam sebuah perusahaan atau sebagai konsultan praktisi humas juga sering mendapatkan order untuk membuat sebuah website sebagai platform resmi penyampaian informasi. Sebelum mengaktifkan website (pada mata kuliah Dasar Pemrograman Situs Web)

    Aktivitas/Tugas Mahasiswa

    Mahasiswa akan melakukan teknik cropping dengan software Adobe Photoshop, sebagai tahap awal melakukan editing pada gambar di Photoshop melalui: 

    1. Membaca materi tutorial yang disediakan untuk menjelaskan topik ini dan mengerjakan latihan 2 (part 2)
    2. Melakukan latihan 2 dengan menggunakan Photoshop dan diupload di scele
  • 03/10/2018 - 08/10/2018

    Magic Wand Photoshop

    Magic Wand adalah tools dalam Adobe Photoshop yang mempermudah Anda untuk menghapus area yang tidak diinginkan dari sebuah gambar. Keterampilan ini dibutuhkan pada saat akan mengedit bagian-bagian gambar dari sebuah publikasi humas.

    Tools tersebut dapat ditemukan dengan mengklik agak lama icon Quick Selection, dapat dilihat pada gambar berikut:

    Dalam topik kali ini, kita akan mempraktikkan cara penggunaan Magic Wand dalam sebuah project. Selamat mengerjakan Smile

  • 10/10/2018 - 16/10/2018

    Membuat Newsletter dengan Adobe InDesign

    Adobe Indesign for Newsletter

    Salah satu fungsi humas adalah memberikan informasi kepada khalayak dan stakeholdernya. Salah satu tools humas untuk melakukannya adalah melalui media cetak dan digital yang bisa dengan mudah dibaca oleh target audience-nya. Di masa lalu, Humas mencetak newsletter untuk mengabarkan informasi yang diharapkan bisa mencapai targetnya dengan cepat. Newsletter diproduksi dan dibagikan secara berkala biasanya dengan cuma-cuma (tidak berbayar) karena tujuan utamanya adalah supaya informasi sampai ke target dengan cepat. Di masa sekarang ini, fungsi newsletter seringkali sudah digantikan dengan website dan social media atau chat apps, namun tidak ada salahnya kita mempelajari penggunaan Adobe Indesign untuk membuat layout publikasi seperti Newsletter

    Aktivitas/Tugas Mahasiswa

    Mahasiswa akan melakukan layout newsletter dengan software Adobe Indesign melalui: 

    1. Menyaksikan dan membaca materi tutorial yang disediakan untuk menjelaskan topik ini 
    2. Melakukan mengerjakan latihan 3 part 1 dengan Adobe Indesign lalu hasilnya diupload
  • 17/10/2018 - 22/10/2018

    Melayout Majalah Dengan Adobe InDesign

    Salah satu fungsi dari seorang Public Relations Officers adalah bertanggung jawab pada tersampaikannya informasi kepada stakeholdersnya. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah internal magazine dan external magazine. Dengan zaman yang semakin canggih dengan teknologi yang tumbuh dengan pesat, para PR Officer kini juga membuat E-Magazine yang merupakan bentuk digital dari traditional magazine dan dapat dibagikan dengan lebih mudah melalui surel dan medsos. 

    Topik kali ini akan memberikan pengetahuan dan tutorial, bagaimana me-layout sebuah halaman majalah dengan menggunakan software Adobe Indesign. Semoga bermanfaat bagi kalian dalam memasuki dunia industri Public Relations.

  • 07/11/2018 - 14/11/2018

    Seorang Public Relations seringkali harus memproduksi poster sebagai sarana penyampaian informasi, untuk mempersuasi khalayak, dan lebih jauh lagi untuk mengubahperilaku khalayak terhadap sebuah isu sosial. Pada topik kali ini, mahasiswa diharapkan dapat membuat sebuah poster untuk kepentingan sosial dan layanan masyarakat (Public Service Announcement).

    Desain poster dapat dibuat menggunakan Adobe Indesign. Kita dapat menggunakan panel-panel yang terdapat pada program untuk mengolah objek, mengolah teks, dan mewarnai objek tersebut. Tool yang tersedia juga dapat kita gunakan untuk membuat objek sehingga kita tidak harus menggunakan program grafis lainnya untuk membuat objek desain.

  • 14/11/2018 - 21/11/2018

    Pada materi terakhir kali ini, kita akan mencoba me-layout sebuah majalah eksternal dari sebuah perusahaan. Majalah yang dibuat adalah majalah digital (e-magazine). Aplikom tidak akan melihat seberapa bagus naskah yang dibuat, namun akan melihat kemampuan mahasiswa dalam menggunakan software design untuk menghasilkan e-magazine tersebut.

  • 19/12/2018 - 26/12/2018

    UAS E-MAGAZINE EKSTERNAL