Weekly outline

  • MASTER: STATISTIK DASAR

    SD

    Deskripsi Statistik Dasar 

    Statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran, dan penganalisaan data penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan penganalisaan yang dilakukan dan pembuatan keputusan yang rasional, jadi dapat disimpulkan statistik yaitu metode atau ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari, statistik memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan. Dalam penelitian ilmiah, statistik memiliki peranan sebagai penyedia data untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang seolah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik. Dalam kegiatan proses belajar mengajar, statistik banyak membantu dalam menganalisis soal-soal yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam ilmu pengetahuan, statistik memiliki peranan sebagai sarana analisis dan interpretasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan, sehingga diperoleh suatu kesimpulan dari berbagai data tersebut.

    Pada proses pembelajaran selama satu semester adapun pokok bahasan yang menjadi acuan perkuliahan antara lain:

    1. Konsep Dasar Statistik dan Peranannya
    2. Penyajian Data Statistik
    3. Populasi dan Sampel
    4. Distribusi Frekuensi
    5. Ukuran Pemusatan Data (Ukuran Tendensi Sentral)
    6. Ukuran Lokasi
    7. Ukuran Penyebaran Data  (Ukuran Dispersi)
    8. Ukuran Kemiringan (Measure of Skewness)
    9. Ukuran Keruncingan (Measure of Curtosis)
    10. Pengantar Uji Prayarat
    11. Pengantar Jenis Analisis Statistik

    Capaian Pembelajaran

    • Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    SikapMenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

    Keterampilan:

    1. Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika
    2. Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika  
    3. Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika
    4. Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika)
    5. Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah

    • Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMK)

    Setelah mahasiswa mengikuti pembelajaran statistik dasar memiliki kemampuan:

      1. memahami konsep statistik dasar untuk penelitian bidang pendidikan
      2. memahami, menyusun/merancang, mengolah data-data statistik secara real untuk menunjang pengukuran-pengukuran dalam fisika dan penelitian bidang pendidikan
      3. terampil dalam menganalisis data statistik berdasarkan jenis analisisnya masing-masing baik analisis secara teoritis maupun menggunakan berbagai aplikasi analisis data seperti Microsoft Excel, dan SPSS.
      4. mengintrepretasi hasil analisis data berbagai bentuk analisis data

    Penanggungjawab Modul:

    Ishaq, S.Pd., M.Pd| 090307773 | +6285243063377 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id  sb

  • I. Konsep Dasar Statistik dan Peranannya

    Deskripsi Konsep Dasar Statistik dan Peranannya

    Statistik memegang peranan yang penting dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesa, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, dalam penyusunan desain penelitian, dalam penentuan sampel dan dalam analisa data. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisa data tidak luput dari penerapan teknik dan metode statistik tertentu, yang mana kehadirannya dapat memberikan dasar bertolak dalam menjelaskan hubungan-hubungan yang terjadi. 

    Relevansi

    Dalam pendidikan penggunaan konsep statistika sangat diperlukan sebagai alat bantu prsoses belajar dan mengajar terutama dalam hal penilaian. Setiap anak didik pasti memiliki data penilaian yang berbeda-beda. Pendidik pun memiliki standar atau aturan tertentu dalam melakukan penilaian. Baik itu penilaian secara  kualitatif maupun kuantitatif. Dengan adanya data statistika, pendidik bisa melakukan analisa terhadap peserta didiknya. Misalnya menganalisa siapa yang terbaik dalam suatu mata pelajaran dan siapa yang kurang. Untuk siswa yang terbaik, pendidik bisa merekomendasikan siswa tersebut dalam mengikuti suatu perlombaan atau olimpiade. Sedangkan untuk siswa yang kurang, pendidik bisa membantu siswa tersebut untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang lain. Dengan kata lain dengan adanya data statistik pendidik bisa mengetahui minat dan bakat peserta didik. Serta mengetahui perkembangan peserta didiknya tiap semesternya.

    Capaian Pembelajaran

    Setelah berdiskusi secara kelompok, mandiri, mengerjakan tugas terstruktur, dan belajar mandiri diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:

    1. menjelaskan pengertian statistik dan statistika
    2. mengklasifikasi berbagai metode statistik
    3. menjelaskan jenis-jenis analisis data kategori statistik deskriptif
    4. menjelaskan konsep penerapan statistik inferensial tentang standar error, pengujian hipotesis, dan uji signifikansi
    5. menjelaskan jenis-jenis analisis data kategori statistik inferensial baik statistik para metrik maupun  statistik non parametrik
    6. menjelaskan peranan statistik dalam dunia pendidikan
    7. menjelaskan fungsi statistik sebagai alat bantu pada proses pembelajaran
    Materi Ajar

  • II. Penyajian Data Statistik

    • B. Pengumpulan Data Statistik Book
      Restricted Not available unless: The activity Forum 2.1 is marked complete
    • Forum 2.2
      Restricted Not available unless: The activity B. Pengumpulan Data Statistik is marked complete
    • C. Pengolahan Data Lesson
      Restricted Not available unless: The activity Forum 2.2 is marked complete
    • D. Metode Penyajian Data Lesson
      Restricted Not available unless: The activity C. Pengolahan Data is marked complete
    • Forum 2.3
      Restricted Not available unless: The activity D. Metode Penyajian Data is marked complete
    • Sumber Bahan Ajar PB II Page
      Restricted Not available unless: The activity Forum 2.3 is marked complete