• General

  • PERTEMUAN 11, DESAIN PENELITIAN EKSPERIMEN

    Selamat Berjumpa dalam Pembelajaran e-learning

    Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu.  Pertemuan kali ini mengkaji tentang Desain Penelitian Eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian dimana peneliti dengan sengaja memberikan suatu perlakuan atau intervensi (variabel bebas) kepada subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tersebut terhadap variabel terikat (variabel yang diteliti). Faktor penelitian dalam eksperimen lazim disebut perlakuan (treatment), atau intervensi. Unit eksperimen, unit pengamatan, dan unit analisis dalam eksperimen dapat merupakan individu atau agregat individu (kelompok).

    Jenis penelitian eksperimen terbagi menjadi 3 yaitu desain pra-eksperimental yaitu rancangan penelitian eksperimen yang dirancang dengan hanya mempunyai sedikit saja ciri-ciri suatu desain percobaan, kedua yaitu desain eksperimental semu, yaitu desain penelitian percobaan yang mengandung sebagian besar ciri-ciri penelitian eksperimen, dan desain eksperimen murni (sebenarnya), yaitu desain percobaan yang mempunyai ciri-ciri lengkap yang diperlukan dalam suatu percobaan.

    Beberapa desain eksperimen semu antara lain one shot case study, satu kelompok pretest- posttest, dan Intact -Group Comparison. Desain eksperimental semu yang sering dipakai antara lain rangkaian berkala (time -series design) dan non equivalent control group design, sedangkan desain eksperimen murni yang banyak digunakan antara lain: randomized block design, Randomized complete block design, dan randomized control group pretest-posttest.

    Sub Capaian Pembelajaran

    Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat membedakan desain rancangan penelitian dalam penelitian eksperimen. 

    Materi Pokok

    1. Pengertian Penelitian Eksperimen
    2. Ciri dan Prinsip Desain Eksperimen
    3. Kelebihan dan Kelemahan Desain Percobaan

PERTEMUAN 10, VALIDITAS DAN RELIABILITASPERTEMUAN 12, PENELITIAN TINDAKAN KELAS