PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Psikologi Pendidikan secara keseluruhan diharapkan mahasiswa mampu mengetahui, memahami, menguasai, menganalisis konsep dasar, teori-teori dalam psikologi
pendidikan.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan teori dan praktek pengembangan multimedia pembelajaran mulai dari konsep dasar, prinsip-prinsip, sampai pada langkah-langkah pengembangannya. Rangkaian materi pada mata kuliah multimedia pembelajaran bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pengembangan maupun pemanfaatan multimedia pembelajaran. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan metode flipped classroom yang merupakan salah satu jenis blended learning dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa program multimedia pembelajaran berbasis Android menggunakan aplikasi Smart Apps Creator yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.
T & P DATABASE MANAGEMENT SYSTEM
Mata kuliah Database Managament System mempelajari tentang dasar-dasar Database
T&P PEMROGRAMAN APLIKASI WEB I
Mata kuliah Teori dan Praktek Pemrograman Web I mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman web, dengan materi di dalamnya adalah HTML dan CSS
Pengantar Teknologi Pendidikan
Pengantar Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu: Dr. Zainal Abidin Arief, M.Sc
Media Pembelajaran dan TI
Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dasar dan peran media
pembelajaran abad 21 (Era 4.0), fungsi dan manfaat media, jenis-jenis dan
klasifikasi media, syarat-syarat pemilihan media pembelajaran, pengembangan
media dan aplikasi sesuai kebutuhan, serta cara mengevaluasi media pembelajaran.
Teknologi Pendidikan
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah Peran Keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keilmuan implementasi Teknologi Pendidikan. Peran Teknologi Pendidikan merupakan implementasi yang mendasari pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik. Secara teoritis Peran pengembangan teknologi pendidikan berdasarkan keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis dan praktis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan. Topik-topik yang diajarkan pada mata kuliah ini meliputi: Pengenalan Profesi TEP melalui berbagai kasus, emerankan TEP melalui Proyek keilmuan untuk membantu masyarakat, Kode Etik Profesi Teknologi Pendidikan, Peran Kode Etik bagi profesi dan keilmuan TEP, Lembaga Profesi yang menaungi keilmuan TEP, Peran-peran TEP dalam berbagai sisi kehidupan.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki kemampuan membuat desain media, teknologi, dan produk desain instruksional berdasarkan prinsip pembelajaran dan praktik serta membuat keputusan profesional dalam memilih proses dan sumber daya yang tepat untuk memberikan kondisi yang optimal untuk belajar berdasarkan prinsip, teori, dan praktik yang efektif.
- Mahasiswa memiliki sikap dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam menghargai keilmuan pengelolaan pembelajaran, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif.
- Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan keragaman pebelajar dan lingkungan yang multikultural.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menetapkan mekanisme dalam menjaga infrastruktur teknologi, mengelola lingkungan belajar untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja serta memberdayakan keberagaman karakteristik pebelajar.
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.
- Jonassen. 2001. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
- Jonassen. 2004. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
- Praherdhiono,et.al. 2019. Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang
- Praherdhiono,et.al. 2018. Komunitas Blended Learning.https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING
- Praherdhiono,et.al. 2018. Konstruksi Internet Sehat melalui Pemberdayaan Guru dengan Teknologi Jejaring Pembelajaran. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Praherdhiono, et.al. 2017.Teknologi Pada Media Pembelajaran. http://www.academia.edu/33311004/TEKNOLOGI_PADA_MEDIA_PEMBELAJARAN
- Praherdhiono, et.al. 2017. Pembelajaran Berbasis Komputer. Academia. Retrieved from https://www. academia. edu/33916075/Pembelajaran_Berbasis_Komputer
- Praherdhiono, et.al. 2020. Pendekatan Heutagogy Pada Pengembangan Sumber Belajar Digital Di Bidang Vokasi
Media Pembelajaran/Multimedia
Media Pembelajaran
Dosen Pengampu : Dr (Cand) Yeni Raini, M.Pd
Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan
Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan
Dosen Pengampu Dr. Umi Fatonah, M.Pd
Pengembangan Media Fotografi
Pembelajaran Online
Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan teori dan praktek pengembangan pembelajaran online mulai dari konsep dasar, pengelolaan pengetahuan melalui E-learning (knowledge management), apersepsi E-learning, instalasi, pengaturan dan editing LMS (Learning Management System) sampai pada proses evaluasi pembelajaran online. Rangkaian materi pada mata kuliah pembelajaran online/e-learning bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pelaksanaan pembelajaran online/e-learning. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan metode flipped classroom yang merupakan salah satu jenis blended learning dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Pada metode flipped classroom ini mahasiswa secara mandiri mempelajari keseluruhan materi yang tersedia di LMS SYAMOK kemudian pada pertemuan tatap muka akan dikonfirmasi melalui diskusi dan tanya jawab dengan tim dosen pengampu. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa e-learning yang dikembangkan menggunakan beberapa LMS platform berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.
Belajar dan Pembelajaran
Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B13-B13
Deskripsi:
Konsep dasar belajar dan pembelajaran, ragam teori belajar serta implikasinya dalam menentukan aktivitas pembelajaran, karakteristik tiap teori beserta analisa pemilihan teori dan pendekatan belajar, komponen pembelajaran dan analisa kebutuhan dalam pembelajaran, serta ragam teori pembelajaran serta strategi implementasinya.
Pendekatan belajar yang digunakan melibatkan pembelajaran berorientasi pada pengalaman nyata dan penyelesaian masalah pembelajaran dilingkungan kegiatan pendidikan. Materi dan pengalaman belajar dirancang untuk melibatkan mahasiswa lebih aktif dalam berkontribusi menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan pendidik secara umum.
Mahasiswa pada akhirnya dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan hasil kegiatan analisis dari aspek karakteristik peserta didik, landasan pendidikan dalam bingkai budaya Indonesia dan konteks kehidupan global yang beradab, teori belajar dan praktik pembelajaran, dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara bertanggungjawab, dengan memperhatikan tata cara dan etika ilmiah, melalui pemikiran logis, kritis, antisipatif, kreatif, inovatif, dan fleksibel.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar (prinsip dan hukum dasar) berdasarkan paradigma terkemuka.
- Mahasiswa mampu menganalisis secara detail bagian-bagian (ranah) dalam keilmuan pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait.
Daftar Pustaka:
- 4. Dahar, R. W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti.
- Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds..). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group)
- 2. Arends, R. Learning to Teach. McGraw-Hill Higher Education.
- 3. Budiningsih, C. A. Teori Belajar dan Pembelajaran.
- 5. Degeng, I N. S. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup
- 6. Dwiyogo, W. D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Jakarta: Rajawali.
- 7. Gredler, M. Learning and Insrtuction (Theory and Practice).
- 8. Hitipeuw, I. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
- 9. Joyce, B; M. Weil, & Calhoun, E. Models of Teaching (8th edition).
- 10. Mayer, R. E. Handbook of Research on Learning and Instruction (Educational Psychology Handbook Series).
- 11. Schunk, D. H.. Learning Theories. An Educational Perspective. Sixth Edition. Pearson Ed.
- 12. Slavin, R. E. Educational Psychology: Theory and Practice (8th edition).
- 13. Uno, H. B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.
EVALUASI KURIKULUM
Mata
kuliah ini membahas mengenai pengertian evaluasi kurikulum/kurikulum dan
konsekuensinya terhadap pekerjaan evaluasi, tujuan evaluasi, status evaluasi
sebagai area of inquiry dan pekerjaan profesional, etika dan persyaratan
evaluator, prosedur umum, model evaluasi beserta penerapan penggunaan model
tersebut.
Difusi dan Inovasi Pendidikan
Mata kuliah ini membahas tentang inovasi pendidikan, yang diawali dengan gambaran perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat,yang dilanjutkan dengan konsep inovasi, konsep pendidikan, dan hakikat inovasi pendidikan, difusi inovasi, proses keputusan inovasi,agen pembaharu, hambatan difusi inovasi, inovasi dalam organisasi, dan model-model inovasi pendidikan
Pembelajaran Berbasis Online
Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A20-TEP
Deskripsi:
Matakuliah media pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan media dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola media pembelajaran dengan efektif. Media pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis online sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran
- Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek pembelajaran berbasis online untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.
- Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.
- Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi pembelajaran berbasis online.
Daftar Pustaka:
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.
- Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge
- Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology..
- Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.