Topic outline

  • Profil Dosen


    NamaWahyudi Rahmat, M.Hum
    Tempat/Tanggal LahirMungka, 19 Juni 1990
    Jenis KelaminLaki-laki
    Email wahyudirahmat24@gmail.com
    WhatsApp 085664494180
    Riyawat Pendidikan- S1 : Universitas Andalas
    - S2 : Universitas Andalas
    - S3 : (University Malaysia Kelantan -on Progress)
    Matakuliah yang diampu 1. Psikolinguistik
    2. Metode Penelitian Bahasa
    3.  Semantik
    4. Sosiolingustik
    5.  Ke-Minangkabau-an
    6. Ke-PGRI-an
     Link Google Scholarhttps://scholar.google.co.id/citations?user=_VJ2d-QAAAAJ&hl=id
     Link Profil Sintahttp://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=205652&view=overview


    • Ucapan Selamat Datang

      Selamat datang mahasiswa yang mecerdaskan dan menginspirasi anak bangsa, dunia yang sesungguhnya untuk generasi pembelajar.

      Baiknya sebuah nilai, kemantapan dalam beretika serta mencari tahu kecacatan logika para pengajar adalah tugas mahasiswa.

      Hidup Anda tidak pernah diambil oleh orang lain, jadi pilihlah jalan Anda dan dapatkan secepat mungkin.

      Generasi pembelajar harus mampu menjawab tantangan zaman. Sebab, hidup adalah rangkaian tanya. Sehingga mahasiswa adalah generasi yang harus selalu mencari jawabannya.

      Kuliah itu memahami, bukan menghapal"


      Selamat datang dalam perkulihan ini


      Jangan Lupa Subscribe dan  Follow Sosial Media Saya

      Youtube: www.youtube.com/c/WahyudiRM

      Instagram: https://www.instagram.com/wahyudirm19/?hl=en

      Twitter: https://twitter.com/WahyudiRM19

      • Profil Matakuliah

        Matakuliah
        Kode Matakuliah
        Jenjang
        SKS 

        • Deskripsi Mata Kuliah

          Mata kuliah Ke-PGRI-an  dikategorikan sebagai mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat, yang bertujuan mengkaji tentang seluk beluk organisasi PGRI yang meliputi: (1) Latar belakang organisasi PGRI; (2) Organisasi PGRI dan motivasi guru berorganisasi; (3) Dasar, landasan dan tujuan PGRI;(4)  Visi, Misi dan kepemimpinan organisasi; (5) Jati diri, sifat-sifat dan semangat PGRI; (6) Profesi, status, guru professional dan Perlindungan hukum terhadap guru; (7) Keanggotaan, Struktur dan  Keuangan PGRI; (8) Organisasi  PGRI dan Serikat Pekerja (Trade Union); (9) Hubungan PGRI dengan EI (Education International); (10) Perjuangan  PGRI terhadap Mitra Kerja; (11) Hasil Perjuangan Guru bersama PGRI; (12) Kode etik, atribut dan Hymne Guru; (13) Peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan Nasional dan desentralisasi pendidikan.

          • Capaian Pembelajaran Prodi dan MK

            A.     Aspek  Sikap

            S.1    Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

               S.2    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan  agama moral dan etika ;

               S.3    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan   bernegara berdasarkan  Pancasila;

               S.4   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki- nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

            S.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;

            S.6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ;

            S.7   Taat hukum  dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

            S.8    Menginternisasikan nilai, norma, dan etika akademik ;

            S.9  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara      mandiri ;

            S.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ;

             

            B.  Aspek  Pengetahuan

             P.1   Menguasai konsep  mengenai latar belakang, arti, makna dari organisasi PGRI  serta motivasi guru berorganissai.

             P.2   Memahami  konsep mengenai dasar, tujuan, misi, visi, strategi, jati diri, sifat dan        semangat PGRI.

             P.3  Memahami konsep mengenai    profesi guru , status guru dan guru    profesional.

             P.4    Menguasai konsep  mengenai  keanggotaan, struktur, dan Organisasi PGRI    serta Serikat Pekerja.

             P.5       Memahami konsep hubungan PGRI dengnan education international (EI.)

             P.6       Memahami konsep strategi dan hasil perjuangan PGRI.

             P.7       Memahami konsep  kode Etik Guru, Atribut  Guru dan Hymne Guru.

             P.8    Memahami  konsep peranan PGRI dalam pembanguan pendidikan nasional dan    desentralisasi pendidikan.

             

            C.   Aspek Keterampilan Umum

            KU.1   Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif,       dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan bidang keahliannya.

            KU.2     Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

            KU.5   Mampu mengambil keputusan  secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

            KU.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, teman sejawat, baik di dalam maupun di luar negeri.

            KU.7  Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi  terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya serta tindak lanjut dari aplikasi dan dampaknya tehadap kebijakan.

            D.  Aspek Keterampilan Khusus

            KK.1  Mampu menganalisis masalah-masalah kebijakan pendidikan  yang terkait dengan kemasyarakatan, sosial budaya, kebangsaan dan kenegaraan, dalam bidang organisasi PGRI seperti latar belakang lahirnya PGRI,  sejarah PGRI, jati diri PGRI, tujuan PGRI, PGRI  sebagai organisasi serikat pekerja.

             

            CAPAIAN MATA KULIAH (LO MATA KULIAH)

                   M.1   Mampu  memahami  latarbelakang,  arti, makna dari organisai PGRI serta    motivasi guru berorganisasi.

              M.2   Mampu  memahami konsep dasar, landasan, tujuam, misi  visi, strategi, jati diri, sifat dan semangat PGRI.

              M.3   Mampu  mengungkap konsep profesi guru, status guru dan guru profesional berdasarkan kebijakan pemerintah.

              M.4   Mampu menjelaskan keanggotaan, struktur PGRI, organisasi PGRI dan Serikat Pekerja.

                    M.5   Mampu  menjelaskan hubungan PGRI dengan education International       (EI.)

                    M.6   Mampu  menganalisas strategi dan hasil perjuangan PGRI.

                    M.7   Mampu menjelaskan kode etik, Atribut dan Hymen Guru.

                    M.8  Mampu menganalisa dan mengaplikasikan  peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan   nasional dan desentralisasi Pendidikan.


            • Penjelasan Mata Kuliah, RPS dan Kontrak Perkuliahan

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran : 

            • Latar belakang organisasi PGRI

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran : 

            • Organisasi PGRI dan motivasi guru berorganisasi;

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran : 

            • Dasar, landasan dan tujuan PGRI

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Visi, Misi dan kepemimpinan organisasi

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Jati diri, sifat-sifat dan semangat PGRI

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Ujian Tengah Semester

              Soal UTS akan diberikan dalam video pengayaan Dosen melalui Youtube: ..............................
            • Profesi, status, guru professional dan Perlindungan hukum terhadap guru

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :


            • Visi, Misi dan Keanggotaan, Struktur dan Keuangan PGRI

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Organisasi PGRI dan Serikat Pekerja (Trade Union);

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Hubungan PGRI dengan EI (Education International);

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Perjuangan PGRI terhadap Mitra Kerja; Strategi Perjuangan PGRI terhadap Mitra Kerja

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Hasil Perjuangan Guru bersama PGRI;

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Kode etik, atribut dan Hymne Guru;

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan Nasional dan desentralisasi pendidikan

              Instruksi:

              • Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada  video dan  klik Open New Tab
              • Video pembelajaran :

            • Daftar Pustaka

              A.     Buku Wajib

              Husen, Basri, Hasan, (2015), KePGRIan Cetakan ke 3, Sekretariat PGRI Prov. Sumbar. Padang

              ______ (2008) Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta

              Murwaningsih, Tri, (2004) : “Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)   Dalam Upaya Peningkatan

              M. Rusli Yunus. (2003) Perjalanan PGRI (1945 – 2003). PB PGRI bekerjasama dengan Depdiknas, Jakarta.

              PB PGRI (2006) Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. PB PGRI, Jakarta

              PB PGRI Kongres XXII (2019). Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga  (ADART). PB PGRI, Jakarta

              PB PGRI dan EI (2000) Serikat Pekerja ( Trade Union). PB PGRI, Jakarta.

              Sudarwan Danim dan H. Khaidir, (2010). Profesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

              ______  (1988)  Reformasi Pendidikan dan PGRI memasuki era baru abad XXI. PB PGRI, Jakarta.

              _______ (1973)   Profesionalisme PGRI. PB PGRI, Jakarta.

              _______ (1988)  Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. PB PGRI, Jakarta.

              _______ (1988) Risalah dan Keputusan Kongres XVIII PGRI di Lembang tahun 1988. PB PGRI, Jakarta.

              _______ (2008) Risalah dan Keputusan Kongres XX PGRI di Palembang tahun 2008. PB PGRI, Jakarta.

              _______ (2008)  Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta.

              _______ (2008)  Kopendium, Kumpulan Peraturan Organisasi, Bagian I. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta.

              _______ (2008)  Laporan Pertanggung jawaban Pengurus PGRI masa bhakti XIX (2003-2008). PB PGRI, Jakarta.

              ______(2008)  Kode Etik Guru Indonesia dan Dewan Kehornatan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta

              _______ (2009)   Sejarah Singkat  PGRI. PB PGRI, Jakarta.

              ______  (2013)  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah TanggaPGRI serta Kode Etik Guru Indonesia. PB PGRI, Jakarta.

              ______   (2013)  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah TanggaPGRI serta Kode Etik Guru Indonesia. PB PGRI, Jakarta

              B. Buku Penunjang

              A. Soedomo Hadi. (2005).  Pengantar Pendidikan, UNS Press, Surakarta

              Ana Suhainah Suparno. (2008) Menjadi Guru Profesional dan Aktivis Serikat Pekerja Guru. Penerbit PB PGRI. Jakarta.

              Anwar Arifin. (2007) Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia. Penerbit Pustaka Indonesia. Jakarta.

              Arni Muhammad. (2009) Komunikasi Organisasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

              Bambang Sudibyo. (2009). Problematika dan arah kebijakan Pendidikan Nasional 2010-2014, Depdiknas RI. Jakarta.

              Dakniel Adnani, dkk (terjemahan). 1967. Status Guru-Dokumen Resmi Internasional Hasil Konferensi antar Pemerintah yang diselenggarakan oleh UNESCO dan ILO tanggal 21 September – 5 Oktober 1966 di Paris. Panitia Nasional Kongres XI PGRI. Jakarta

              Henawanto, Anton . (2014),”Persepsi Guru Terhadap Persatuan Guru Republik Indonesia  (PGRI) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru:. Jurnal  Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol.2 No.1 Januari 2014:1-6. Malang

              Nurhizrah Gustituati. (2009) Manajemen Pendidikan, Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Penerbit UNP Press, Padang.

              Profresonalisme Guru”. Jurnal Ilmiah “Cope”, No. 01/Tahun VIII/Februari 2004.

              Rachmad Syafa’at, (2008), Gerakan Buruh dan Pemenuhan Hak Dasarnya, In-TRANS Publishing, Malang

              Sandra, (2007), Sejarah Pergerakan Buruh Indonesia, TURC, Jakarta.

              Surya,Moh. (2000). Paradigma PGRI dalam Era Reformasi. Sekrtariat PB PGRI. Jakarta.

              Yunus, Rusli, M. (2003) Perjalanan PGRI (1945 – 2003). PB PGRI bekerjasama dengan Depdiknas, Jakarta

              Tri Muwasih.2014.Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (Pgri) Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal COPE. No.1 Volume 8.

              Yuniastutik, Lilik  (2013). Implementasi Kebijakan Organisasi PGRI dalam MengembangkanProfesionalisme Guru Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.Jurnal Pendidikan; Vol. 1, No. 1; Januari 2013; 30-36

              • Ujian Akhir Semester

                Soal UTS dapat klik pada tautan berikut