• General

  • PERTEMUAN 7, PENULISAN TINJAUAN DAN DAFTAR PUSTAKA

    Selamat Berjumpa dalam Pembelajaran e-learning

    Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu.  

    Dalam Pertemuan Materi ini, akan dipelajari tentang PENULISAN TINJAUAN PUSTAKA DAN DAFTAR PUSTAKA. 

    Tinjauan Pustaka merupakan bagian terpenting dari sebuah pengertian karya tulis ilmiah. Hampir disetiap karya tulis, baik skripsi, tesis, desertasi, jurnal, makalah, atau yang lainnya selalu ada istilah tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka dapat diartikan sebagai penegaskan atas batas-batas logis penelitian dan menjadi petunjuk bagi peneliti untuk memperhitungkan apa yang relevan dan apa yang tidak relevan untuk kemudian dikaji dalam penelitiannya, atau sampai batas mana penelitian akan dilakukan dan asumsi yang mendasari penelitan tersebut dilakukan.Tinjauan pustaka dapat ditulis secara terpisah atau menjadi satu artikel tersendiri, atau dapat juga digunakan untuk menjadi kerangka teoritis atau rasional pada suatu penelitian. Tinjauan pustaka merupakan bagian dari proposal penelitian dan sering kali menjadi sebuah bab tersendiri dalam tesis atau disertasi.

    Sebuah karya ilmiah wajib mencantumkan sumbernya. Sumber inilah yang nantinya disusun dalam daftar pustaka. 
    Daftar pustaka adalah rangkaian daftar tulisan yang memuat sumber atau referensi yang berasal dari buku, jurnal, skripsi, makalah atau artikel internet dan sebagainya untuk dijadikan landasan dalam penelitian. Tujuan penulisan daftar pustaka antara lain, terhindar dari plagiat, sebagai bentuk apresiasi penulis terhadap karya orang lain, membantu pembaca untuk mengetahui lebih dalam dengan topik terkait, dan membangun kredibilitas.

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat menganalisis kritis terkait pustaka yang diperlukan dalam usulan penelitian yang telah dirancang sekaligus mengaplikasikan penulisan pustaka sesuai aturan yang berlaku

    Materi Pokok

    Keguaan pustaka, sumber-sumber pustaka, cara merujuk pustaka, dan teknik penulisan daftar pustaka


PERTEMUAN 6, VARIABEL PENELITIANPERTEMUAN 8, UJIAN TENGAH SEMESTER