MASTER: STATISTIK DASAR
Deskripsi Statistik Dasar
Statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran, dan penganalisaan data penarikan kesimpulan yang valid berdasarkan penganalisaan yang dilakukan dan pembuatan keputusan yang rasional, jadi dapat disimpulkan statistik yaitu metode atau ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari, statistik memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan. Dalam penelitian ilmiah, statistik memiliki peranan sebagai penyedia data untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang seolah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik. Dalam kegiatan proses belajar mengajar, statistik banyak membantu dalam menganalisis soal-soal yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam ilmu pengetahuan, statistik memiliki peranan sebagai sarana analisis dan interpretasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan, sehingga diperoleh suatu kesimpulan dari berbagai data tersebut.
Pada proses pembelajaran selama satu semester adapun pokok bahasan yang menjadi acuan perkuliahan antara lain:
- Konsep Dasar Statistik dan Peranannya
- Penyajian Data Statistik
- Populasi dan Sampel
- Distribusi Frekuensi
- Ukuran Pemusatan Data (Ukuran Tendensi Sentral)
- Ukuran Lokasi
- Ukuran Penyebaran Data (Ukuran Dispersi)
- Ukuran Kemiringan (Measure of Skewness)
- Ukuran Keruncingan (Measure of Curtosis)
- Pengantar Uji Prayarat
- Pengantar Jenis Analisis Statistik
Capaian Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Sikap: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan:
- Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika
- Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika
- Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika
- Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika)
- Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah
- Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMK)
- memahami konsep statistik dasar untuk penelitian bidang pendidikan
- memahami, menyusun/merancang, mengolah data-data statistik secara real untuk menunjang pengukuran-pengukuran dalam fisika dan penelitian bidang pendidikan
- terampil dalam menganalisis data statistik berdasarkan jenis analisisnya masing-masing baik analisis secara teoritis maupun menggunakan berbagai aplikasi analisis data seperti Microsoft Excel, dan SPSS.
- mengintrepretasi hasil analisis data berbagai bentuk analisis data
Penanggungjawab Modul:
Ishaq, S.Pd., M.Pd. | 090307773 | +6285243063377 | ishaqmadeamin@unismuh.ac.id