Weekly outline

  • Keperawatan Gerontik

    KEPERAWATAN GERONTIK (GERIATRIC OF NURSING)

    Bobot : 2 SKS

    Mata Kuliah ini merupakan Mata Kuliah terbuka dan belum dapat dialihkreditkan.

    Tim Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Pelita Harapan :

    1. Yakobus Siswadi, DNSc (yakobus.siswadi@uph.edu)
    2. Bima Adi Saputra, M.Kep (bima.saputra@uph.edu)

     

    Kebutuhan Spesifik :

    Tidak ada kebutuhan spesifik yang harus dipersiapkan untuk mengikuti matakuliah Keperawatan Gerontik

    Deskripsi Matakuliah :

    Fokus mata ajar keperawatan gerontik adalah membahas konsep dasar keperawatan gerontik, berbagai teori keperawatan gerontik dan asuhan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar lansia. Penerapannya pada asuhan keperawatan gerontik melingkupi pembahasan mengenai kebutuhan bio, psiko, social dan spiritual pada lanjut usia dengan sasaran individu, keluargadankelompok/komunitas.

    Pembahasan mata ajar ini meliputi teori dan praktikum laboratorium dalam pemenuhan kebutuhan klien lanjut usia dengan gangguan bio, psiko, social dan spiritual. Proses pembelajaran mata kuliah gerontik ini diarahkan agar mahasiswa memperoleh kemampuan dalam melakukan asuhan keperawatan yang meliputi melakukan pengkajian, menentukan diagnosa yang sesuai, merencanakan intervensi keperawatan, melakukan tindakan keperawatan di laboratorium dan melakukan evaluasi dan dokumentasi pada berbagai contoh kasus gangguan kebutuhan dasar lansia. Proses pembelajaran pada mata ajar ini dilakukan melalui teori dengan pendekatan Student C enter Learning (SCL) dan praktikum laboratorium

    Daftar Topik :

    1. Pengantar Keperawatan Gerontik
    2. Teori Penuaan dan Konsep Keperawatan Gerontik dalam  Perspektif Pandangan Kristen
    3. Perubahan Fisiologis pada Lansia
    4. Intervensi Keperawatan Sehubungan Perubahan
    5. Trend, Isu dan Mitos sehubungan dengan keperawatan Gerontik dan Lansia
    6. Program Nasional Berkaitan Dengan Lansia
    7. Prinsip-prinsip Etik dan Legal Keperawatan Gerontik
    8. Komunikasi pada Lansia
    9. Polifarmasi Pada Lansia
    10. Promkes, Pencegahan Resiko dan Pencegahan Penyakit
    11. Pengkajian Pada Lansia 
    12. (Katz Index, Barthel Index, Resiko Jatuh, SPMSQ, Skala Depresi)
    13. Gangguan: Penglihatan, Muskoloskeletal, Genito Uri dan Gastrointestinal
    14. Delerium, Depresi dan Dimensi

     

    Metode Belajar : 

    1. Belajar Mandiri  menggunakan materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mengikuti lab klinis dengan panduan form-form yang tersedia
    3. Melakukan refleksi, mengupload file refleksi ke LMS
    4. Diskusi Aktif melalui Forum Diskusi

     

  • Week-1A

    Pengantar Keperawatan Gerontik


    Mahasiswa diharapkan :

    1. Mampu mendiskripsikan Rencana pembelajaran matakuliah Keperawatan Gerontik

    2. Menjelaskan Konsep dasar keperawatan gerontik

    3. Menguraikan perkembangan keperawatan gerontik


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi dalam forum diskusi dengan memberikan tanggapan atas pertanyaan teman di LMS Moodle
    4. Membuat dan upload refleksi

  • Week-1B

    Teori Penuaan dan Konsep Keperawatan Gerontik dalam  Perspektif Pandangan Kristen 




          Mahasiswa mampu :

    1. Membedakan berbagai macam teori penuaan
    2. Menjelaskan konsep keperawatan gerontik dalam perspective pandangan Kristen.


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video 
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum dan menuliskan pandangan tentang keperawatan dari sudut pandang agama masing-masing
    4. Membuat dan upload refleksi

  • Week-2A

    Perubahan Fisiologis pada Lansia
    Intervensi Keperawatan Sehubungan Perubahan





          Mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi perubahan-perubahan bio-psiko-sosio-spiritual dan kultural yang lazim terjadi sehubungan proses penuaan
    2.  Mengidentifikasi intervensi keperawatan sehubungan dengan perubahan tersebut



    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video 
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum 
    4. Membuat paper tentang perubahan-perubahan fisiologis, masalah keperawatan dan rencana keperawatan  sehubungan dengan proses penuaan
    5. Membuat dan upload refleksi
    6. Mengerjakan kuis di moodle 

  • Week-2B

    Trend, Isu dan Mitos sehubungan dengan keperawatan Gerontik dan Lansia



         Mahasiswa diharapkan untuk mampu:

    1. Menjelaskan trend dan isu keperawatan sehubungan dengan keperawatan gerontik.
    2. Mengidentifikasi mitos-mitos sehubungan dengan lansia


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video 
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum 
    4. Mengidentifikasi mitos-mitos yang ada di sekeliling saudara dan bagaimana hal ini mempengaruhi pelayanan kesehatan atau keperawatan(tugas indiv) silahkan upload tugas pada tempat yang tersedia
    5. Membuat dan upload refleksi

  • Week-3A

    Program Nasional Berkaitan Dengan Lansia



           Mahasiswa diharapkan untuk mampu menjelaskan program nasional lansia 


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video 
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum 
    4. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    5. Mengerjakan kuis sesuai dengan waktu yang tersedia (kuis dibuka mulai pukul 05:00 - 22:00, 20 September 2019).
    6. Membuat dan upload refleksi


  • Week-3B

    Prinsip-prinsip Etik dan Legal Keperawatan Gerontik



          Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan prinsip etik dan legal


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan-bahan bacaan dan buku
    3. Mengerjakan tugas individu 
    4. Berpartisipasi aktif dalam forum
    5. Membuat dan upload refleksi

  • Week-4A

    Komunikasi pada Lansia



           Mahasiswa diharapkan dapat memahami komunikasi yang baik dan benar terhadap klien lansia.



    1. Menpelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum
    4. Menganalisa secara kelompok komunikasi yang baik dan benar pada lansia (case study video)
    5. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    6. Membuat dan upload refleksi


  • Week-4B (MID TEST)


    Mahasiswa mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS)  dengan mengerjakan soal UTS yang tersedia. Pastikan anda semua mengerjakan semua soal-soal ujian sesuai dengan waktu yang tersedia.

    Kriteria kelulusan UTS : mahasiswa mampu mencapai nilai minimal berada pada kategori batas lulus 70 pada UTS

  • Week-5A

    Polifarmasi Pada Lansia



          Mahasiswa diharapkan untuk mampu:

    1. Mengidentifikasi factor yg berperan terhadap penggunaan obat.
    2. Menjelaskan perubahan fisiologis terhadap   farmakokinetik obat
    3. Menjelaskan dampak pengobatan pada lanisa
    4. Menjelasakan penatalaksanaan polifarmasi



    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum berdasarkan kasus
    4. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    5. Membuat dan upload refleksi


  • Week-5B

    Promkes, Pencegahan Resiko dan Pencegahan Penyakit



          Mahasiswa mampu Promosi kesehatan,  pencegahan resiko dan pencegahan penyakit


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum
    4. Membuat SAP (kelompok) tentang satu topik promosi kesehatan (Tugas Kelompak)
    5. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    6. Membuat dan upload refleksi


  • Week-6A

    Pengkajian Pada Lansia 

    (Katz Index, Barthel Index, Resiko Jatuh, SPMSQ, Skala Depresi)



          Mahasiswa diharapkan untuk mampu:

    1. Melakukan pengkajian pengkajian umum dan khusus pada kasus gerontik.
    2. Menentukan data senjang
    3. Merumuskan masalah keperawatan


    1. Menpelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum
    4. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    5. Latihan melakukan pengkajian pada lansia mengunakan instrumen pengkajian lansia (Case study percakapan, submit tugas)
    6. Mengerjakan quiz di moodle (Week  11)
    7. Membuat dan upload refleksi

  • Week-6B

    Gangguan: Penglihatan, Muskoloskeletal, Genitourinary dan Gastrointestinal



    Mahasiswa diharapkan dapat menyusun rencana tindakan keperawatan yang sesuai dengan masalah patologis pada lansia


    1. Mempelajari Materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum
    4. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    5. Membuat dan upload refleksi



  • Week-7A

    Delerium, Depresi dan Dimensi



    Mahasiswa diharapkan dapat menyusun rencana tindakan keperawatan yang sesuai dengan masalah kognitive dan pskilogi

    1. Mempelajari materi dalam bentuk video
    2. Membaca bahan bacaan/buku
    3. Berpartisipasi aktif dalam forum
    4. Mengerjakan quiz di moodle 
    5. Membuat rangkuman materi perkuliahan
    6. Membuat dan upload refleksi


  • Evaluasi Mata Kuliah

    Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa/i yang telah berpartisipasi dalam pembelajaran bersama UPH melalui SPADA. Kami berusaha memfasilitasi mahasiswa/i untuk mendapatkan pengetahuan terbaik.  

    Oleh karena itu, kami mengharapkan mahasiswa/i dapat mengisi evaluasi mengenai mata kuliah yang telah dipilih, dengan menjawab beberapa poin pertanyaan berikutHasil evaluasiakan dijaga kerahasiaannya. Evaluasi ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk menyelesaikannya.  

    Silakan mengisi evaluasi pada link berikut: 

    Terima kasih untuk partisipasi anda.