Weekly outline

  • Indentitas

    Selamat datang para mahasiswa di mata kuliah Produksi Media Penyiaran untuk semester 5. Anda akan belajar di mata kuliah ini selama 16 minggu yang terdiri dari 8 minggu teori dan 8 minggu praktikum. Anda harus mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang dalam setiap minggunya. 

    Deskripsi Mata Kuliah:

    Mata kuliah ini mempelajari tentang bidang kreativitas dalam penulisan dari siaran televisi, mulai dari unsur; pemicu; acuan dasar; serta kririk saran siaran. Mendalami tentang manajemen kreatif dari ide, peralatan, sistem kerja, biaya dan regulasi dalam penataan crew. Memahami kaidah dasar penulisan program informasi, menulis untuk televisi, breaking news, teknik wawancara, on camera dan penyajian berita. Program non drama dimulai dari teknik operasional single kamera, penggunaan studio, aturan dasar lighting sampai artistik. Mengetahui regulasi penyiaran dan manajemen media. Memahami dasar multicamera dilanjutkan dengan pemanfaatannya dalam metode alfabhet, kemudian dilanjutkan dengan program non drama (talk show). Pada akhir perkuliahan melaksanakan praktikum live streaming talk show dan live studio breaking news.

    Kemanfaatan Mata Kuliah:

    Bermanfaat bagi mahasiswa ilmu komunikasi khususnya konsentrasi media mengembangkan ide kreatif dalam produksi program dan pengelolaan siaran televisi bagi lembaga penyiaran.

    Capaian Pembelajaran:

    Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:

    1. Memahami prinsip dasar penulisan naskah produksi program televisi
    2. Menentukan keputusan angle pengambilan gambar single camera video
    3. Menerapkan prinsip dasar multicamera
    4. Memahami manajemen produksi dan teknik live streaming
    5. Mehamahi regulas, penataan crew serta pasca produksi program non beriit

    Cara Belajar:

    Setiap minggu Anda harus mengunduh dan mempelajari bahan ajar baik berupa slide power point maupun bahan pengayaan lain serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas dari minggu ke minggu bisa berbeda seperti: perkenalan, diskusi, refleksi, quis, tugas, dll. Pada saat praktikum kerjakan aktivitas sesuai minggu yang bersangkutan.

    Sistem Penilaian:

    • Partisipasi / aktivitas online : 20%
    • Quiz online: 20%
    • Project Individu online : 60%

    Referensi:

    1. Roland, Beutler (2008). Digital video and audio broadcasting technology: a practical engineering guide, Springer: Berlin
    2. Naratama (2006). Menjadi sutradara televisi : Dengan single dan multi camera, Grasindo. Jakarta.
    3. Latief, Rusman dan Yusiatie Utud (2017). Kreatif Siaran Televisi. Kencana : Jakarta.
    4. Puskat SAV (2013). Handout prinsip dasar operasional dan program siaran televisi. Puskat : Yogyakarta
    5. Lab TV (2017). Handout produksi live streaming youtube. FT – UNY : Yogyakarta.

  • P1

    Pada minggu pertama ini kita akan mulai mengenal mata kuliah produksi media penyiaran. Kita akan mengeksplore RPS mata kuliah, kemudian membahas pengenalan produksi media penyiaran. Aktivitas pada minggu ini berupa perkenalan singkat setiap mahasiswa melalui forum diskusi. 

  • P2

  • P3

    Pada pertemuan saat ini mahasiswa melakukan praktikum secara mandiri di kelas yaitu penulisan naskah siaran radio dan televisi. Naskah yang digunakan adalah untuk produksi program non drama seperti news dan berita singkat. 

  • P4

  • P5

  • P7

  • P8