Weekly outline

  • General

    Selamat datang di kuliah daring PROFESI KEGURUAN


    Capaian pembelajaran

    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasa  hakikat pendidikan, sikap professional guru, dan etika dasar guru. 

    Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah singkat Profesi Guru di Indonesia 

    Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen dan tahapan-tahapan pengembangan profesi keguruan 

    Mahasiswa mampu mempraktikkan konsep penilaian kinerja guru. 

    Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan perlindungan dan penghargaan terhadap guru 

    Mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena yang sering terjadi dalam dunia profesi keguruan. 



    Dosen Pengampu


    • Pertemuan 1-Sejarah Profesi Keguruan

      Assalamualaikum. Selamat datang dan semoga teman-teman selalu dalam keadaan sehat. Untuk pertemuan 1, kita akan membahas tentang sejarah profesi keguruan. Pada topik Sejarah Profesi Keguruan di Indonesia akan dibahas mengenai runtutan riwayat profesi Keguruan dari awal zaman Pra-Hindu Budha; zaman Hindu-Budha; zaman kesultanan Islam; Zaman Belanda di Indonesia; dan pada akhirnya Guru di zaman setelah kemerdekan sampai sekarang

    • Pertemuan 2 -3 "Profesionalisme Seorang Guru"

      Assalamualaikum wr.wb. Setelah kalian membaca materi tentang sejarah kemunculan profesi guru di Indonesia, pada pertemuan kedua dan ketiga ini, kita akan mempelajari apa yang dimaksud dengan profesi & profesionalisme, dan profesi keguruan. Secara singkat, pada dua pertemuan ini kita akan membahas konsep dasar tentang Keprofesionalan Seorang Guru. Secara detail, topik Keprofesionalan Seorang Guru ini terdiri dari sub-topik yaitu: (1) Pengertian  profesional, profesi dan profesionalisme; (2) Asas pokok profesionalisme; (3) Ciri-ciri profesionalisme, dan (4) kode etik guru.

      • Feedback Tugas Jenis-Jenis Profesi & Keprofesionalannya Forum
        Restricted Not available unless: You belong to Periode 2020/2021 Gasal - Kelas : Kls-072-C-193
      • Tugas Profesi Guru Assignment
        Restricted Not available unless:
        • You belong to Periode 2020/2021 Gasal - Kelas : Kls-072-A-193
        • You belong to Periode 2020/2021 Gasal - Kelas : Kls-072-B-193
        • You belong to Periode 2020/2021 Gasal - Kelas : Kls-072-C-193
    • Pertemuan 4 " Pengembangan Profesi Guru"

      Assalamualaikum, semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat wal-afiat. Untuk pertemuan hari ini, kita akan mendalami materi tentang kualifikasi dan kompetensi guru, serta pengembangan profesi guru. Untuk lebih memahami aspek - aspek yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan profesionalisme seorang guru, simak penjelasan dari video di bawah ini

    • Pertemuan 5-Esensi dan Prinsip-Prinsip Peningkatan Kompetensi dan Karir Guru

    • Pertemuan 6-Penilaian Kinerja Guru

    • UJIAN TENGAH SEMESTER

    • Pertemuan 8-Perlindungan Profesi Guru di Indonesia

    • Pertemuan 9-Kompetensi Guru Abad 21

    • Pertemuan 10 - Kendala Pengembangan Profesi Guru

      Pengembangan profesi bagi guru-guru sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, guru-guru harus selalu mengembangkan profesi sepanjang masa. Guru yang profesional minimal memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kompetensi keilmuan sesuai bidang yang ditekuninya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anak didik, berjiwa kreatif dan produktif, memiliki etos kerja dan komitmen tinggi terhadap profesinya serta melakukan pengembangan diri yang terus-menerus. Guru sekarang diharapkan beranjak dari metode lama yang hanya mengandalkan komunikasi satu arah, di mana guru menjadi sentral pembelajaran menjadi pembelajaran dengan komunikasi dua arah dengan murid yang menjadi fokus utama pembelajaran.

      Serangkaian masalah yang meliputi dunia kependidikan dewasa ini masih perlu mendapat perhatian dari semua pihak. Mulai dari kualitas tenaga pendidik yang belum mencapai target hingga masalah kesejahteraan guru. Fakta di lapangan, permasalahan jauh lebih kompleks dalam lingkungan pendidikan kita. Boleh dikatakan tingkat kualitas dan kompetensi guru menjadi kendala utamanya, mulai dari guru yang tidak memiliki kelayakan kompetensi untuk mengajar mata pelajaran tertentu, hingga rendahnya tingkat profesionalisme guru itu sendiri. Artinya, guru saat ini dituntut bukan hanya sekadar melaksanakan pekerjaan datang-mengajar lalu pulang. Tapi ia dituntut untuk mencapai serangkaian kualifikasi dalam pencapaian mutu profesionalisme yang telah ditetapkan.Bila dicermati hal tersebut menunjukkan betapa kompleksnya problematika profesi guru dan juga dunia pendidikan.

    • Pertemuan 11-12 Peranan Guru dalam Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas

      Pada pertemuan hari ini, kalian akan mempelajari materi tentang peran guru dalam proses pembelajaran, serta tips dan trik cara seorang guru dalam masalah mengelola kelas dalam proses pembelajaran. Tidak hanya itu, pada artikel ini juga akan dibahas masalah-masalah yang muncul pada proses pengelolaan kelas dan solusinya. Maka dari itu, baca dan pahami dari masing-masing artikel berikut.

    • UJIAN AKHIR SEMESTER