Ringkasan Mingguan

  • KEPERAWATAN KELUARGA

    lecturer   LECTURER NAME : 

    1. Dr. Ni Gusti Ayu Eka

        CONTACT INFO : gusti.eka@uph.edu

        Telp. 08121902239

         

    2. Ns. Juniarta Sinaga, M.Sc.

        Contact Info: juniarta.sinaga@uph.edu

        Telp. 08128280421

        

    3. Yenni Ferawati Sitanggang, BN, MSc. Palliative Care

        Contact Info: yenni.sitanggang@uph.edu

        Telp. 08180890531

      

    4. Deborah Siregar, MKM

                 


    DESKRIPSI MATA KULIAH 

    Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi online learning, diskusi dan pembahasan kasus.

     Capaian Pembelajaran Lulusan

    Setelah pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan kepada keluarga yang rawan kesehatan yaitu keluarga yang mempunyai masalah kesehatan atau beresiko terhadap timbulnya masalah kesehatan.


    infoCOURSE POLICY :

    1.Setiap mahasiswa harus secara aktif mengakses pembelajaran/video perkuliahan secara mandiri sebagai bentuk kehadiran kelas 

    2. Setiap mahasiswa harus mengerjakan penugasan terkait topik per minggu yang diberikan di web SPADA 

    3. Setiap mahasiswa wajib mengikuti UTS dan UAS 

    4.Ketidaksertaan dalam penugasan atau keterlambatan mengikuti kuis / keterlambatan mengumpulkan tugas akan berdampak pada pengurangan poin/nilai. Berlaku untuk kuis tidak akan diulang



    infoGRADING : 

    UTS  

     

    30 

     

    Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) 

    Pilihan Berganda 

     

     

     

     

     

     

    UAS  

     

    40

     

    Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) 

    Pilihan Berganda 

     

     

     

     

     

     

    KAT 1 

     

    20

     

    Kuis yang dikerjakan melalui moodle (online) dilaksanakan tiap minggu (online)

    Pilihan berganda 

     

     

     

     

     

     

    KAT 2 

     

    10

     

    Reflektif jurnal minggu ke 3 dan 7 (submit online)

    Lembar reflektif



    refREFERENCE : 

    Main Textbook (Buku teks utama)

     

    1. Kaakinen, J.R., Coehlo, D.P. & Steele, R. (2015). Family Health Care Nursing: Theory, Practice, & Research. 5th Ed. F.A. Davis Company (soft copy)
    1. Hitchcock J., Schubert P. E., & Bartfay W.J. (2002). Community health nursing: Caring in action (2nd ed.). USA: Delmar Cengage Learning.
    1. Nies, M.A. & McEwen, M. (2011).Promoting the health of the population. (5th.ed) St. Louis. Elsevier Saunders (https://www.elsevier-elibrary.com/pdfreader/communitypublic-health-nursing-promoting-populations)
    1. Riasmini, at al, (2017), Panduan Asuhan keperawatan individu, Keluarga, dan komunitas dengan modifikasi NANDA, ICNP, NOC, dan NIC di Puskesmas dan Masyarakat, Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI-PPNI): UI Press, Jakarta
    1. Stanhope M. & Knollmueller R.N. (2001). Buku Saku Keperawatan Komunitas: Pengkajian, Intervensi & Penyuluhan. (R. Komalasari, Trans.). Jakarta: EGC. (Original work published 2000). 
    1. Sumijatun, Suliswati, Payapo T. A., Maruhawa J., & Sumartini M. (2005). Konsep dasar keperawatan komunitas. Jakarta: EGC.
    1. Suprajitno, 2002. Asuhan Keperawatan Keluarga, Aplikasi dalam  Praktik. Jakarta: EGC

     

    1. IPKKI. 2017. Panduan Asuhan Keperawatan. Jakarta: UI-Press

     


  • Sesi 1: Introduction & Konsep


    tik  Tujuan Instruksional Khusus :  Mahasiswa mampu menjelaskan konsep keperawatan keluarga dan konsep terkait maupun penerapannya pada asuhan keperawatan keluarga

    agenda  Aktifitas: 

    Dosen memperkenalkan diri dan menjelaskan isi SAP kepada mahasiswa melalui video conference di Skype.

    Dosen menjelaskan ketentuan pembelajaran E-Learning

  • Sesi 2 : Pengkajian & Home Visit


    tik  Tujuan Instruksional Khusus :  

    Mahasiswa mampu melakukan berbagai ketrampilan yang berkaitan dengan implementasi keperawatan keluarga

    agenda  Aktifitas: 

    • Mahasiswa mengakses video pembelajaran dan mempelajari  materi terkait    
    • Mahasiswa menyiapkan dan melengkapi aktivitas sesuai petunjuk

  • Sesi 3 : Tipologi dan Analisa Masalah

    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan untuk dapat melakukan pengkajian keluarga berdasarkan format yang telah disediakan

    agenda  Aktifitas:

    1. Mahasiswa mempelajari materi
    2. Mahasiswa mencoba mengisi format pengkajian keluarga

    • Formulir Pengkajian Keluarga Penugasan
      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Aktivitas Formulir Pengkajian Keluarga ditandai selesai
      • Aktivitas VIDEO KULIAH ditandai selesai
      • Aktivitas INSTRUKSI MINGGU KE-3 Announcements Peng... ditandai selesai
  • Week 4B: UTS


    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 
    Mahasiswa mampu Menegakkan diagnosis keperawatan keluarga sesuai hasil analisa data
    Mahasiswa mampu merumuskan dan menentukan prioritas diagnosa keperawatan keluarga menggunakan format prioritas masalah yang sesuai


    agenda  Aktifitas:
    • Mahasiswa mengakses video pembelajaran dan mempelajari materi terkait. 
    • Mensubmit tugas studi kasus 1
  • Week 5: Tujuan dan Aplikasi


    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    1. Mahasiswa mampu menyusun tujuan tindakan keperawatan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan diagnosis keperawatan keluarga 

    2. Mahasiswa mampu menyusun rencana tindakan keperawatan yang sesuai dengan tujuan menggunakan format yang sesuai 

    3. Mahasiswa mampu memodifikasi rencana tindakan keperawatan keluarga


    agenda  Aktifitas:

    1. Mahasiswa mengakses video pembelajaran dan mempelajari materi terkait 

    2. Mahasiswa berdiskusi dan mengumpulkan studi kasus 

    3. Mahasiswa mereview materi pembelajaran 


  • Week 6 : Intervensi & Aplikasi


    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    1. Mahasiswa mampu menyusun tujuan tindakan keperawatan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan diagnosis keperawatan keluarga 

    2. Mahasiswa mampu menyusun rencana tindakan keperawatan yang sesuai dengan tujuan menggunakan format yang sesuai 

    3. Mahasiswa mampu memodifikasi rencana tindakan keperawatan keluarga

    agenda  Aktifitas: 

    Mahasiswa mengakses video pembelajaran dan mempelajari materi terkait 


  • Week 7: Implementasi & Evaluasi

    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    Hai semua, pada minggu ini kita akan melanjutkan diskusi tentang topik EVALUASI. Mohon lihat video terlampir

  • Week 8A: Pengkajian hingga Evaluasi


    agenda  Aktifitas:  Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester.