Weekly outline

  • KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN

    PENDIDIKAN KESEHATAN:

    Komunikasi Dalam Keperawatan

    Dosen: Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID

     

    INFORMASI BLOK

    A.        Nama dan bobot SKS, dan Semester 

    Nama Blok

    :

    Pendidikan Kesehatan: Komunikasi Keperawatan

    Bobot SKS

    :

    2 sks

    Semester

    :

    2

                 

    B.         Deskripsi Blok

    Assalamualaikum semuanya, 

    Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Blok Komunikasi Kesehatan dalam Keperawatan ini.

    Blok Komunikasi Keperawatan merupakan mata kuliah di tahun pertama semester kedua dari Kurikulum Blok 2016 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Kajian utama dalam blok ini adalah komunikasi dalam keperawatan. Komunikasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang perawat. Blok ini akan membahas tentang prinsip dasar komunikasi dan keterampilan interpesonal  yang akan digunakan dalam praktek keperawatan profesional.

    Bentuk kegiatan pembelajaran di dalam blok ini terdiri dari small group discussion (mentoring), perkuliahan melalui metode ceramah dan tanya jawab, kuliah daring, skills lab dan penugasan. Semua bentuk proses pembelajaran yang digunakan menggunakan pendekatan student centered learning sehingga mahasiswa harus berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Beban studi 4 sks terdiri dari 2 sks kuliah, 1 sks praktikum dan 1 sks tutorial. Setelah menyelesaikan blok ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep komunikasi perawat yang profesional dan islami.

     

     

    • A. Health Communication

      Health Communication atau komunikasi kesehatan adalah hal yang penting dalam komunikasi dengan pihak-pihak lain dalam konteks kesehatan. Berikut ini adalah sesi 1 kuliah modul digital, yang akan menjelaskan tentang konsep-konsep komunikasi kesehatan.

    • B. Information and Communication Technology (ICTs)

      Pada bagian modul digital kali ini, akan dibahas tentang apa itu Information dan Communication Technology untuk bidang Kesehatan. Modul ini akan berisi penjelasan Dosen tentang ICTs. Pada modul ini, akan difokuskan untuk:

      1. Penggunaan teknologi sebagai akses informasi

      2. Teknologi komunikasi

    • C. Communication and Social Media

      Halo Mahasiswa semua,

      Dalam Sesi modul digital kuliahonline ini, kita akan membahas Komunikasi dalam Media Sosial (Communication on Social Media). Apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan mesia sosial untuk komunikasi kesehatan? Yuk kita simak tayangan digital berikut smile

    • D. Health Communication Characteristic

      Sesi ini akan membahas kasus yang menunjukkan sebuah strategi dalam promosi kesehatan. Strategi promosi kesehatan menjadi penting untuk dapat melibatkan banyak komponen publik menjadi bagian hidup sehat. 

      Pada kasus di bawah ini, ditunjukkan tentang adanya sebuah inisiasi kampus sehat hasil kerjasama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Kementerian Kesehatan RI. Program ini mengusung beberapa fokus kegiatan, sebagai berikut:

      1. Program Smoke Free Campus

      2. Program Green Campus

      3. Disability Friendly Campus

      4. Kampus yang menyediakan makanan sehat dan halal

      5. Kampus tanggap emergency

      Komunikasi kesehatan selain ditampilkan dalam bentuk kebijakan atau policy untuk tujuan health promotion, juga dilakukan melalui pendekatan berbasis keluarga. tujuannya yaitu untuk memberikan media promosi kesehatan yang lebih mudah difahami pasien. Berikut adalah contoh-contoh media komunikasi kesehatan:

      1. promosi kesehatan senam diabetes

      2. Video untuk menjelaskan tahapan relaksasi otot progresif

      3. Video senam otak lansia

    • E. Policy Advocacy

      Policy Advocacy merupakan hal yang perlu diketahui dalam komunikasi kesehatan. Dalam sebuah program kesehatan, tidak menutup kemungkinan kita akan dihadapkan pada berbagai pihak yang memiliki kepentingan masing-masiong. Di sinilah pentingnya mengetahui strategi policy advocacy, seperti yang disampaikan pada modul digital berikut

    • F. Edukasi Gizi dalam Keluarga

      Dalam sesi modul digital ini, akan dibahas tentang pentingnya melakukan komunikasi kesehatan dalam bentuk penyuluhan kesehatan. Contoh dalam modul digital kali ini adalah tentang Edukasi Gizi Makanan oleh salah seorang Mahasiswa: