Topic outline

  • General

  • 1. Pertemuan 1: Kontrak Pembelajaran dan Preview MK Nihonshi

    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 4 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas sejarah Jepang dari jaman prasejarah sampai sejarah Jepang modern. Sejarah Jepang dipelajari dengan perspektif untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan bagaimana solusinya dalam setiap zamannya. Sebagai pengenalan perspektif dalam melihat sejarah Jepang adalah Teori Hegemoni Antonia Gramsci dan Teori Hirarki Kebutuhan Manusia Abraham Maslow

    Jurnal Perkuliahan:

    Dosen Pengampu         : Heri Widodo, M.A.
    Hari, Tanggal                : Senin,  Agustus 2021
    Waktu                           : 07.00-08.40
    Bentuk Pembelajaran    : sinkronus
    Metode Pembelajaran  : Pembahasan, Tanya Jawab, Diskusi
    Media Pembelajaran     : LMS Eldiru & Zoom Meeting
    Jumlah Mahasiswa        : 47
    Capaian Pembelajaran : 
    1. Mampu menjalankan kesepakatan kontrak pembelajaran.

    2. Mampu melakukan studi permulaan terkait materi kuliah sejarah Jepang.
    Materi Pembelajaran    :  
    1. Perkenalan & Preview MK Nihonshi.

    2. Kontrak pembelajaran (RPS)

    3.  Tiga Wujud Kebudayaan dan Tujuh Unsur Budaya Universal

  • 2. Pertemuan 2: Teori Hegemoni Antonio Gramsci sebagai Perspektif Melihat Sejarah Jepang

    Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan kali ini kita akan menelaah tentang Teori Hegemoni Antonio Gramsci sebagai landasan perspektif dalam melihat, memahami, dan menulas permasalahan-permasalahan dalam sejarah Jepang yang akan kita bahas dalam kelas NIhonshi ini.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

  • 3. Pertemuan 3. Masa Awal Sejarah Jepang

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mulai menyimak bagaimana perjalanan sejarah Jepang. Selain mencermati secara kronologis, kita akan mencermatinya dengan mengacu pada perspektif pemikiran Antonio Gramsci terkait hegemoni.

    Capaian yang kita targetkan dalam pertemuan ini adalah kemampuan melihat secara analitik dan kritis terhadap fenomena-fenomena sejarah Jepang.

    Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  • 4. Pertemuan 4. Sejarah Jepang: Jaman Asuka dan Pembaharuan Taika

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan keempat ini kita akan kembali menyimak bagaimana perjalanan sejarah Jepang. Pada pertemuan kali ini kita akan mencermati sejarah Jepang dengan fokus pembahasan pada Jaman Asuka dan Pemharian Taika. Selain mencermati secara kronologis, kita akan mencermatinya dengan mengacu pada perspektif pemikiran Antonio Gramsci terkait hegemoni.

    Capaian yang kita targetkan dalam pertemuan ini adalah kemampuan melihat secara analitik dan kritis terhadap fenomena-fenomena sejarah Jepang. Selain itu, fenomena-fenomena sejarah Jepang yang menjadi topik bahasan dijadikan sebagai sebuah case study yang menjadi latihan bagi mahasiswa untuk merumuskan sebuah solusi bagi sebuah permasalahan.

    Pada pertemuan keempat ini kita akan menggunakan perkuliahan Metode ASINKRON

    Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


    • Restricted Not available unless: The activity 4. 1.  Materi 1. Sejarah Jepang Jaman Asuka. ... is marked complete
    • 4. 3. Analisis Sejarah Jepang: Jaman Asuka & Pembaharuan Taika Assignment
      Restricted Not available unless: The activity 4. 2. Materi 2: Pembaharuan Taika Pada topik baha... is marked complete
  • 5. Pertemuan 5. Sejarah Jepang Jaman Nara

    Ohayou gozaimasu. 

    Selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan kali ini kita akan diskusi tentang Jaman Nara. 

    target Capaian pada pertemuan kali ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan dinamika perjalanan sejarah Jepang pada jaman Nara, mencermati secara kritis peristiwa-peristiwa sejarah Jepang, dan mampu mengajukan pendapat, pemikiran solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang diajukan.

    Sebelum memulai proses pembelajaran, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  • 6. Pertemuan 6. Sejarah Jepang Jaman Heian dan Kamakura

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan kali ini kita akan mencermati bagaimana perjalanan sejarah Jepang jaman Heian dan Kamakura. Materi pada pertemuan kali ini lumayan  padat dan memasuki jaman ketika kekuatan-kekuatan dari kalangan prajurit, kestria Jepang meluai menguat dalam lingkungan pemerintahan dan negara.

    target capaian dari pembahasan materi ini adalah mahasiswa memahami sejarah Jepang jaman Heian dan Kamakura, mengidentifikasi masalah-masalah, pola-pola solusi, dan mampu memberikan simulasi solusi terhadap permasalahan-permasalahan sejenis.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  • 7. Pertemuan 7. Sejarah Jepang Jaman Muromachi, Azuchi Momoyama dan Evaluasi

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi.  Pada pertemuan kali ini kita akan mengulas perjalanan sejarah Jepang Jaman Muromachi dan Azuchi Momoyama. Selain itu, pada pertemuan kali ini kita juga akan melalukan review dan evaluasi terkait materi-materi yang telah disampaikan dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya. 

    Target capaian dari pertemuan ini adalah mahasiswa mengerti, memahami sejarah Jepang Jaman Muromachi, mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan merumuskan simulasi solusi terhadap masalah-masalah yang terdapat dalam sejarah Jepang. 

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  • 8. Pertemuan 8. UJIAN TENGAH SEMESTER

    Ohayou gozaimasu. Pada pertemuan ke-8 ini kita melaksanakan UJIAN TENGAH SEMESTER. Simaklah materi dan beberapa ketentuan terkait pelaksanaan UTS.

    Jadwal UTS:

    UJIAN TENGAH SEMESTER NIHONSHI

    Kamis, 22 April 2021

    10.50 – 12.20 


  • 9. Pertemuan 9. Teori Psikologi Humanistik (Abraham Maslow)

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Pada pertemuan kali ini kita mempelajari bagaimana pemikiran-pemikiran Abraham Maslow tentang kepribadian, kebutuhan manusia. Pemikiran-pemikiran ini akan menjadi landasan berpikir, perspektif dalam kita menyimak bagaimana perjalanan sejarah Jepang di topik-topik bahasan selanjutnya.

    Target capaian dari topik bahasan ini adalah mahasiswa memahami pemikiran-pemikiran Abraham Maslow, mampu menggunakannya sebagai perspektif, landasan teori dalam mengidentifikasi masalah-masalah, memberikan eksplanasi terhadap fenomena-fenomena sejarah Jepang yang menjadi topik bahasan pada perkuliahan Nihonshi, serta mampu memberikan rumusan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang memiliki pola yang serupa.

    Pada pertemuan ke-9 ini kelas akan menggunakan metode ASINKRON, oleh karena itu, silahkan menyimak materi secara mandiri sesuai dengan guide yang telah ditentukan.

    Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar diberi kelancaran, kemudahan, dan kebermanfaatan.

    ttd

    Heri W.

  • 10. Pertemuan 10 Sejarah Jepang Jaman Edo

    Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Nihonshi. Pada pertemuan kali ini kita akan kembali menelaah dan berdiskusi bagaimna tentang pemikiran-pemikiran Abraham Maslow sebagai landasan perspektif dalam melihat, memahami, dan menulas permasalahan-permasalahan dalam sejarah Jepang yang akan kita bahas dalam kelas NIhonshi ini.

    Target capaian dari topik bahasan ini adalah mahasiswa mampu memahami pokok-pokok pemikiran Abraham Maslow, terutama tentang hirarki kebutuhan manusia dan menggunakannya sebagai perspekti dalam mengkaji dan memahami peristiwa-peristiwa sejarah Jepang.

    Pada pertemuan kali ini kelas akan menggunakan metode SINKRON. Silahkan bergabung di kelas melalui link Zoom Meeting tercantung di bawah ini.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

  • 11. Pertemuan 11. Sejarah Jepang Jaman Meiji (Meiji Jidai)

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi.  Pada pertemuan kali ini kita akan mengulas perjalanan sejarah Jepang Jaman Meiji.  Meiji Jidai dianggap sebagai jaman yang sangat penting bagi Jepang sebagai awalan menuju Jepang yang modern. Berbagai kebijakan yang revolusioner diberlakukan dengan masif dan cepat guna mengejar "ketertinggalan" dari peradaban "western"

    Target capaian dari pertemuan ini adalah mahasiswa mengerti, memahami sejarah Jepang Jaman Meiji, mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan merumuskan simulasi solusi terhadap masalah-masalah yang terdapat dalam sejarah Jepang dengan berlandaskan pada pemikiran-pemikiran  Antonio Gramsci dan Abraham Maslow.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd 

    Heri. W


  • 12. Pertemuan 12. Sejarah Jepang Jaman Taisho

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi.  Pada pertemuan kali ini kita akan mengulas perjalanan sejarah Jepang Jaman Taisho.  Meiji Jidai dianggap sebagai jaman yang sangat penting bagi Jepang dalam meletakkan landasan sebagai negara demokrasi

    Target capaian dari pertemuan ini adalah mahasiswa mengerti, memahami sejarah Jepang Jaman Taisho, mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan merumuskan simulasi solusi terhadap masalah-masalah yang terdapat dalam sejarah Jepang dengan berlandaskan pada pemikiran-pemikiran  Antonio Gramsci dan Abraham Maslow.

    Pada pertemuan ke-12 ini kelas akan menggunakan metode ASINKRON.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd 

    Heri. W


  • 13. Pertemuan 13. Sejarah Jepang Jaman Showa

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi.  Pada pertemuan kali ini kita akan mengulas perjalanan sejarah Jepang Jaman Showa.  

    Target capaian dari pertemuan ini adalah mahasiswa mengerti, memahami sejarah Jepang Jaman Showa, mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan merumuskan simulasi solusi terhadap masalah-masalah yang terdapat dalam sejarah Jepang dengan berlandaskan pada pemikiran-pemikiran  Antonio Gramsci dan Abraham Maslow.

    Pada pertemuan ke-13 ini kelas akan menggunakan metode SINKRON, oleh karena itu, silahkan bergabung ke dalam kelas virtual melalui link zoom meeting yang tertera berikut ini.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd 

    Heri. W


  • 14. Pertemuan 14. Sejarah Jepang Jaman Heisei

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihonshi.  Pada pertemuan kali ini kita akan mengulas perjalanan sejarah Jepang Jaman Heisei.  

    Target capaian dari pertemuan ini adalah mahasiswa mengerti, memahami sejarah Jepang Jaman Heisei, mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis, dan merumuskan simulasi solusi terhadap masalah-masalah yang terdapat dalam sejarah Jepang dengan berlandaskan pada pemikiran-pemikiran  Antonio Gramsci dan Abraham Maslow.

    Pada pertemuan ke-14 ini kelas akan menggunakan metode ASINKRON.

    Sebelum memulai proses, silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd 

    Heri. W


  • 15. Pertemuan 15. Case Based Learning

    Ohayou gozaimasu. Pada pertemuan ke-15 ini kelas akan menampilkan simulasi solusi atas suatu permasalahan hasil pemikiran mahasiswa tentang  masalah-masalah dalam sejarah Jepang dengan design solusi atas permasalahan tersebut. 

    Target Capaian pada pertemuan ke-15 ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan membuat design solusi terhadap masalah yang diangkat sebagai contoh kasus.

    Metode kelas yang digunakan dalam pertemuan ke-15 ini adalah SINKRON MAYA.

    Sebelum memulai proses pembelajaran, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo, M.A.

  • 16. Pertemuan 16. Ujian Akhir Semester

    Ohayou gozaimasu. Pada pertemuan ke-16 ini kita akan melaksanakan Ujian Akhir Semester. Silahkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diinstruksikan sebagai bentuk Ujian Tengah Semester