Topic outline
Topik 1 : Pengantar Mata Kuliah dan Kontrak Kuliah
Mata kuliah Pengantar Karawitanologi akan membekali mahasiswa berupa pengetahuan dasar tentang ilmu karawitan atau karawitanologi. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai komptensi dasar untuk mendefinisikan, mengklasifikasikan, membandingkan, menganalisis dan menjelaskan ruang lingkup keilmuan karawitan. Ruang lingkup mata kuliah ini difokuskan pada aspek musikal dan ekstra-musikal dalam seni karawitan, mencakup organologi gamelan, gending (komposisi musikal), pengrawit (musisi karawitan), sistem pelarasan pentatonis slendro-pelog, dan pertumbuhan ragam genre dan gaya karawitan.
Topik 2 : Definisi, Kajian, dan Tokoh-tokoh Pemikir Karawitanologi
Materi Pembelajaran : Definisi konsep karawitan dan karawitanologi, sejarah perkembangan keilmuan karawitanologi dan tokoh-tokoh pemikir karawitanologi
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu mendefiniskan serta memahami karawitanologi, mengenal tokoh-tokoh utama dalam perkembangan pengkajian dan/ atau penciptaan seni karawitan serta memahami hasil-hasil pemikirannya.
Tatap Muka Ke-2 : Mahasiswa menyaksikan video presentasi berjudul "Karawitanologi dan Sejarah Keilmuannya", dan Mengerjakan Kuis
Topik 3 : Kategori dan Klasifikasi Instrumen Berdasarkan Bahan, Bentuk, dan Jenis Ansambel Karawitan
Materi Pembelejaran : Klasifikasi bentuk, peran, dan fungsi instrumen karawitan secara umum dan organologi gamelan Jawa secara khusus
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu mengelompokkan dan mengklasifikasikan instumen gamelan dan sejenisnya berdasarkan bahan, bentuk, dan ragam ansambel karawitan.
Deskripsi Singkat Video : Pada video di bawah ini, akan diperkenalkan mengenai keragaman instrumen karawitan yang dikelompokkan dan diklasifikasikan berdasarkan bahan, bentuk, dan jenis ansambel karawitan yang keberadaannya juga memiliki kaitan erat dengan kondisi alam, sosial, dan kultural masyarakat penunjangnya. Pada bagian ini, juga akan diperkenalkan mengenai ragam musik vokal dalam karawitan Jawa.
Tatap Muka Ke-3 :
1. Mahasiswa menyaksikan Video Presentasi berjudul "Klasifikasi Instumen Bambu, Kulit, dan Kayu";
2. Mahasiswa menyaksikan Video Presentasi berjudul "Klasifikasi Instrumen Logam dan Vokal"
3. Mengerjakan kuis
Topik 4 : Pelarasan Gamelan
Materi Pembelajaran : Pelarasan Gamelan
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan sistem pelarasan gamelan pada karawitan Jawa
Tatap muka Ke-4 : Mahasiswa menyaksikan video presentasi berjudul "Tuning System Gamelan"
Tatap muka Ke-5 :
1. Diskusi via Video Conference
2. Mengerjakan kuis
Topik 5 : Klasifikasi dan Kualifikasi Perangkat Gamelan Berdasarkan Bahan, Bentuk, Tata Letak, dan Fungsi Musikal
Materi Pembelajaran : Klasifikasi dan kualifikasi perangkat instrumen gamelan berdasarkan bahan, bentuk, tata letak, dan fungsi musikal
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu menjelaskan kelengkapan perangkat instrumen gamelan Jawa melalui mengklasifikasikan dan mengkualifikasikannya berdasarkan bahan, bentuk, tata letak, dan fungsi musikal
Tatap Muka ke-6 : Membaca handout berjudul Klasifikasi Gamelan dan Mengenal Gamelan Ageng
Tatap Muka ke-7 : Membaca handout berjudul Gamelan Pakurmatan dan latihan soal
Ujian Tengah Semester
Indikator CP-MK : Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuannya untuk mengklasifikasi dan mengkualifikasi perangkat instrumen gamelan melalui pengamatan langsung
Tatap Muka Ke-8
Bentuk Test : Model singkron-tatap muka daring via video converence - Menyusun klasifikasi dan kualifikasi perangkat instrumen gamelan berdasarkan bahan, bentuk, dan laras dari dua bentuk penyajian karawitan yang ditayangkan oleh pengajar
Topik 6 : Proses Pembuatan gamelan
Materi Pembelajaran : Pelarasan Gamelan
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu menjelaskan proses pembuatan ragam instrumen gamelan dari tahap pemilihan bahan, proses pembuatan, hingga cara pelarasan
Tatap Muka ke-9 : Video Presentasi "Proses Pembuatan Gamelan Berbagan Logam"
Tatap Muka ke-10 : Mengerjakan Kuis
Topik 7 : Bentuk dan Struktur Gendhing Karawitan
Materi Pembelajaran : Definisi, wujud, dan fungsi gending (kompoisi musikal tradisi) dalam karawitan Jawa
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu mendefinisikan dan menjelaskan bentuk dan struktur gending beserta konsep-konsep penyajiannya.
Tatap Muka 11 : Menyaksikan video presentasi berjudul "Gendhing dan Konsep Penyajian"
Tatap Muka 12 : Menyaksikan video presentasi berjudul "Gendhing dan Konsep Penyajian"
Tatap Muka 13 : Mengerjakan Kuis
Topik 8 : Tiga Empu Pilar Kehidupan Karawitan
Materi Pembelajaran : Perkembangan gaya-gaya karawitan di Jawa
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan dan peran empu karawitan terhadap kehidupan karawitan melalui membaca handout berjudul: "Tiga Empu Pilar Kehidupan Karawitan Gaya Surakarta Pasca Kemerdekan"
Tatap Muka Ke-14 : Membaca dan memahami handout berjudul "Tiga Empu Pilar Kehidupa Karawitan Gaya Surakarta Pasca Kemerdekaan" dan mengerjakan kuis
- Empu Karawitan adalah orang yang memiliki keahlian mumpuni sebagai pengrawit (musisi), kreatif dalam pengembangan/pembaharuan, berwawasan luas, inovatif serta peka terhadap fenomena sosial, seni dan budaya.
- Dalam kehidupan Karawitan Jawa, Empu Karawitan menjadi sosok yang diidolakan, dikagumi, diposisikan sebagai sumber pengetahuan Karawitan dan menjadi pemimpin atas pergerakan kreatif dalam dunia Karawitan Jawa.
- Oleh karena itulah, maka pembahasan mengenai Empu Karawitan Jawa menjadi bagian penting dari tumbuhnya Ilmu Karawitan (Karawitanologi)
Topik 9: Genre-Genre Karawitan Tradisi dan Gaya Baru
Materi Pembelajaran : Perkembangan gaya-gaya karawitan di Jawa
Sub-CP MK : Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan genre-genre karawitan tradisi dan gaya baru berdasarkan kecendurungan gagasan seniman, sarana garap, dan bentuk vokabuler garap
Tatap Muka Ke-15 : Menyaksikan video presentasi berjudul "Perkembangan Gaya Karawitan" dan mengerjakan kuis
Ujian Akhir Semester
Indikator CPMK : Mahasiswa mampu melakukan pengamatan, menganalisa, dan mendeskripsikan berbagai ragam fenomena musikal dan ekstra musikal dalam kehidupan musik karawitan melalui pendekatan karawitanologi
Tatap Muka Ke-16
Bentuk test : model asinkron - penugasan tersruktur dan mandiri mengamati menganalisa, dan mendeskripsikan tentang (1) tokoh karawitan tradisi / kontemporer, (2) organologi gamelan, dan (3) konsep dan sajian gendhing dalam bentuk essay. Tiga materi penugasan tersebut akan diundi secara acak, mahasiswa mengerjakan sesuai hasil undian yang diperoleh.