Ringkasan Mingguan
Perkuliahan sesi :1
Pengenalan E-Commerce : Evolusi dan Sistem Bisnis dan Mengapa Penting Mempelajari E-Commerce
PENGENALAN E-COMMERCE
Pada minggu ini, kita akan memulai dengan pengenalan E-Commerce, dan mengapa penting untuk mempelajari E-Commerce. Topik yang akan dibahas meliputi :
- Impact Perkembangan Internet terhadap E-Commerce
- Mengapa Penting untuk mempelajari E-Commerce
- Definisi E-Commerce, dan apa bedanya dengan E-Business
- Teknologi yang Mendorong E-Commerce
- Fitur Unik E-Commerce dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis
Silahkan unduh modul yang diberikan, melalui tautan diatas
Pada Video ini akan dijelaskan tentang Definisi E-Commerce, mengapa penting mempelajari E-Commerce dan apa perbedaan E-Commerce dan E-Business
Apa perbedaan E-Commerce dan E-Business ?
Dan apa saja fiture unik E-Commerce ?
Mari kita simak video berikut ini
- Bagaimana E-Commerce berperan dalam membantu Chinna mengatasi Lockdown selama pandemi Covid-19, dan E-commerce adalah salah satu industry yang berkembang pesat selama pandemi ini, disaat sebagian besar bisnis mengalami penurunan
Bacalah artikel diatas, sebagai bahan pengayaan Forum Diskusi Sessi 1, akan dilaksanakan bersamaan dengan perkuliahan Tatap Muka Online Pertama, dengan menggunakan Zoom Meeting
Pada :Jumat, 26 Maret 2021
Pukul 19.30 - 21.00
Zoom ID: 949 346 7986
Password: 2021
Link : https://us02web.zoom.us/j/9493467984?pwd=bFhtOXdjYU5DUGhYZUhCclVjNnJ2Zz09
See You Virtually Soon
Diana
Perkuliahan sesi :2
Sessi 2 : Lingkup dan Sasaran E-Commerce
LINGKUP dan SASARAN E-COMMERCE
Sebelum mengadopsi sistem ke e-commerce, pertama-tama harus jelas: Mengapa perusahaan ingin online? Apa tujuannya? Apa keuntungan dan manfaat yang diharapkan? Karena itu penting untuk mempelajari Lingkup dan Sasaran E-Commerce
Topik yang akan dibahas pada pertemuaan ini adalah
- Apa saja lingkup dan sasaran e-commerce
- Alasan-alasan mengapa penting untuk menentukan Sasaran e-commerce sebelum perusahaan memutuskan mengekseskusi pembuatan sistem e-commerce
- Memahami bagaimana e-commerce dapat digunakan sebagai sarana penjualan
- Memahami bagaimana e-commerce dapat digunakan sebagai sarana memberikan pelayanan kepada konsumen
- Memahami bagaimana e-commerce dapat digunakan sebagai sarana berkomunikasi
- Memahami bagaimana e-commerce dapat digunakan sebagai sarana menurunkan biaya pemasaran
- Memahami bagaimana e-commerce dapat digunakan sebagai sarana membangun merk
- Mari kita belajar dari pada "Giant E-Commerce" menentukan Strateginya, dengan pertama menetapkan Sasaran dari E-Commerce yang dikembangkannya
Silahkan Anda pelajari artikel menarik dari tautan diatas - QUIZ sesi 2
Facebook adalah sosial media yang populer digunakan oleh perusahaan di Indonesia untuk berinteraksi dengan konsumennya.
Lakukan eksplorasi ke situs Facebook, dan laporkan 2 hal berikut ini :
§ Perusahaan apa yang massif menggunakan facebook untuk berinteraksi dengan konsumennya. Jelaskan ukuran apa yang Anda gunakan (misalnya : jumlah fans page terbanyak, paling aktif membuat konten dll). Anda memilih contoh perusahaan manapun, baik perusahaan lokal Indonesia maupun perusahaan luar negeri
§ Interaksi apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut di Facebook
Berikan Jawaban Singkat dalam 100 – 200 kata
Perkuliahan sesi :3
Bebagai Tipe E-Commerce : B2C, B2B, M-Commerce, Social Commerce, Local Commerce
BERBAGAI MODEL E-COMMERCE
Pada sessi ketiga ini kita akan mempelajari berbagai model E-Commerce.
Topik yang akan dibahas adalah :
- Berbagai tipe e-commerce : B2C-Commerce, B2BCommerce, M-Commerce, Social-Commerce dan Local-Commerce
- Model bisnis utama pada B2C
- Meodel bisnis utama pada B2B
- Konsep utama bisnis dan strategi yang dapat diaplikasikan pada e-commerce
- Artikel ini memberikan contoh berbagai iipe E-Commerce : B2C, B2B, M-Commerce, Social Commerce, Local Commerce yang ada di Indonesia saat ini
- Setelah membaca modul dan video yang diberikan, kerjakan tugas berikut ini
Lakukan studi ekplorasi dari internet, kemudian pilih salah satu perusahaan/bisnis yang sudah mengadopsi E-Commerce. Kemudian jawab pertanyaan berikut ini :- Jelaskan secara singkat profile bisnis perusahaan yang Anda pilih tersebut
- Apa tujuan perusahaan tersebut mengadopsi E-Commerce. Berikan jawaban sesuai dengan materi sessi 2
- Apakah tipe/ Model E-Commerce dari perusahaan tersebut (B2B, B2C, C2C. Local Commerce, M Commerce, Social Commerce). Jelaskan dengan detail tipe bisnis tersebut jika dia termasuk B2C Commerce
Jawaban Singkat dalam Online TEXT 100 – 200 kata
Due Date : SENIN, 12 Oktober 2020 Pukul 23.00
Perkuliahan sesi :4
E-Model : Model Konsep Bisnis E-Commerce
Model dan Konsep Bisnis E-Commerce
Bagaimana suatu Bisnis E-Commerce mendapatkan sumber penghasilannya ? Pada Perkuliahan sessi 4 ini kita akan mempelajari berbagai model bisnis E-Commerce, dan contoh-contoh dari model bisnis tersebut
Topik yang akan dibahas meliputi :
- Komponen kunci dari model bisnis e-commerce
- Bagaimana Perusahaan E-Commerce baru mendapatkan sumber Pendanaan
- Berbagai Model Pendapatan Online
- Model E-Marketplace
- Model-Model Komunikasi dalam E-Commerce
Silahkan diunduh dan dipelajari modul diatas
- Artikel ini akan melengkapi konsep yang sudah dijelaskan pada Modul yang Anda pelajari, dengan menyampaikan detail 10 Type Model Bisnis E-Commerce yang berkembang saat ini
Anda akan mendapatkan inspirasi, model bisnis apa yang cocok dengan dengan perusahaan yang nanti Anda pilih sebagai studi kasus dalam mengerjakan tugas
Selamat membaca https://youtu.be/kyi44ioMrds
MODEL BISNIS E-COMMERCE
Bacalah link berikut ini untuk melengkapi modul dan video pembahasan pada sessi ini :
https://www.ecommerceceo.com/types-of-ecommerce-business-models/
Dalam artikel tersebut, dijelaskan 5 model bisnis E-Commerce yang Populer saat ini yaitu : Drop Shipping; Whole Selling & Warehousing; Private Labeling & Manufacture; White Labeling dan Subscribtion
Tugas Anda :
- Ambil dua model bisnis dari kelima model bisnis tersebut, kemudian berikan penjelasan tentang model bisnis tersebut
- Berikan contoh perusahaan yang mengadopsi model bisnis tersebut, dan berikan penjelasan jawaban Anda
Tugas dalam Online TEXT. Jangan Lupa untuk klik Submit (agar dicatat sebagai absensi)
Due Date : 21 April 2021
Selamat Mengerjakan
Perkuliahan sesi :5
E-Customer : Perilaku Proses Pembelian Online
E-Customer : Perilaku dan Proses Pembelian Online
Bagaimana perilaku berbelanja dan mencari informasi pelanggan online ? apakah sama dengan pelanggan konvensinal. Mari kita pelajari topik penting tersebut
Topik yang akan kita pelajari pada Perkualiahan Sessi 5 ini meliputi
Silahkan diunduh dan dipelajari materi modul pada tautan diatas- Memahami pelanggan online dan perilaku pembelian mereka serta memahami perbedaan antara perilaku online dan offline
- Mengatasi masalah dan masalah yang dimiliki pelanggan online
- Memiliki mental state “e-customer” sehingga mulai memperlakukan pelanggan online secara berbeda dengan pelanggan offline
- Customer Decision Journey
Bagaimana konsumen membuat keputusan pada pembelian online ? Apa yang berbeda dengan pembelian Offline ? Arikel dari McKinsey ini merupakan artikel favorit pelaku pemasaran, karena bisa membuat suatu kerangka yang jelas tentang Model Baru Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Silahkan Anda pelajari artikel tersebut, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih kaya terkait dengan perilaku konsumen online - Tugas ini melengkapi topik yang di Modul (Tidak dibahas di Modul, tetapi merupakan salah satu Karekter Penting Konsumen Online yang harus dipahami oleh Pelaku E-Commerce)
Web 2.0 yang ditandai dengan lahirnya Social Media, memungkinkan konsumen untuk menciptakan suatu konten yang terkait dengan suatu produk, merek atau perusahaan. Konten tersebut dapat berupa text (Blog, Twitter) atau Video, yang diuanggah di social media seperti chat room (What’s App, Line); Facebook, Youtube, IG dll. Dalam istilah e-commerce dikenal dengan User Generated Content (UGC).
Dalam beberapa tugas sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang peran positif UGC bagi perusahaan – misalnya sebagai earned media (buka lagi perkuliahan sessi 5). UGC positif dapat berupa review produk, comment positif, memberikan tanda bintang, share tentang suatu produk, membuat tutorial dll.
Selain itu UGC dapat berupa hal yang berdampak negatif bagi perusahaan. Kasus yang diangkat dimodul ini adalah Coca Cola, dimana Coca-Cola dicampur dengan Mentos yang dapat menghasilkan ledakan. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kedua makanan tersebut berbahaya bagi tubuh. Beberapa Video UGC negatif tentang Coca Cola sudah banyak menjadi viral di social media
Tugas Anda :
- Lakukan explorasi, untuk mencari konten UGC negatif yang dicipkan oleh konsumen yang berpotensi merusak citra produk, merek atau perusahaan. Berikan bukti-bukti yang relevan
- Menurut Anda, sebarapa besar hal tersebut mempengaruhi konsumen untuk tidak membeli/ memilih produk tersebut ?
- Apakah yang dapat dilakukan pemasar untuk mengatasi UGC negatif akan tidak menjadi viral ?
Jawaban dalam Online Text
Due Date : 28 April 2021
Selamat Mengerjakan
Perkuliahan sesi :6
ReMix : Bauran Pemasaran E-Commerce
REMIX : BAURAN PEMASARAN E-COMMERCE
Anda tentu sudah mengenal Marketing Mix Pemasaran bukan? Beberapa sering mengenal dengan 4P : Product, Price, Promotion, Place. Bagaimana Marketing Mix tersebut diaplikasikan pada E-Commerce. Mari kita pelajari dalam perkuliahan sessi 6 ini
Topik yang akan dibahas meliputi :
Silahkan dipelajari materi pada modul diatas- Memahami implikasi online dari setiap elemen dari bauran pemasaran
- Pengembangan setiap elemen Bauran pemasaran ke dunia online
- Merencanakan setiap elemen Bauran pemasaran di dunia online.
Artikel ini menjelaskan tentang elemen pemasaran yang harus dipenuhi dalam e-commerceThe E-Commerce Marketing Mix: 8 Principles
- TUGAS Perkuliahan sesi 6
Salah satu unsur dari Bauran Pemasaran 7P adalah “People”. Dimana, dalam suatu bisnis konvesional, perusahaan menggunakan staf internal sebagai “people” yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada konsumennya. Misalnya, menyedikan Layanan customer service untuk menjawab semua pertanyaan, keluhan dan complain pelanggan.
Dalam dunia online saat ini, perusahaan menggunakan Pelanggan sebagai “orang” yang membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman kepada pelanggan lain. Contohnya adalah beauty vlogger yang memberikan review atau tutorial untuk suatu produk kosmetik. Vlogger – pelanggan- ini bukan merupakan bagian dari perusahaan. Tetapi vlogger ini membantu perusahaan dalam memberikan pengenalan produk dan pengalaman menggunakan produk kepada pelanggan lain.
Meningkatkan pertisipasi pelanggan (dalam pemasaran disebut dengan consumer engagement) merupakan strategi penting bagi perusahaan saat ini. Engagement dapat terjadi dalam beberapa bentuk, seperti : membuat komunitas, vlogger/blogger tutorial produk atau memberikan review produk
Lakukan pengamatan di internet, berikan contoh kasus perusahaan yang sudah mampu membuat consumer engagement. Jelaskan engagement yang dilakukan oleh pelanggannya, dan disertai bukti berupa data atau gambar.
Jawaban dalam Online Text
Due Date 2 Nov 2020
Perkuliahan sesi :7
Model Bisnis Strategi Retail Online
STRATEGY DAN MODEN BISNIS RETAIL ONLINE
Setelah 6 sessi kita mempelajari dasar-dasar konsep E-Commerce, pada 3 pertemuan kedepan kita akan mempelajari aplikasi Model Bisnis pada 3 jenis E-commerce yang paling populer yaitu : Retail Online, Travel Online dan Lelang Online
Pada perkuliahan sessi 7 ini kita akan membuka dengan mempelajari strategi dan model bisnis Retail Online, sebagai E-Commerce yang paling populer dan memiliki pertumbuhan paling besar saat ini
Topik yang akan dibahas meliputi :
- Memahami lingkungan dimana retail online beroperasi saat ini
- Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh retail online pada beberapa tipe yang berbeda
- Menjelaskan tentang berbagai model bisnis dari retail online
The 11 Most Popular Online Business Models
Apa saja model pendapatan yang populer untuk Bisnis retail Online ? Link artikel diatas memberikan insight kepada Anda bahwa pendapatan Retail online bukan hanya dari transaksi jual beli saja
https://empireflippers.com/11-popular-business-models-online/
- Kuliah Synchronous Minggu Ke - 7
Jumat, 7 Mei 2021
20.00 - 21.30
Agenda kuliah tatap Maya :- Presentasi Dosen Wrap-Up Materi E-Commerce
- Tanya Jawab
- Membuka kembali Quiz dan Tugas yang belum submit dengan waktu yang terbatas pada saat sessi forum online
Zoom ID : 949 346 7986
Password : 2021
Link : https://us02web.zoom.us/j/9493467984?pwd=bFhtOXdjYU5DUGhYZUhCclVjNnJ2Zz09
Tidak ada Perkuliahan :
Libur Idul Fitri 1442 H
Tidak ada Perkuliahan :
Ujian Tengah Semester / UTS Berikan jawaban Anda sesuai dengan materi yang sudah kita pelajari dalam paruh semester ini. Silahkan melakukan penelusuran secara Online, untuk memperkuat argumen jawaban Anda
Jika copy paste dari internet, harus dilakukan parafrasing (merubah kata-kata).
Dan apabila diketahui jawaban sama dengan teman, maka keduanya akan diberikan nilai 50, tanpa ditanya siapa yang mencontoh
Ujian dibuka pada 28 Mei 2021 Pukul 20.00
Due Date, 29 Mei 2021. Pukul 20.00
Tidak ada ujian susulan untuk UTS ini, karena Anda diberikan waktu yang sangat longgar.
Jawaban Wajib dalam Online Text. Akan dibuka juga submission dalam bentuk text word/ pdf, hanya sebagai file pendukung saja.
Good Luck!
Tidak ada Perkuliahan :
Ujian Tengah Semester / UTS
Perkuliahan sesi :8
Model Bisnis Strategi Travel Online
MODEL & STRATEGI BISNIS TRAVEL ONLINE
Melanjutkan pembahasan pada perkuliahan sessi 7, pada Perkuliahan sessi 8 ini kita akan mempelajari model dan strategi bisnis Travel online
Topik yang akan kita bahas meliputi :
- Memahami lingkungan dimana travel online beroperasi saat ini
- Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh travel online pada beberapa tipe yang berbeda
- Menjelaskan tentang berbagai model bisnis dari travel online
Top 5 Revenue models for Travel startups
Apa saja Model Pendapatan yang bisa dikembangkan dari Bisnis Travel Online. Mari kita belajar dari para Giant Travel Online yang sedang berkembang saat ini
http://Top 5 Revenue models for Travel startups
- Kuliah Synchronous Minggu Ke - 8
Selasa, 15 Juni 2021
20.00 - 21.30
Agenda kuliah tatap Maya :- Presentasi Dosen
- Tanya Jawab
Zoom ID : 949 346 7986
Password : 2021
Link : https://us02web.zoom.us/j/9493467984?pwd=bFhtOXdjYU5DUGhYZUhCclVjNnJ2Zz09
Perkuliahan sesi :9
Model Bisnis dan Strategi Lelang Online
STRATEGI & MODEL BISNIS LELANG ONLINE
Terakhir kita akan mempelajari strategi dan model bisnis dari Lelang Online.
Topik yang dibahas pada sessi perkualiahan 9 ini adalah :
- Memahami lingkungan dimana lelang online beroperasi saat ini
- Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh lelang online pada beberapa tipe yang berbeda
- Menjelaskan tentang berbagai model bisnis dari lelang online
Online Auction Business Model
Bagaimana mengembangkan bisnis lelang online, dan bagaimana sukses pada bisnis ini. Artikel ini memberikan Anda insight tentang berbagai model pendapatan dari lelang online
- Lelang Online merupakan salah satu aplikasi C2C yang paling Populer.
Lakukan penelusuran online, untuk menjawab pertanyaan berikut ini :
▪ Apa Benefit dalam melakukan lelang Online
▪ Apa Risiko dan Cost dalam Lelang Online dibandingkan dengan melakukan transasiksi melalui online retailer biasa
▪ Rencanakan bagai suatu bisnis dapat sukses dalam melakukan tranasaksi penjualan melalui lelang online
Berikan Jawaban Singkat dalam 100 – 200 kata Kerjaan 5 soal quiz berikut ini, setelah Anda mempelajari Modul
Perkuliahan sesi :10
E-Tools : Infrastuktur E-Commerce dan Piranti untuk Berhubungan dengan Konsumen
E-TOOLS ; INFRASTRUKTUR E-COMMERCE DAN PIRANTI UNTUK BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMEN
Apa saja piranti (software) dan tools (aplikasi) yang dibutuhkan untuk membangun platform e-commerce ? kita akan mempelajarinya pada perkuliahan sessi 10 ini
Topik yang akan dibahas meliputi :
Selamat Belajar. Stay Happy - Stay Healthy - Stay Save- Memahami pertimbangan dalam memilih infrastruktur e-commerce
- Memahami jenis-jenis infrastruktur e-commerce
- Analisa kelayakan sistem e-commerce
7 Key Ecommerce Infrastructure Decisions
Infrastrukture tidak hanya terkait dengan piranti teknologi saja, tetapi juga harus membahas tentang People, Equipment dan Process. Terdapat 7 elemen yang harus kita siapkan diawal ketika akan membangun sistem e-commerce
https://www.practicalecommerce.com/7-Key-Ecommerce-Infrastructure-Decisions
- Perhatikan pemanfaatan teknologi informasi (baik yang berbasis jaringan komputer maupun yang memanfaatkan internet) untuk mendukung sistem manajemen dan bisnis dalam perusahan tempat anda bekerja (atau perusahaan tempat teman anda bekerja), dan kerjakanlah tugas berikut :
1. Buatlah daftar kegiatan bisnis/adminidtrasi/manajemen dan lain-lain yang sudah memanfaatkan teknologi komputer di perusahaan tempat anda bekerja atau perusahaan tempat teman anda bekerja
2. Pilih 1 kegiatan yang paling intensif memanfaatkan dukungan teknologi informasi (IT dan Internet), dan jelaskan secara detil tentang kegiatan bisnis tersebut serta bentuk dukungan IT dan Internet.
Berikan Jawaban Singkat dalam 100 – 200 kata Kerjakan 5 Soal Quiz berikut ini
Tidak ada Perkuliahan :
Ujian Akhir Semester / UAS
Tidak ada Perkuliahan :
Ujian Akhir Semester / UAS