Bioteknologi
Salam jumpa mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA di manapun Anda berada. Selamat Datang di Mata Kuliah Bioteknologi dengan kode mata kuliah: 3516321526. Mata kuliah ini merupakan program pembelajaran daring kolaboratif antara Universitas ivet dengan Universitas Pancasakti Tegal. Pada mata kuliah ini, Anda akan diajak untuk sama-sama mempelajari materi pokok mulai dari prinsip dan pengembangan bioteknologi dari massa ke massa; sustainable development goals (SDGs); bioteknologi di berbagai bidang kehidupan, antara lain yaitu: farmasi dan kedokteran; pertanian; pangan dan gizi; lingkungan; dan energi; serta masalah-masalah dalam bioteknologi yang berkaitan dengan agama, etika dan sosial budaya. Pada perkuliahan ini anda akan diminta untuk Menyusun sebuah proyek kelompok terkait Bioteknologi yang dikaitkan dengan Sustainable development goals (SDGs). Anda juga akan diajak untuk mempelajari beberapa materi pengayaan yang akan kami tautkan dengan video pembelajaran atau sumber belajar lainnya yang relevan dengan materi konsep esensial yang dibahas pada setiap sesi. Untuk itu, silakan Anda mengikuti setiap aktivitas yang telah kami sediakan. Semoga Anda diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti seluruh rangkaian aktivitas Perkuliahan Daring Kolaboratif ini. Sukses selalu untuk kita semua.
Entomologi
Selamat Datang di Perkuliahan Online Mata Kuliah Entomologi.
CPMK Mata kuliah ini mengkaji tentang dunia serangga ditinjau dari segi Morfologi, Anatomi Fisiologi Serangga, Ekologi Serangga, dan Patologi Serangga.
Bio Enterprenuer, Plant Art, Ilmu Gizi
Biokonservasi
Mata kuliah ini membahas mengenai kenekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan, komponen-komponen biodiversitas, distribusi, manfaat, permasalahan dan ancaman konservasi biodiveritas di Indonesia, faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan dan kepunahan serta metodologi untuk menganalisis permasalahan tersebut bentuk dana langkah dalam pengelolaan dan pelestariannya.
|
Mikroteknik
GENETIKA MOLEKULER
Mata kuliah ini berisi kajian tentang perkembangan
genetika, materi genetik pada seluruh kelompok
makhluk hidup, reproduksi materi genetik pada seluruh
kelompok makhluk hidup, kesetaraan hukum Mendel pada reproduksi sel meiosis, pola pewarisan sifat
di dalam inti sel, pola pewarisan Mendel, modifikasi Mendel,
dan kerja materi genetik.
EVALUASI HASIL & PROSES BELAJAR
Mata Kuliah Evaluasi hasil dan Proses Belajar adalah salah satu Mata Kuliah Wajib dengan jumlah 3 SKS di Program Studi Pendidikan Biologi dengan Kode Mata kuliah KPBIO 46338.
Mata Kuliah Evaluasi Hasil dan Proses Belajar adalah salah satu matakuliah yang mengasah kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan seorang guru melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Melalui evaluasi hasil dan proses belajar dapat diketahui berhasil tidaknya suatu kegiatan pembelajaran, informasi ini sangat penting bagi guru agar dapat membuat keputusan dan perencanaan selanjutnya sebagai tindak lanjut evaluasi tersebut (apakah melakukan pengayaan, remedial, atau melanjutkan kegiatan pada topik berikutnya).
Dalam mata kuliah ini, akan dibahas materi pengantar evaluasi pembelajaran dan penilaian, dan instrumen evaluasi pembelajaran khususnya instrumen kognitif (tes), afektif dan psikomotor. Selain itu, juga dilakukan analisis tentang item-butir soal mencakup Daya pembeda, Tingkat kesukaran, validitas, dan realiabilitas.
BIOLOGI DASAR II
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep sel dan teori sel, struktur
dan fungsi sel, fisiologi sel, siklus sel, potensi sel; DNA sampai ekspresi
dan regulasi gen, genetika seks dan genetika sel, mikroorganisme
(bakteri, mikrofungi, dan virus) beserta
kebutuhan nutrisi dan pertumbuhannya.
FISIOLOGI TUMBUHAN
Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan ini membahas: Hubungan
Sel Tumbuhan dengan air, Hubungan Akar, Tanah dan mekanisme penyerapan
pada tumbuhan, Nutrisi Tumbuhan dan Mekanisme penyerapan hara anorganik,
Proses Konservasi Energy dalam Fotosintesis, Respirasi pada Tumbuhan,
Proses asimilasi Nitrogen, Proses Pembentukan Metabolit Sekunder,
Keterkaitan Asimilasi Carbon Dan Nitrogen Dengan Produktivitas Tanaman,
Hormone Tumbuhan, Respons Tumbuhan Terhadap Stress Lingkungan, Gerak Tropisme dan Nastic Pada Tumbuhan, Proses Fisiologi pada Pembungaan dan Pembentukan Buah.
EKOLOGI
Melalui mata kuliah ekologi mahasiswa diharapkan dapat menentukan, mengestimasi serta menghitung populasi, aliran energi, siklus materi dalam ekosistem baik di lapangan maupun di laboratorium dengan menggunakan pemodelan dan pendekatan tertentu. Dengan demikian mata kuliah Ekologi memberi manfaat bagi mahasiswa dalam memahami interaksi organisme dengan lingkungan biotik maupun abiotik. Interaksi antara organisme dengan lingkungannya ini menggambarkan tatanan organisme dengan faktor-faktor lingkungannya. Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan membelajarkan konsep-konsep ekologi di sekolah, serta mengaplikasikan konsep-konsep ekologi dalam kehidupan sehari-hari.
Biologi Konservasi
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI
Mata kuliah Biologi Konservasi merupakan mata kuliah wajib 2 SKS teori yang diambil pada semester 6 di Universitas Ahmad Dahlan. Mata kuliah ini mempelajari konsep tingkat keanekaragaman hayati, strategi konservasi, keterlibatan multi-stakeholder, dan teknologi pendukung dalam kegiatan monitoring kawasan konservasi dan promosi ekowisata. Mata kuliah ini akan disampaikan pada semester genap dalam 16 pertemuan termasuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Persyaratan untuk mengikuti perkuliahan ini adalah mahasiswa sudah menyelesaikan mata kuliah dasar ekologi. Mata kuliah ini dilakukan dengan metode flipped class room menggunakan LMS Spada Indonesia dan E-learning UAD mengkombinasikan tatap muka sinkron langsung di kelas dan asinkron secara daring.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- mendeskripsikan konsep keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya
- membedakan strategi konservasi in-situ dan eks-situ
- menjelaskan keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi
- menerangkan peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata
MATERI YANG DIBERIKAN MELIPUTI
Pertemuan ke |
Materi per Minggu |
Capaian Pembelajaran Mingguan (Kompetensi) |
Topik Pembelajaran A: Keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya |
||
1 |
Pengantar biologi konservasi dan keanekaragaman hayati Indonesia |
Mampu menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati dan contoh keanekaragaman hayati di Indonesia |
2 |
Ancaman terhadap ekosistem dan populasi |
Mampu menerangkan penyebab kerusakan dan akibatnya pada ekosistem dan populasi kecil |
3 |
Status konservasi flora fauna |
Mampu menyimpulkan status konservasi dari setiap spesies berdasarkan IUCN, CITES dan Permen LHK no.108 tahun 2018 |
Topik Pembelajaran B: Strategi konservasi in-situ dan eks-situ |
||
4 |
Strategi In-situ |
Mampu mempresentasikan definisi strategi insitu dan contoh penerapannya |
5 |
Kawasan konservasi |
Mampu menjelaskan perbedaan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam |
6 |
Strategi Rencana Aksi Konservasi (SRAK) |
Mampu menerangkan definisi, contoh SRAK dan proses pembentukan SRAK |
7 |
Strategi Ek-situ |
Mampu membandingkan antara strategi ek-situ dengan in-situ |
8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Topik Pembelajaran C: Keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi |
||
9 |
Multi stakeholders dan perannya |
Mampu menguraikan peran masing-masing stakeholder dalam kegiatan konservasi |
10 |
Keterlibatan para pihak di Kawasan Konservasi |
Mampu menggambarkan peran masing-masing stakeholder dalam kasus pembuatan SRAK dan kegiatan konservasi penyu di pantai selatan Yogyakarta |
11 |
Pemberdayaan masyarakat |
Mampu menggambarkan peran masyarakat dalam kegiatan konservasi |
Topik Pembelajaran D: Peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata |
||
12 |
Komponen Ekologi bentang alam |
Mampu menjabarkan komponen bentang alam dan aplikasinya di kawasan konservasi |
13 |
Desain kawasan konservasi |
Mampu menganalisis bentuk patch kawasan konservasi dan ancamannya |
14 |
Teknologi monitoring kawasan konservasi |
Mampu menerangkan berbagai teknologi pendukung seperti drone, penginderaan jauh, camera trap dalam memonitoring kawasan konservasi |
15 |
Promosi ekowisata |
Mampu menjelaskan berbagai bentuk promosi wisata alam yang berkelanjutan |
16 |
Ujian Akhir Semester |
|
*studi kasus akan diinputkan dalam setiap pertemuan |
METODE PERKULIAHAN Selama mengikuti perkuliahan ini, dosen akan menggunakan metode flipped classroom dimana perkuliahan akan berlangsung secara student-centered learning. Dosen akan memberikan materi seminggu sebelumnya dan mahasiswa akan diarahkan untuk mengerjakan beberapa soal pengayaan sebagai bahan persiapan diskusi pada minggu depan. Mahasiswa diwajibkan aktif selama mengikuti jalannya diskusi dan akan mendapatkan nilai keaktifan bagi mahasiswa yang berpartisipasi selama perkuliahan.
SISTEM PENILAIAN
Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian. Sesuai peraturan akademik Universitas Ahmad Dahlan, apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama kurang dari 11 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka tidak berhak mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
Aspek Penilaian |
Persentase |
Ujian Akhir Semester |
35% |
Ujian Tengah Semester |
35% |
Tugas |
8% |
Kuis |
8% |
Keaktifan dan sikap |
14% |
Total |
100% |
KRITERIA EVALUASI
Evaluasi berdasar pada penilaian acuan patokan (PAP).
KONVERSI NILAI |
Predikat Nilai Huruf |
|
Penilaian Acuan Patokan (PAP) |
||
Skala 100 |
Skala 4 |
|
80,00 – 100,00 |
3,68 – 4,00 |
A |
76,25 – 79,99 |
3,34 – 3,67 |
A- |
68,75 – 76,24 |
3,01 – 3,33 |
B+ |
65,00 – 68,74 |
2,68 – 3,00 |
B |
62,50 – 64,99 |
2,34 – 2,67 |
B- |
57,50 – 62,49 |
2,01 – 2,33 |
C+ |
55,00 – 57,49 |
1,68 – 2,00 |
C |
51,25 – 54,99 |
1,34 – 1,67 |
C- |
43,75 – 51,24 |
1,01 – 1,33 |
D+ |
40,00 – 43,74 |
0,00 – 1,00 |
D |
00,00 – 39,99 |
0 |
E |
JENIS TATAP MUKA
Kegiatan perkuliahan Biologi Konservasi dilakukan secara blended learning. Jenis tatap muka pada kegiatan perkuliahan adalah :
- Tatap muka sinkron daring (face to face ), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam aplikasi zoom sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai dengan kehadiran di kelas. UTS dan UAS dilakukan secara sinkron, face to face
- Tatap muka asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan LMS E-learning UAD. Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri berdasarkan video dan Latihan soal yang telah disiapkan, dan dapat dilakukan di mana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasar aktivitas mahasiswa di E-learning UAD (membaca handout, melihat media presentasi atau video, mengerjakan quiz, atau partisipasi diskusi).
PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap perkuliahan meliputi:
- handout
- video pembelajaran
- Latihan soal
- Kuis (diakhir topik pembelajaran)
Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3 pada H-7 sebelum perkuliahan hari-H. Anda sebaiknya membaca handout, menonton video pembelajaran dan mengerjakan Latihan soal dengan tuntas dan benar. Pada Hari-H, perkuliahan akan membahas latihan soal dan diskusi dengan berpusat pada mahasiswa (Student centered learning).
Kegiatan tatap muka juga kadang dilengkapi dengan aktivitas tugas dan kuis khususnya diakhir topik pembelajaran). Tugas dapat merupakan tugas individu atau tugas kelompok, sedangkan kuis adalah tugas individu.
BAHAN AJAR
Handout yang digunakan dalam kuliah Biologi Konservasi akan diunggah seminggu sebelumnya dan menjadi bahan persiapan kuliah di hari H. Silahkan mencetak bahan ajar jika diperlukan.
KOMUNIKASI DOSEN - MAHASISWA DAN ANTAR MAHASISWA
Forum disediakan di bagian terbawah dari setiap tatap muka. Anda dapat menggunakan forum untuk:
· Menjawab pertanyaan atau diskusi
· Menanyakan materi kuliah yang belum dipahami. Pertanyaan ditujukan kepada semua mahasiswa.
· Menjawab pertanyaan mahasiswa lain tentang materi kuliah.
Keaktifan Anda dalam berdiskusi di dalam forum adalah merupakan salah satu komponen penilaian.
REFERENSI
Bahan bacaan berikut digunakan oleh dosen pengampu dalam membuat media pembelajaran. Silahkan untuk menggunakan referensi tambahan sebagai berikut :
1. Indrawan, M., Primack, R.B., Supriatna, J., 2007. Biologi Konservasi (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Murdiyarso, D. 2003. Protokol Kyoto Implikasinya bagi Negara Berkembang. Penerbit Buku Kompas: Jakarta
3. Khakhim, N., Jatmiko, R.H., Nurjani, E., Daryono, B.S. 2014. Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta
4. Jurnal-jurnal dalam bidang biologi konservasi
Anjuran
5. Fandeli C., 2014. Bisnis Konservasi, Pendekatan Baru dalam Pengelolaan Sunberdaya Alam dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
6. Fandeli C., Muhammad., 2008. Prinsip-prinsip Dasar Mengkonservasi Lanskap. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fawzi, N.I., 2016. Penginderaan Jauh Untuk Lingkungan dan Konservasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.METODE PENELITIAN
Mata Mata Kuliah metode penelitian adalah mata kuliah wajib dengan jumlah 3 SKS di Program Studi Pendidikan Biologi dengan Kode Mata kuliah KPBIO 45348. Mata Kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang melatih mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian penelitian dalam bidang pendidikan maupun bidang murni.
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep, prinsip, kaidah dan norma metode ilmiah dan penerapannya dalam pelaksanaan penelitian kualitatif dan kuantitatif meliputi: identifikasi dan perumusan masalah penelitian, kajian pustaka/teori, variabel penelitian, perumusan hipotesis, rancangan atau desain penelitian (percobaan Faktor Tunggal dalam (RAL, RAK, RKLT, RBSL), pembandingan antar perlakuan, Pengujian Asumsi, Percobaan faktorial dalam (RAL, RAK, RKLT, RPT dalam RAL dan RAKT, RKT, Analisis Peragam (ANAKOVA)), jenis-jenis penelitian (penelitian deskriptif, penelitian eksperimen, PTK, Peneltian pengembangan), populasi dan sampel, instrumen penelitian, pengumpulan dan analisis data, penyusunan usulan penelitian sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah..