Profil Mata Kuliah
Salam Pembuka
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat datang para mahasiswa dan mahasiswi jurusan Informatika, peserta matakuliah Pemrograman Mobile, selama 1 semester kita akan belajar secara daring menggunakan metode sinkronus dan asinkronus. Selamat mengikuti kuliah daring, semoga selalu sehat dan tetap semangat.Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Erma Susanti, S.Kom, M.Cs
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep pemrograman mobile, yang meliputi: 1) Pengenalan pemrograman mobile dan lingkungan pengembangannya, 2) Komponen-komponen dasar aplikasi Android , 3) Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna (UI dan UX), 4) Bekerja dengan Background Task, 5) Penyimpanan data eksternal dan internal, 6) Penyimpanan Data Cloud dengan Firebase. Pelaksanaan kuliah dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, simulasi dan demo live coding dengan video tutorial, quiz interaktif, penugasan proyek, pembuatan proyek akhir, demo showcase, dan presentasi, serta praktikum virtual.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep-konsep dasar dalam pemrograman mobile, mempraktekkan pembuatan aplikasi mobile, menghubungkan aplikasi mobile dengan database internal dan eksternal, serta mengimplementasikan pemrograman mobile dengan membuat proyek aplikasi mobile.
Peta Pembelajaran
Struktur Pelaksanaan
Struktur pelaksanaan mata kuliah Pemrograman Mobile selama 1 semester diharapkan semua mahasiswa dapat:
- Mengikuti komunikasi chat melalui group wa mata kuliah Pemrograman Mobile yang telah dibuat oleh Jurusan Informatika
- Mengikuti pertemuan virtual yang diadakan oleh dosen pengampu melalui zoom meeting/google meet/tool conference lainnya
- Mengikuti LMS dan berpartisipasi secara aktif mengikuti topik yang ada tiap pertemuan dan mengerjakan penugasan yang ada
- Mahasiswa wajib mempelajari materi sebelum sesi pertemuan virtual diadakan
- Mahasiswa mengumpulkan penugasan tepat waktu
- Mahasiswa wajib mengikuti UTS dan UAS sesuai dengan jadwal
Model Assessment
Pelaksanaan kuliah dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, simulasi dan demo live coding dengan video tutorial, quiz interaktif, penugasan proyek, pembuatan proyek akhir, demo showcase, dan presentasi, serta praktikum virtual. Tugas terdiri atas penugasan pembuatan proyek sesuai topik, pembuatan proyek akhir, quiz interaktif dan responsi praktikum virtual.
Assesment dilakukan berdasarkan:
- Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan
- Kehadiran mahasiswa pada kuliah virtual
- Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
- Mengerjakan semua penugasan baik itu latihan dan tugas-tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan
- Mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester sesuai dengan yang telah dijadwalkan.
- Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan
Bobot Penilaian
Komponen Penilaian:
1. Penugasan 20%
2. Praktikum (Tugas 4) 20%
3. Nilai UTS & UAS 50%
4. Presensi 10%Skema Penilaian:
Nilai 80-100 : A
Nilai 75-79.99 : A-
Nilai 70-74.99 : B+
Nilai 65-69.99 : B
Nilai 60-64.99 : B-
Nilai 55-59.99 : C+
Nilai 50-54.99 : C
Nilai 40-49.99 : D
Nilai 1-39.99 : EIdentitas Dosen
Erma Susanti, S.Kom, M.Cs meluluskan studi S2 di Magister Ilmu Komputer, UGM pada tahun 2014. Selanjutnya mengajar di Prodi Informatika, IST AKPRIND Yogyakarta. Selain mengajar, juga aktif di berbagai kegiatan profesional, menjadi fasilitator Google Developers Kejar dan menjadi narasumber di beberapa kegiatan yang berhubungan dengan dunia mobile apps developer.
Kontak
email: erma@akprind.ac.id
web: http://ermaweb.com/
linkedin: https://www.linkedin.com/in/erma-susanti/
repository: https://github.com/eryzha
google scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=RV-frlEAAAAJ&hl=id
sinta: https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=152270&view=overviewBeasiswa, Sertifikasi, & Coding Course
Beasiswa Google FDP (Faculty Development Program) 2018
Sertifikasi Kompetensi BNSP Programmer
Dicoding, Belajar Fundamental Aplikasi Android (Level Menengah)
Dicoding, Membangun Progressive Web Apps (Level Menengah)
Dicoding, Menjadi Azure Cloud Developer (Level Menengah)
Dicoding, Menjadi AWS Solutions Architect Associate (Level Menengah)
Dicoding, Kotlin Android Developer Expert (Level Mahir)
Dicoding, Belajar Android Jetpack Pro (Level Mahir)
Dicoding, Menjadi Flutter Developer Expert (Level Mahir)Pemanfaatan Sinkronus
Pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan 2 pendekatan:
1. Sinkronus: interaksi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa dilakukan pada waktu yang bersamaan, menggunakan teknologi video conference menggunakan zoom/google meet/tools lain dan chatting melalui group wa mata kuliah.
2. Asinkronus: interaksi pembelajaran dilakukan secara fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang sama, belajar mandiri/penugasan mahasiswa dilakukan melalui LMS ini.Video berikut merupakan sedikit preview kegiatan Google Developers Kejar & Google Faculty Training yang pernah saya ikuti dari hasil belajar Pemrograman Mobile dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan developer. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk lebih aktif belajar dan memperluas pengetahuan agar bisa mencapai cita-cita.
Berikut buku ajar interaktif berbentuk flipbook sebagai acuan untuk mempelajari pokok bahasan Pemrograman Mobile selama 1 semester ini. Flipbook dapat dilihat secara online melalui link url di atas atau juga dapat mengunduh versi offline berbentuk flash berikut.
Buka Flipbook Online klik disini (pelajari lewat browser)
Download Flipbook Offline (file swf) klik disini (untuk membuka file swf bisa menginstal flash player)
Selain buku ajar utama tersebut, referensi buku-buku dari sumber belajar eksternal berikut juga dapat dipelajari.
1. Android Developer Fundamental Version 2, https://developer.android.com/courses/fundamentals-training/overview-v2
2. Google Developer Training Team, Practical Workbook, Android Developer Fundamentals Course Learn to develop Android Applications, https://google-developer-training.github.io/android-developer-fundamentals-course-concepts/idn/android-developer-fundamentals-course-concepts-idn.pdf , 2016
3. Dawn Griffiths & David Griffiths, Head First Android Development, 2nd Edition, O’Reilly Media, Inc, 2017
4. Neil Smyth, Android Studio Development Essentials – Android 7 Edition, https://www.ebookfrenzy.com/pdf_previews/AndroidStudioEssentialsA7Preview.pdf , 2016- Berikut silabus (RPS - Rencana Pembelajaran Semester) mata kuliah Pemrograman Mobile
Jadwal Tatap Muka Sinkronus via Daring
Jadwal hari dan tanggal pelaksanaan tatap muka akan diinformasikan melalui lms atau group wa mata kuliah. Akses kuliah daring melalui zoom meeting yang dapat diakses melalui link berikut:
https://us02web.zoom.us/j/84172476930
Meeting ID: 841 7247 6930
Passcode: 425307