Profil Mata Kuliah
- Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.
Selamat bertemu di Mata kuliah Daring E-Busines ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1Sarjana pada rumpun ilmu informatika dan komputer, terutama terkait dengan bidang studi: ILMU KOMPUTER/TEKNIK INFORMATIKA, SISTEM INFORMASI, SISTEM KOMPUTER, REKAYASA PERANGKAT LUNAK, maupun TEKNOLOGI INFORMASI.
Di Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lampung, Matakuliah ini memiliki bobot 2 SKS, dengan kode matakuliah COM612304, diberikan di Semester Ganjil
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Rangga Firdaus Matakuliah E-Business (Electronic Business) bukanlah merupakan sebuah istilah yang asing di telinga para manajer dan praktisi bisnis di era moderen. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang disertai dengan berbagai perubahan paradigma dalam mengelola bisnis di era globalisasi telah menempatkan internet sebagai medium berinteraksi yang sangat menjanjikan. Keberadaannya tidak hanya menawarkan kemudahan-kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya sehari-hari, namun lebih jauh lagi karakteristiknya mampu untuk memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan industri dimana perusahaan terkait berada. Lihatlah bagaimana implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis (E-Business) tidak saja telah membantu perusahaan dalam menurunkan total biaya pengeluaran untuk keperluan operasional sehari-hari, namun lebih jauh lagi adalah bahwa banyak sekali potensi sumber pendapatan baru yang ditawarkan oleh konsep tersebut. Alasan lain mengapa konsep E-Business menjadi primadona di dalam kerangka bisnis moderen adalah karena adanya berbagai data statistik yang memperlihatkan semakin tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan tumbuh menyaingi yang terjadi di dunia nyata.
- Menjelaskan mengenai fenomena bisnis di dunia maya dan tren perkembangannya
- Menguraikan mengenai tahapan evolusi e-business
- Menjelaskan secara lengkap mengenai sistem dan komponen pembentuk ekosistem e-business
- Membandingkan antara karakteristik bisnis konvensional dengan transaksi di internet
- Menggambarkan arsitektur dan anatomi sistem e-business
- Menjelaskan hubungan keterkaitan antara e-business dan e-commerce
- Menjelaskan mengenai perilaku pasar dan pelanggan dalam lingkungan e-business
Perkuliahan E-Business dalam semester ini terlihat pada peta program perkuliahan, terdiri dari beberapa tahapan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan, baik dari sisi materi yang bertahap serta assesment yang dilakukan seperti, tugas, quis, uts maupun uas
Secara garis besar, peta program pembelajaran yang akan kita lakukan adalah sebagai berikut :
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah E-Business, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, peserta didik akan diberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah peserta didik menguasai 4 (empat) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Pada saat seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
- • Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa (15%)
- • Tugas berbasis Kasus Studi (15%)
- • Latihan Soal per Pokok Bahasan (10%)
- • Kuis per Pokok Bahasan (15%)
- • Ujian Tengah Semester (20%)
- • Ujian Akhir Semester (25%)
SELAMAT MENGERJAKAN PRE TEST/ TEST AWAL Matakuliah E-Businsess
-
Apakah yang dimaksud dengan e-business? Apa yang membedakannya dengan e-commerce?
-
Komponen apa saja yang terdapat dalam anatomi dan arsiektur e-business?
-
Prinsip-prinsip ekonomi seperti apa yang berlaku di dunia maya?
-
Apakah perbedaan proses bisnis fisik dan virtual?
-
Bagaimana ciri-ciri komunitas di dunia maya dalam menjalankan aktivitas perekonomian?
-