• General

    banner


    Eveline Siregar

    DOSEN PENGAMPU:

    Dr. Eveline Siregar, M.Pd

    TIM PENGEMBANG:

    Achmad Nur Fauzan

    DESKRIPSI MATA KULIAH:

    Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi).  Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang  pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis).  Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH (CPMK)

    1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan

    2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan

    3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya

    4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan

    5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.

    6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan

    7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.

    8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan

    9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan

    10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan

    11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya

    12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang


Previous section
PERTEMUAN 12
Next section
Proses, Sumber dan Sistem