• General

  • PERTEMUAN 15, TENIK PENGUMPULAN DATA

    Selamat Berjumpa dalam Pembelajaran e-learning

    Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu.  Pertemuan kali ini mengkaji tentang teknik pengumpulan data.  Teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan peneliti dalam mendapatkan data di lapangan. Dalam penelitian sosial, ada beberapa teknik yang umum dilakukan, yaitu kuesioner, studi pustaka, wawancara, dan observasi.

    Kuesioner atau angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh responden, biasanya secara tertulis. Studi pustaka mengumpulkan data yang relevan dari buku, artikel ilmiah, berita, maupun sumber kredibel lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Wawancara digunakan untuk menggali informasi atau persepsi subjektif dari informan terkait topik yang ingin diteliti. Peneliti sebelumnya harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan wawancara terlebih dahulu. Serupa dengan kuesioner, pertanyaan wawancara perlu diujikan kemampuannya supaya peneliti dapat memperoleh data yang dibutuhkan. Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat pengamatan langsung. Peneliti melakukan pengamatan di tempat terhadap objek penelitian untuk diamati menggunakan pancaindra. Peneliti diposisikan sebagai pengamat atau orang luar. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, peneliti dapat menggunakan catatan maupun rekaman. Observasi dapat bersifat partisipatoris, yaitu ketika peneliti turut bergabung dan melakukan aktivitas bersama objek pengamatannya.

    Sub Capaian Pembelajaran

    Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat menenetukan teknik pengumpulan data yang sesuai dengan bidang penelitian yang dikaji.

    Materi Pokok

    Teknik Pengumpulan Data

PERTEMUAN 14, PENELITIAN KORELASIONALPERTEMUAN 16, UAS