Weekly outline

  • PENDIDIKAN AGAMA-AGAMA DUNIA

  • Sesi 1-2

    Orientasi Silabus/RPS dan Penjelasan Mata Kuliah dan RPS
    dan Aneka Model Pendekatan Studi PAAD 


    SESI 1

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.Memahami gambaran mata kuliah secara umum dan aturan perkuliahan di kelas

    2. Memahami kewajiban dan tanggung jawab, secara khusus terkait dengan KAT dan UTS-UAS

    3. Memahami sanksi-sanksi terkait penegakan keadilan (disiplin) perkuliahan


    1. Tutorial
    2. Konstruksi alur komunikasi efektif
    3. Penunjukkan PIC atau ketua kelas dan penetuan grup

    SESI 2

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami orientasi umum tentang studi Agama-agama

    2. Memahami aneka pendekatan studi agama-agama

    3. Memahami pendekatan framework worldview sebagai sebuah model dalam studi agama-agama dunia


    1. Pembacaan reading material 
    2. Video rujukan dan laporan
    3. Interaksi, ceramah dan diskusi

  • Sesi 3-4

    Aspek Epistimologi Agama: Signifikansi Waw. Dunia Sebagai Model Pendekatan Studi PAAD; Elemen-elemen Waw. Dunia dan Evaluasi

     
    SESI 3
     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami apa itu worldview (Weltanscahuung)

    2. Memahami kesejarahan dari worldview

    3. Memahami gagasan Pancasila sebagai worldview (Weltanscahuung), dan korelasinya dengan agama-agama di Indonesia


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramah dan diskusi
    3. Refleksi 

    SESI 4

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami elemen-elemen dari worldview

    2. Memahami prinsip-prinsip dalam menguji dan mengevaluasi sebuah worldview

    3. Memahami denganjernihdan mampu meletakkan posisi dan ketegangan antara justifikasi dari akal budi dan iman/kepercayaan


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramah dan tanya jawab
    3. Think – Pair – Share models

  • Sesi 5-6

    Aspek Epistemologi Agama : Eksistensi Agama-agama, Sejarah dan perkembangan

     SESI 5

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami hakekat (konteks) dari kesejarahan agama Hindu, Buddha  Konghucu dan Tao

    2. Mengidentifikasi kesejarahan dan perkembangan agama-agama (kontemporer)

    3. Mensintesa aspek-aspek tradisi sejarah dan tantangan zaman


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramah tanya jawab
    3. Refleksi

     SESI 6

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami hakekat dari kesejarahan agama Yudaisme, Islam dan Kristen

    2. Mampu mengidentifikasi kesejarahan dan perkembangan agama-agama (kontemporer)

    3. Mensintesa aspek-aspek tradisi sejarah dan tantangan zaman


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramahi
    3. Refleksi

  • Sesi 7-8

    Aspek Apistemologi : Konsep Allah (ultimate reality) dan Kitab Suci 

    SESI 7

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.  Memahami signifikansi konsep Allah dalam setiap agama

    2.  Memahami berbagai cara termasuk argumen-argumen, metode dan sifat-sifat yang menegaskan konsep Allah (realitas ultimat)

    3. Merumuskan dan menegaskan sikap dan respons yang sepadan terhadap konsep Allah

    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramah dan tanya jawab
    3. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi 

    SESI 8

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami hakekat dan fungsi dari kitab-kitab (teks suci)

    2. Memahami signifikansi kitab suci sebagai pesan dalam bahasa tulisan (teks)

    3. Memahami prinsip-prinsip dalam memahami teks suci dan peran bahkan sikap reader terhadap teks

    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Ceramah dan diskusi/forum
    3. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi

  • Sesi 9-10:

    Aspek Penciptaan: Konsep Manusia dan Alam Semesta
     SESI 9

     


    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami asal-usul manusia dan perkembangannya

    2. Memahami signifikansi bahkan esensi konsep manusia dari agama-agama

    3. Mampu secara bertanggungjawab melihat perbedaan konsep manusia berdasarkan agama dan sains modern



    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari

     SESI 10

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.  Memahami asal-usul, letak, posisi dan relasi dengan alam semesta

    2.  Mampu melihat setiap mitologi tentang asal-usul dan transformasi alam semesta

    3. Memahami pemahaman fundamen tentang alam semesta berdasarkan agama Hindu, Buddha, Konghucu, Tao, Yudaisme, Islam dan Kristen


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari

  • Sesi 11-12

    Aspek Etis: Tinjauan dan Konsep Kejahatan/dosa Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao

    SESI 11

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami eksistensi kejahatan secara faktual objektif

    2. Memahami asal usul kejahatan dan perkembangan kejahatan (universa)

    3. Memahami esensi kejahatan sehingga dapat dikorelasikan secara integratif dengan perspektif sains


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari

    SESI 12

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao

    2. Memahami asal-usul dan penyebaran kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao

    3. Memahami implikasi-implikasi dari kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari


  • Sesi 13-14

    Kejahatan/dosa dalam Yahudi, Islam dan Kristen

    Interest Group : Forum dan Diskusi Akademis

     SESI 13

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.Memahami konsep kejahatan/dosa dalam agama Yahudi, Islam dan Kristen

    2.Memahami asal-usul dan penyebaran kejahatan/dosa dalam agama agama Yahudi, Islam dan Kristen

    3.Mahasiswa memahami implikasi-implikasi dari kejahatan/dosa dalam agama agama Yahudi, Islam dan Kristen


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari

    SESI 14

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Mengidentifikasi realitas dan fakta-fakta kejahatan/dosa dalam dunia

    2. Mendeskripsikan sikap dari agama-agama terhadap setiap kejahatan/dosa dalam persepketif sejarah

    3. Merumuskan pilihan moral dan spritual yang memadai dengan mengakomodasi konsep-konsep fundamen dari setiap agama-agama



    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari

  • Sesi 15-16

    UTS

    SESI 15-16

     

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Mampu memaparkan secara desktriptik model-model pendekatan studi PAAD.
    2. Mampu memaparkan secara argumentatif, keunikan dan signifikansi pendekatan worldview  dalam studi PAAD
    3. Mampu mempresentasikan kerangka worldview secara epistemologis, antropologis dan etis, dengan mengakomodasi agama-agama, keilmuan dan keluasan dalam kehidupan praksis
    4. Pada akhirnya mampu memaparkan pemikiran-pemikiran reflektif demi mengaskan korelasi aspek teoritis, praksis dan holistik. 


  • Sesi 17-18

    Usaha-usaha Manusia Mengatasi Kejahatan/dosa (Overview)
    Keselamatan dalam Agama: Hindu, Buddha dan Konghucu

    SESI 17

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami bahwa manusia selalu ingin meloloskan diri dari setiap kesalahannya

    2. Memahami bahwa manusia tidak dapat mengelak dari dosa, kejahatan, penderitaan bahkan kematian

    3. Menjabarkan setiap pilihan-pilihan sikap dalam mengatasi dosa/kejahatan


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 18

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep keselamatan dari dosa dan kejahatan berdasarkan agama Hindu, Buddha dan Konghucu

    2. Memahami Peran dan tanggungjawab manusia dalam realisasi keselamatan/kelepasan

    3. Mengimplementasikan konsep keselamatan tersebut (khususnya umat terkait) dalam kehidupan praksis


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi 19-20

    Keselamatan dalam Agama: Yahudi, Islam dan Kristen
    Ritus Agama-agama 

    SESI 19

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:
    2.  Memahami Peran dan tanggungjawab manusia dalam realisasi keselamatan/kelepasan
    3. Mengimplementasikan konsep keselamatan tersebut (khususnya umat terkait) dalam kehidupan praksis

    1.  Memahami konsep keselamatan dari dosa dan kejahatan berdasarkan agama Yahudi, Islam dan Kristen


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 20

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami pengertian dan hakikat ritus dalam agama-agama

    2. Memahami korelasi ritus dan penegasan etis dalam agama-agama

    3. Menerima dan menghargai setiap ritus agama-agama yang memiliki perbedaan-perbedaan


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi 21-22

    Agama dan Etika dan Ethos Global:

    SESI 21

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.  Memahami pengertian etika secara umum dan korelasinya dengan agama

    2.  Memahami penegasan hukum-hukum normatif agama dengan pertimbangan konteks utuh yang dihadapi dalam keputusan etis

    3. Menghadirkan prinsip-prinsip etis dalam menghadapi problematika-problematika etis termasuk dalam bidang profesi


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 22

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami keseriusan dampak dari kejahatan/dosa terhadap manusia dan alam semesta

    2. Memahami peran dan tanggungjawab agama terhadap eksistensi dan kontinuitas alam semesta dan manusia yang mendiaminya

    3. Menegaskan pilihan-pilihan bahkan konsensus bersama berdasakan golden rule yang membangun keadaban, keadilan dan kesejahteraan


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi 23-24

    Interest Group (Forum) dan Pengantar Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya 

    SESI 23

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya

    2. Memahami pandangan-pandangan umum tentang kematian dan kehidupan sesudahnya

    3. Memahami dan mengembangkan pemikiran tersebut secara integrative dan eksitensial


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 24

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya (Overview)

    2. Memahami konsep tersebut berdasarkan Agama Hindu, Buddha dan Konghucu

    3. Mengimplementasikan penghayatan konsep tersebut dalam kehidupan praksis khususnya agama terkait


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 


  • Sesi 25-26

    Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya dalam Hindu,
    Buddha dan Konghucu (Bagian 1-2)

    SESI 25

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya

    2. Memahami perspektif Agama Hindu, Buddha dan Konghucu tentang kematian dan kehidupan sesudahnya

    3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 26

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya

    2. Memahami perspektif Agama Hindu, Buddha dan Konghucu tentang kematian dan kehidupan sesudahnya

    3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi 27-28

    Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya menurut
    Agama Yahudi, Islam dan kristen (Bag 1-2)
     

    SESI 27 

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya

    2. Memahami perspektif Agama Yahudi, Islam dan Kristen tentang kematian dan kehidupan sesudahnya

    3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 28 

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya

    2. Memahami perspektif Agama Yahudi, Islam dan Kristen tentang kematian dan kehidupan sesudahnya

    3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi: 29-30

    Presentasi KAT 3 Dialog Tokoh Tokoh Agama dan Refleksi Akhir Semester

    SESI 29

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1.  Memahami konsep dialog lintas agama

    2.  Memahami signifikansi manfaat dan tujuan dari dialog lintas agama

    3. Menyajikan dan mempresentasikan hasil dialog lintas agama (wawancara) sekaligus sebagai sarana berbagi pengalaman beragama yang berbeda-beda


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

    SESI 30

    Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat:

    1. Memahami kembali keutuhan perkuliahan dengan pendekatan framework worldview

    2. Menyampaikan dan memberikan kesimpulan-kesimpulan afirmatif secara tertulis atau secara lisan

    3. Berpartisipasi dalam transformasi holistik dengan menegaskan iman dalam agamanya, pengetahuannya yang sejati dan karya profesionalitas yang membebaskan dan memberikan kesejahteraan bagi semua  manusia dan alam lingkungannya


    1. Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya
    2. Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
    3. Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum 

  • Sesi 31-32

    UAS

        • Mahasiswa dapat mengerjakan tugas untuk Ujian Akhir.


        • Mahasiswa menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh Dosen