KEGIATAN BELAJAR 1 (KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL)
Selamat bergabung di Kegiatan Belajar Pertama. Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari dan mendalami tentang "Konsep Dasar Pembelajaran Digital". Anda diharapkan mengikuti dengan seksama seluruh modul dan kegiatan belajar pada pembelajaran daring ini. Pada kegiatan belajar ini secara spesifik akan membahas Perkembangan Pembelajaran Digital, Potensi Pembelajaran Digital, Fungsi Pembelajaran Digital, Desain Pembelajaran Digital, Strategi Pembelajaran Digital, Prospek Pembelajaran Digital.
Silakan menyimak materi ini dengan seksama....
- Pahami dulu mengenai berbagai kegiatan penting dalam perkuliahan di kelas mulai tahap awal sampai akhir
- Pelajari terlebih dahulu Kegiatan Belajar 1 mengenai Konsep Dasar Pembelajaran Digital dan lakukan latihan dan refleksi diri tentang materi yang sudah anda pelajari
- Keberhasilan proses pembelajaran Anda dalam kegiatan belajar ini sangat tergantung kepada kesungguhan Anda dalam mengerjakan tugas dan latihan. Untuk itu, berlatihlah secara mandiri atau berkelompok dengan teman sejawat.
- Bila Anda menemui kesulitan, silakan hubungi dosen pembimbing atau fasilitator yang mengampu mata kuliah ini.
Melalui belajar mandiri dan penugasan, Anda diharapkan dapat menjelaskan Konsep Dasar Pembelajaran Digital, yang meliputi:
- Memahami Perkembangan Pembelajaran Digital
- Memahami Potensi Pembelajaran Digital
- Memahami Fungsi Pembelajaran Digital
- Memahami Desain Pembelajaran Digital
- Memahami Strategi Pembelajaran Digital
Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam seluruh mata pelajaran. Dengan berkembangnya pendidikan era digital maka memungkinkan pembelajar mendapatkan pengetahuan yang berlimpah serta cepat dan mudah. Menjawab tantangan pendidikan di era digital ini, maka pendidik dan pembelajar di abad 21 harus mampu berkomunikasi dan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Pembelajaran digital sebagai salah satu alternatif dalam dunia pendidikan yang dapat memberikan layanan dan sumber pembelajaran yang mudah dan cepat diakses.
Pada uraian materi ini secara spesifik akan membahas Perkembangan Pembelajaran Digital, Potensi Pembelajaran Digital, Fungsi Pembelajaran Digital, Desain Pembelajaran Digital, dan Strategi Pembelajaran Digital.
Silahkan menyimak materi ini dengan seksama....
1. PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL
Perkembangan teknologi telah mengubah masyarakat dari industri menjadi informasi, ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya masyarakat berpendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, seperti adanya komputer, baik dari segi perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer memiliki beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai dengan diterapkan, dioperasikan dan dipelihara. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah.
2. POTENSI PEMBELAJARAN DIGITAL
Menurut Kenji Kitao (1998), setidak-tidaknya ada 3 potensi atau fungsi pembelajaran digital yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai alat komunikasi, alat mengakses informasi, dan alat pendidikan atau pembelajaran. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah.
3. FUNGSI PEMBELAJARAN DIGITAL
Karakteristik atau potensi pembelajaran digital dipandang sudah memadai sebagai dasar pertimbangan untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran digital. Sebagai media pembelajaran terdapat tiga fungsi pembelajaran digital di dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai suplemen, komplemen, dan substitusi. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah.
4. DESAIN PEMBELAJARAN DIGITAL
Salah satu kegiatan awal dalam pengembangan pembelajaran digital adalah membuat desain. Desain tidak dapat dibuat secara instant namun perlu pengkajian dan penelaahan yang komprehensif. Untuk itu diperlukan prinsip-prinsip dalam proses desain itu. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah.
5. STRATEGI PEMBELAJARAN DIGITAL
Pembelajaran digital dapat dilakukan secara lebih efektif dan memberikan manfaat dibandingkan dengan pembelajaran konvensional secara tatap muka langsung jika strategi pembelajarannya benar dan tepat. Apalagi pembelajaran digital pun dapat mengembangkan pembelajaran tatap muka secara fisik dan sosial yang selama ini dilaksanakan. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan membaca E-Book di bawah.
Selamat datang pada forum diskusi online Kegiatan Belajar 1. Postinglah pendapat Anda sebagai respon terhadap permasalahan yang diberikan oleh dosen/teman Anda. Apabila Anda memerlukan bantuan terkait teknis diskusi online ini, Anda dapat menghubungi dosen pengampu mata kuliah.
Kerjakanlah Lembar Kerja Mahasiswa berikut ini dengan mengikuti petunjuk yang telah diberikan.
Setelah mempelajari dan mendalami konsep dasar pembelajaran digital, ukurlah ketercapaian pembelajaran Anda untuk Kegiatan Belajar 1 dengan mengerjakan soal-soal essay berikut dengan singkat dan jelas.