Topic outline

  • INFORMASI PERKULIAHAN

    Matakuliah ini mempelajari Konsep dasar rangkaian, Komponen rangkaian listrik & karakteristiknya, Prinsip rangkaian arus searah, Metode analisa rangkaian, Teorema rangkaian, Sistem berfase satu, Konsep phasor dan penerapannya, Respon Alami, Analisis arus bolak-balik, Daya AC steady state, Frekuensi kompleks, Kutub empat, Respon frekuensi dan resonansi, Sistem 3 fase

  • RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

    Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan melihat deskripsi matakuliah Rangkaian Listrik ini dari Capaian dan Sub Capaian Pembelajarannya melaui Rencana Pembelajaran Semester dari link berikut ini.

  • DAFTAR HADIR MAHASISWA

    Mahasiswa diharapkan sebelum melaksanakan perkuliahan secara daring maka terlebih dahulu untuk melakukan absensi secara online dengan mengklik Tombol Hadir.

    • Pertemuan 1 (Konsep Dasar Rangkaian Listrik)

      Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami konsep dasar rangkaian listrik yang membahas tentang Tegangan, Arus, Daya, dan Energi melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 2 (Komponen Rangkaian Elektrik dan Karakteristiknya)

      Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mempelajari dengan mengetahui, memahami dan menganalisis konsep terkait dengan komponen rangkaian elektrik dan karakteristiknya yang terdiri atas Komponen Rangkaian Aktif dan Komponen Rangkaian Pasif melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 3 (Prinsip Rangkaian Arus Searah)

      Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep prinsip rangkaian arus searah yang membahas tentang Hukum Ohm, Hukum Arus Kirchoof, dan Hukum Tegangan Kirchoof melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 4 (Metode Analisis Rangkaian Listrik)

      Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep metode analisis rangkaian listrik yang membahas tentang Metode arus loop dan Metode tegangan simpul melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 5 (Teorema Rangkaian Listrik)

      Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep teorema rangkaian dan penerapannya dalam rangkaian listrik yang membahas tentang Teorema Superposisi, Teorema Thevenin, Teorema Norton, Teorema Substitusi, Teorema Millman, dan Teorema  Timbal Balik melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 6 (Sistem Satu Fase)

      Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menganalisis serta menerapkan konsep sistem satu fase dalam rangkaian listrik yang membahas tentang Tegangan dan Arus bolak balik, Resistor dalam arus bolak-balik, Induktor dalam arus bolak balik, dan Kapasitor dalam arus bolak balik melalui link Pembelajaran berikut ini.

    • Pertemuan 7 (Konsep Phasor dan Penerapannya)

      Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep fasor dan penerapannya yang membahas tentang konsep phasor, diagram phasor, bilangan kompleks, respon elemen terhadap gelombang sinusoidal, pengertian impedansi dan admitansi, rangkaian seri dan paralel melalui link Pembelajaran berikut ini. 

    • UJIAN TENGAH SEMESTER

      Mahasiswa diharapkan mengikuti ujian tengan semester dengan baik

      • Pertemuan 9 (Respons Alami)

        Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep respons alami rangkaian listrik yang membahas tentang rangkaian RC tanpa sumber, rangkaian RL tanpa sumber, konstanta waktu, respon fungsi pemaksa tetap, rangkaian transien orde-2, respon paksa, dan respon lengkap melalui link Pembelajaran berikut ini. 

      • Pertemuan 10 (Analisis Rangkaian Arus Bolak-Balik)

        Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep analisis rangkaian arus bolak balik yang membahas tentang fungsi periodik, nilai maksimum, nilai efektif, nilai sesaat, dan nilai rata-rata melalui link Pembelajaran berikut ini.

      • Pertemuan 11 (Daya AC Steady State)

        Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep daya AC steady state yang membahas tentang daya sesaat, daya rata-rata, faktor daya, dan daya kompleks melalui link Pembelajaran berikut ini.

      • Pertemuan 12 (Frekuensi Kompleks)

        Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep frekuensi kompleks dalam rangkaian listrik yang membahas tentang sinyal sinusoidal teredam, impedansi dan admitansi frekuensi kompleks, fungsi transfer frekuensi kompleks, dan diagram Bode Plot melalui link Pembelajaran berikut ini.

      • Pertemuan 13 (Kutub Empat)

        Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep kutub empat pada rangkaian listrik yang membahas tentang parameter Z, parameter Y, parameter Hybrid, parameter ABCD, dan interkoneksi kutub empat melalui link Pembelajaran berikut ini.

      • Pertemuan 14 (Respons Frekuensi dan Resonansi)

        Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami konsep respon frekuensi dalam rangkaian listrik yang membahas tentang respon frekuensi, filter, resonansi, bandpass function dan faktor kualitas melalui link Pembelajaran berikut ini.

      • Pertemuan 15 (Sistem Fase Tiga)

        Pada pertemuan ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menganalisis konsep sistem fase tiga dalam rangkaian listrik yang membahas tentang rangkaian listrik fase tiga, sistem fase tunggal tiga kawat, sistem fase tiga Y-Y, sistem fase tiga Y-Y seimbang, daya pada fase tiga Y-Y seimbang, pengiriman daya, dan hubungan Delta melalui link Pembejaran berikut ini.

      • UJIAN AKHIR SEMESTER

        Mahasiswa diharapkan mengikuti ujian akhir semester dengan menyelesaikan semua tugas dan soal yang diberikan