Topic outline

  • PENDAHULUAN

    RISET OPERASI 

    Selamat datang di Mata Kuliah Riset Operasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat memodelkan berbagai permasalahan organisasi di lingkungan bisnis, serta kemampuan menyelesaikan model permasalahan sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Jumlah SKS MK ini adalah 3 sks yang harus ditempuh mahasiswa selama 16 minggu perkuliahan.

    Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran melalui materi yang telah disediakan dalam Share ITS berupa video penjelasan materi oleh dosen pengampu. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan diskusi terkait topik pembelajaran, latihan-latihan soal, dan belajar mandiri dengan resources pembelajaran yang dibagikan. Luaran dari pembelajaran ini adalah mahasiswa menjalankan final project untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama satu semester. 

    PETA KOMPETENSI

    REFERENSI YANG DIGUNAKAN:

    1. Bernard W. Taylor, Introduction to Management Science, Prentice Hall, 2006.
    2. David R.Anderson, Dennis J.Sweeney, Thomas A. William, R.Kipp Martin, An Introduction to Management Science : Quantitative Approach to Decision Making, South-Western College Pub, 2007
    3. A. Hamdy Taha, Operations Research: an Introduction 9th Ed, Pearson, 2010
    4. Wayne L. Winston, Operations Research: Applications and Algorithms (with CD-ROM and InfoTrac) 4th Ed, Duxbury Press, 2015

    SOFTWARE MEDIA BELAJAR: QM dan TORA

    Dosen Pengampu:

    Wiwik Anggraeni, S.Si., M.Kom.        Wiwik Anggraeni, S.Si., M.Kom.

    Asisten Kelas:

    Ferdian Widyatama                  

    Ferdian Widyatama        Pramitya Lisnawaty Ayunda

  • Konsep Dasar Riset Operasi

    MINGGU KE-1

    Pada minggu perkuliahan-1, mahasiswa mampu memahami apa itu manajemen sains serta mengetahui teknik-teknik yang ada dalam manajemen sains, serta paham posisi riset operasi sebagai bagian dari manajemen sains. 

     

  • Permodelan Permasalahan

    MINGGU KE-2 DAN KE-3

    Pada minggu perkuliahan ke-2, mahasiswa mampu mendefinisikan permasalahan yang ada di lingkungan sekita serta memodelkan permasalahan sesuai dengan definisi permasalahan yang telah ditentukan sebelumnya.

    LATIHAN 

    Berikut ini merupakan latihan soal pendefinisian masalah dan memodelkan permasalahan sesuai dngan definisi masalah yang telah ditentukan. Soal beserta jawaban sudah tersedia pada file berikut.

  • Penyelesaian Model

    MINGGU KE-4

    Pada minggu perkuliahan ke-4, mahasiswa mampu menyelesaikan model dengan menggunakan metode grafis. Selain itu, mahasiswa juga memahami kelebihan dan kekurangan penggunaan metode grafis, langkah-langkah pengerjaan, penentuan hasil, dan cara mengartikan hasil.

    MINGGU KE-5

    Pada minggu perkuliahan ke-5, mahasiswa mampu menyelesaikan model dengan menggunakan metode simpleks. Selain itu, mahasiswa juga memahami kelebihan dan kekurangan penggunaan metode simpleks, karakteristik metode simpleks, langkah-langkah secara umum dan khusus untuk masing-masing jenis model, penentuan hasil, dan cara mengartikan hasil.

    MINGGU KE-6

    Pada minggu perkuliahan ke 6, mahasiswa mampu menyelesaikan model sesuai dengan studi kasus yang telah dibuat sebelumnya menggunakan metode grafis dan simpleks. 

  • Analisis Post Optimal dan Analisa Sensitivitas

    MINGGU KE-7

    Pada minggu perkuliahan ke-7, mahasiswa mampu melakukan analisis yang dilakukan terhadap solusi optimal untuk mendapatkan informasi tambahan yang berguna (analisis post optimal) dengan cara analisis dualitas (model primal dan dual).

     

  • Ujian Tengah Semester

  • Model Khusus

    MINGGU KE-9

    Pada minggu perkuliahan ke-9, mahasiswa mampu menemukan model khusus yaitu model transportasi dan dapat menyelesaikan model tersebut.

    MINGGU KE-10

    Pada minggu perkuliahan ke-10 Part 1, mahasiswa mampu menenukan tabel solusi optimal model transportasi menggunakan metode MODI. 

    Selanjutnya pada Part 2, mahasiswa mampu menyelesaikan model transportasi tidak seimbang. 

    Pada Part 3, mahasiswa mampu menyelesaikan model khusus seperti Degenerasi, Rute yang Terlarang. Selain itu, mahasiswa juga mampu menyelesaikan permasalahan Model Penugasan. 

    MINGGU KE-11

    Pada minggu perkuliahan ke-11, mahasiswa mampu mengerjakan latihan soal mengenai model transportasi dan penugasan.

  • MINGGU KE-12 DAN 13

    Pada minggu ke-12 ini akan diberikan pembahasan mengenai pengerjaan UTS.

    Pada minggu ke-13 akan diberikan materi tutorial dan pemahaman penggunaan software QM dalam menyelesaikan permasalahan riset operasi. 

  • PROGRAM INTEGER

    Pada minggu ke-14 mahasiswa mampu memahami karakteristik model program integer, melakukan penyelesaian model program integer serta melakukan penafsiran solusi model yang didapat.

  • Final Project

  • Ujian Akhir Semester