Overview
PROFIL LECTURER (PICT / VIDEO) :
PIC 1: Dr. Ni Gusti Ayu Eka (gusti.eka@uph.edu)
PIC 2: Carielle Joy Vingno Rio.,PhD
Tim dosen pengajar:
Grace Solely Houghty, MBA, M.Kep (grace.houghty@uph.edu)
Yakobus Siswadi, DNSc
Ns. Martina Pakpahan S.Kep., M.K.M
COURSE DESCRIPTION :
Mata ajar ini di desain untuk mendorong mahasiswa agar dapat menjabarkan interaksi dari teori, penelitian, dan praktik berdasarkan bukti ilmiah di dalam pengembangan pengetahuan keperawatan dan peningkatan dari kualitas pelayanan keperawatan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan pemahaman dari tahapan proses penelitian, memperoleh pengetahuan, mengaplikasikan keterampilan berpikir kritis di dalam penelitian di lingkup keperawatan, dan mendemonstrasikan keterampilan didalam pengembangan penelitian yang beretika. Mata ajar ini juga menjelaskan tentang proses penelitian dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dan aplikasinya didalam lingkup keperawatan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk dapat menganalisis dan melakukan kritik pada penelitian yang sudah terpublikasi sehingga akan melatih kemampuan mahasiswa untuk mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengidentifikasi hipotesis, menjabarkan konsep dan variabel yang digunakan di dalam penelitian seperti desain, metode, instrumen dan aplikasinya di dalam lingkup keperawatan. Selain itu, mahasiswa juga dapat menjabarkan statistik deskriptif dan statistika inferensial dan aplikasinya dalam riset keperawatan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Setelah pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu mengembangkan proposal penelitian dan mendemonstrasikan penelitian secara mandiri.
Capaian Pembelajaran Matakuliah (Kompetensi)
- Mahasiswa dapat menjabarkan penelitian di lingkup keperawatan yang berdasarkan bukti ilmiah (evidence based)
- Mahasiswa dapat menjabarkan konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kuantitatif
- Mahasiswa dapat menjabarkan konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kualitatif
- Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip-prinsip etik di dalam penelitian
- Mahasiswa dapat menganalisis dan mengkritik penelitian yang sudah terpublikasi
- Mahasiswa dapat menjabarkan tahapan di dalam melakukan penelitian
- Mahasiswa dapat menjabarkan pengumpulan, pengukuran dan analisa data
- Mahasiswa dapat mengembangkan proposal penelitian dalam keperawatan
LEARNING STRATEGY :
Online-learning
1. Menyimak video pembelajaran
2. Membaca artikel dalam e-journal
3. Berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas
4. Membaca materi dalam bentuk Power Point atau PDF
Aktifitas Kelas
1. Quiz
2. Reflektif jurnal
3. Lembar Kerja Mandiri
GRADING :
Indikator |
| Bobot (%) |
| Presentasi | Bentuk Soal |
| |||||
UTS |
| 30 |
| Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) | Pilihan Berganda |
|
|
|
| UTS pada Kamis dan Jumat 25-26 Juni 2020 |
|
UAS |
| 40 |
| Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) | Pilihan Berganda |
|
|
|
| UAS sesuai jadwal FoN TBA |
|
KAT 1 |
| 20 |
| Kuis yang dikerjakan melalui moodle (online) dilaksanakan tiap minggu (online) | Pilihan berganda |
|
|
|
|
|
|
KAT 2 |
| 10 |
| Reflektif jurnal minggu ke 8 (submit online) | Lembar reflektif |
REFERENCES :
Buku Ajar Utama
1. Burns, N., Grove, S. K., & Gray, J. (2019). Understanding nursing research: building an evidence-based practice. 6th
edition. St. Louis, Missouri: Elsevier.
2. Polit, D. F., & Beck, C. T. (2020). Essentials of nursing research: appraising evidence for nursing practice. 8th ed.
Philadelphia: Wolters Kluwer Health /Lippincott Williams & Wilkins.
Referensi
1. Dahlan, M. S., (2014). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan seri 1. Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia
2. Sastroasmoro, S & Ismael, S., (2011). Dasar – dasar metodologi penelitian klinis. Edisi ke -4. Jakarta: Sagung Seto.
Introduction Ibu Grace:
Introduction Ibu Eka:
Rencana pembelajaran ini terdiri dari 8 sesi, dimana setiap sesinya terdapat 2 topik (A dan B), sehingga diharapkan mahasiswa menyelesaikan 2 topik dalam satu minggu