Topic outline

  • Identitas mata kuliah dan RPP

    SELAMAT DATANG DI

    MATA KULIAH: PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN

    Prodi Pendidikan Bahasa Jerman - S1
    Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta
    Semester Ganjil 2015/2016 - 2 SKS
    Dosen:
    Dr. Wening Sahayu, MPd.

    Selamat Datang para mahasiswa di mata kuliah Penilaian Pembelajaran Bahasa Jerman. Anda akan belajar di mata kuliah ini selama 16 minggu yang terdiri atas 8 minggu teori dan 8 minggu mengaplikasikan teori tersebut dalam kegiatan perencanaa, penyusunan, uji coba instrumen tes Bahasa Jerman dan menganalisis instrumen tes (validitas, reliabillitas, daya beda dan taraf kesukaran). Anda harus mengikuti semua kegiatan pembelajaran yang telah dirancang. Selamat Belajar! Sukses selalu, Viel Erfolg!


    Profil Dosen:

    bu wening      

    Dosen Pendidikan Bahasa Jerman FBS dan Pascasarjana UNY

    Email: weningsahayu@uny.ac.id
    Blog: http://hayuwening.wordpress.com
    HP (SMS, WA): 08136561964

    1. Fakultas / Program Studi   :  Bahasa dan Seni/ Pendidikan Bahasa Jerman

    2. Mata Kuliah & Kode           :  Penilaian Hasil Belajar Bahasa Jerman      Kode :MKK6205  

    3. SKS                                 :  Teori: 2 SKS  / Praktik:  SKS / Sem  : 4  / Waktu   :  100 Menit  

    4. Capaian Pembelajaran

    1) (C2) Peserta didik memaparkan hakikat evaluasi dan (C4) memberikan pandangan pribadi atas fenomena kegiatan evaluasi yang dialami dan terjadi disekitarnya.

    2) (C2) Peserta didik mampu memaparkan subjek evaluasi, sasasran evaluasi, prinsip evaluasi, dan alat evaluasi

    3) (C2) Peserta didik mampu memaparkan hakikat tes dan validitas tes dan(C3) mempraktekkan mencari validitas tes

    4) (C2) Peserta didik memaparkan hakikat reliabilitas tes dan(C3) mempraktekkan cara mencari reliabilitas tes

    5) (C2) Peserta didik mampu memaparkan taksonomi, tujuan instruksional, tes standard dan tes buatan guru

    6) (C2) Peserta didik memaparkan penyusunan tes dan(C3) mempraktekkan / membuat salah satu instrument tes

    7) (C2) Peserta didik mampu memaparkan tes tertulis, bentuk-bentuk tes, tes obyektif, pengukuran ranah afektif, pengukuran ranah psikomotorik

    5. Peta Kompetensi

    6. Gambaran Kegiatan Perkuliahan   

    a. Mengukur dan Menilai

     

    KOMPONEN LANGKAH

     

    Uraian Kegiatan

    Estimasi Waktu

    Metode

    Media

    Sumber Bahan/

    Referensi

    Pendahuluan

    Silabi, pentingya evaluasi, contoh evaluasi di pendidikan formal.

     

    10 menit

    ceramah

     

     

    Penyajian (Inti)

    Pengukuran, penilaian, evaluasi. Mengapa menilai? Tujuan dan fungsi penilaian. Ciri-ciri penilain pendidikan.

    80 menit

    Ceramah, diskusi, presentasi, penugasan

    OHP, LCD

    Evalusi pendidikan ( Suharsimi Arikunto)

    Penutup

    Mahasiswa merefleksi kegiatan evaluasi yang pernah dialami selama sekolah.

     

    10 menit

    Ceramah, penugasan

     

    Penilaian dalam pengajaran sastra dan bahasa (Burhan N)

    Tindak Lanjut

    Tugas menceritakan hasil refleksi tentang subyektivitas yang terjadi dalam evaluasi.

     

     

     

     

     

  • Mengukur dan Menilai

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!

  • Proses Evaluasi

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Selalu semangat, yaa!!!

    Anda tidak akan rugi, karena pengetahuan dan keterampilan anda akan terasah!!

  • Tes dan Validitas

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Mari kita lanjutkan belajar mandiri ya... Semangat!!!

    Anda tidak akan rugi, walau kata para bijak bestari semakin banyak belajar akan semakin tidak tahu.

  • Reliabilitas Tes

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!

  • Analisis Tes

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!

  • Taksonomi

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!

  • Penyusunan Tes dan Tabel Spesifikasi

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!

  • Mengolah Nilai

    Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?

    Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!

    Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!