Weekly outline

  • Overview

    PROFIL LECTURER (PICT / VIDEO) :


    PIC 1: Dr. Ni Gusti Ayu Eka (gusti.eka@uph.edu)


    PIC 2: Carielle Joy Vingno Rio.,PhD

    Tim dosen pengajar: 


    Grace Solely Houghty, MBA, M.Kep (grace.houghty@uph.edu)


    Yakobus Siswadi, DNSc


    Ns. Martina Pakpahan S.Kep., M.K.M

    COURSE DESCRIPTION :

    Mata ajar ini di desain untuk mendorong mahasiswa agar dapat menjabarkan interaksi dari teori, penelitian, dan praktik berdasarkan bukti ilmiah di dalam pengembangan pengetahuan keperawatan dan peningkatan dari kualitas pelayanan keperawatan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan pemahaman dari tahapan proses penelitian, memperoleh pengetahuan, mengaplikasikan keterampilan berpikir kritis di dalam penelitian di lingkup keperawatan, dan mendemonstrasikan keterampilan didalam pengembangan penelitian yang beretika. Mata ajar ini juga menjelaskan tentang proses penelitian dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dan aplikasinya didalam lingkup keperawatan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk dapat menganalisis dan melakukan kritik pada penelitian yang sudah terpublikasi sehingga akan melatih kemampuan mahasiswa untuk mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengidentifikasi hipotesis, menjabarkan konsep dan variabel yang digunakan di dalam penelitian seperti desain, metode, instrumen dan aplikasinya di dalam lingkup keperawatan. Selain itu, mahasiswa juga dapat menjabarkan statistik deskriptif dan statistika inferensial dan aplikasinya dalam riset keperawatan. 


    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Setelah pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu mengembangkan proposal penelitian dan mendemonstrasikan penelitian secara mandiri.

    Capaian Pembelajaran Matakuliah (Kompetensi)

    1. Mahasiswa dapat menjabarkan penelitian di lingkup keperawatan yang berdasarkan bukti  ilmiah (evidence based)
    2. Mahasiswa dapat menjabarkan konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kuantitatif
    3. Mahasiswa dapat menjabarkan konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kualitatif
    4. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip-prinsip etik di dalam penelitian
    5. Mahasiswa dapat menganalisis dan mengkritik penelitian yang sudah terpublikasi
    6. Mahasiswa dapat menjabarkan tahapan di dalam melakukan penelitian
    7. Mahasiswa dapat menjabarkan pengumpulan, pengukuran dan analisa data
    8. Mahasiswa dapat mengembangkan proposal penelitian dalam keperawatan 

    LEARNING STRATEGY : 

    Online-learning

    1. Menyimak video pembelajaran

    2. Membaca artikel dalam e-journal

    3. Berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas 

    4. Membaca materi dalam bentuk Power Point atau PDF

    Aktifitas Kelas

    1. Quiz 

    2. Reflektif jurnal 

    3. Lembar Kerja Mandiri 

    GRADING  :

    Indikator 

     

    Bobot (%) 

     

    Presentasi 

    Bentuk Soal 

     

    UTS  

     

    30 

     

    Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) 

    Pilihan Berganda 

     

     

     

     

     UTS pada Kamis dan Jumat 25-26 Juni 2020

     

    UAS  

     

    40

     

    Ujian yang dilaksanakan menggunakan moodle (online) 

    Pilihan Berganda 

     

     

     

     

     UAS sesuai jadwal FoN TBA

     

    KAT 1 

     

    20

     

    Kuis yang dikerjakan melalui moodle (online) dilaksanakan tiap minggu (online)

    Pilihan berganda 

     

     

     

     

     

     

    KAT 2 

     

    10

     

    Reflektif jurnal minggu ke 8 (submit online) 

    Lembar reflektif



    REFERENCES :

    Buku Ajar Utama

    1.         Burns, N., Grove, S. K., & Gray, J. (2019). Understanding nursing research: building an evidence-based practice. 6th 

               edition. St. Louis, Missouri: Elsevier.

    2.         Polit, D. F., & Beck, C. T. (2020). Essentials of nursing research: appraising evidence for nursing practice. 8th ed. 

                Philadelphia: Wolters Kluwer Health /Lippincott Williams & Wilkins.

    Referensi

    1.         Dahlan, M. S., (2014). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan seri 1. Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia

    2.         Sastroasmoro, S & Ismael, S., (2011). Dasar – dasar metodologi penelitian klinis. Edisi ke -4. Jakarta: Sagung Seto.




  • Sesi 1 A : Penelitian di lingkup keperawatan yang berdasarkan bukti ilmiah (evidence based)

    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    Mahasiswa dapat menjabarkan penelitian di lingkup keperawatan yang berdasarkan  bukti  ilmiah (evidence based)


    agenda  Aktivitas:

    1. Mahasiswa membaca dan merenungkan "5 menit perenungan"
    2. Mahasiswa menyimak video konten pembelajaran
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis 
    4. Mahasiswa memberikan pendapat tentang artikel penelitian EBP

    • Research and Statistic Sesi 1 URL
      Restricted Not available unless: The activity (Missing activity) is marked complete
    • Kuis Sesi 1A Quiz
      Restricted Not available unless: The activity Research and Statistic Sesi 1 is marked complete
  • Sesi 1B: Prinsip-prinsip Etik

    tik  Tujuan Instruksional Khusus : 

    Pada topik ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip etik di dalam penelitian, termasuk:

         1) Prinsip-prinsip etik yang penting dalam melaksanakan penelitian pada subyek manusia. 

         2) Informed consent dan proses review etik. 

         3) Jenis-jenis misconduct dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian.


    Activities: 
    1. Mahasiswa membaca handout / reading material
    2. Mahasiswa menyimak video konten pembelajaran
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis



    • Lecture Notes File
      Restricted Not available unless: The activity Lecture Video (Sesi B)https://www.youtube.com/watc... is marked complete
    • Kuis (Sesi 1B) Quiz
      Restricted Not available unless: The activity Lecture Video (Sesi B)https://www.youtube.com/watc... is marked complete
  • Sesi 2A: Konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kuantitatif

    tik  Tujuan Instruksional Khusus : Mahasiswa diharapkan mengerjakan kuis dan mempelajari semua referensi di Moodle

    KONSEP-KONSEP DI DALAM MENGEMBANGKAN PENELITIAN KUANTITATIF

    DOSEN: GRACE SOLELY HOUGHTY MBA., M. KEP.


    Pada topik ini, mahasiswa diharapkan dapat menjabarkan konsep-konsep di dalam mengembangkan penelitian kuantitatif

    1. Terminologi yang berkaitan dengan penelitian kuantitatif
    2. Jenis penelitian kuantitatif
    3. Perbandingan antara problem solving, proses keperawatan dan proses penelitian
    4. Tahapan dalam proses penelitian kuantitatif

    agenda  Aktivitas: 

    2A. 1

    Mahasiswa melakukan perenungan dan mengerjakan jurnal entri

    2A. 2

    Mahasiswa menonton video materi pembelajaran

    2A. 3

    Mahasiswa membaca reading material sesuai dengan rencana pembelajaran semester (course outline) dan handout pdf

    2A. 4

    Mahasiswa membaca dan menganalisis empat contoh artikel dengan desain penelitian kuantitatif

    2A. 5

    Mahasiswa memberikan pertanyaan yang belum dipahami pada forum diskusi (JIKA ADA). Forum diskusi akan dibuka sampai dengan Minggu, 7 Juni 2020 Pukul 16:00 WIB.

    2A. 6

    Mahasiswa mengerjakan kuis. Kuis dibuka dari Kamis 4 Juni 2020 Pukul 00:00 WIB sampai dengan Minggu, 7 Juni 2020 Pukul 23:59 WIB



     

    • Restricted Not available unless: The activity (Missing activity) is marked complete
    • Activity 2A. 3 - Mahasiswa membaca reading material sesuai dengan rencana pembelajaran semester (course outline) dan handout pdf File
      Restricted Not available unless: The activity Activity 2A. 2 - Mohon mahasiswa dapat menonton vi... is marked complete
    • Activity 2A. 4 - Membaca dan menganalisis contoh artikel dengan desain penelitian kuantitatif Folder
      Restricted Not available unless:
      • The activity Activity 2A. 2 - Mohon mahasiswa dapat menonton vi... is marked complete
      • The activity Activity 2A. 3 - Mahasiswa membaca reading material sesuai dengan rencana pembelajaran semester (course outline) dan handout pdf is marked complete