Weekly outline

  • SALAM PEMBUKA

    Selamat bergabung di Sistem Pembelajaran Dalam Jaringn (Daring) PGSD UAD dalam mata kuliah Penelitian Pendidikan (0565720/mk40)

    Secara Lebih detal silakan anda simak penjelasan atau pengantar perkuliahan dalam video berikut ini

    Deskripsi Metode Penelitian Pendidikan 

    Oleh: M. Ragil Kurniawan

    Beberapa referensi yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut:

    1. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
    2. Burhan Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
    3. Burhan Bungin. (2010). Penelitian Kuaalitatif Jakarta: Kencana
    4. Fred N. Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: UGM Press
    5. Nana Syaodih. (2010). Metode penelitian pendidikan­. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    6. Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
    7. McMillan, J.H. & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidence-Based Inquiry edition. Boston: Pearson
    8. Gall, Meredith D., Joyce, P. & Borg, Walter R. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education .
    9. Spaulding,Dean.T, & Katherine,H. 2006. Methods in Educational Research.USA: Jossey Bass.

     

  • PEKAN PERTAMA- Hakekat Penelitian

    Pada pekan pertama ini secara tema umum kita akan belakar tentang: Kebenaran dan cara memperoleh kebenaran serta Mengaitkan metode ilmiah dengan penelitian pendidikan. secara spesifik komponen materi pada pekan pertama ini adalah: (1) Ragam  konsep kebenaran dan cara memperolehnya. (2) Metode ilmiah, (3) Hakikat penelitian pendidikan, (4) Pengertian penelitian Rasionalisasi pentingnya penelitian.

    Guna memudahkan proses pembelajaran pada pertemuan pertama ini, terdapat beberapa sumber belajar yang dapat anda manfaatkan untuk mempelajari materi-materi pada pertemuan pertama ini. Diantaranya terdapat sumber belajar yang berbentuk verbal-teks yang dapat anda unduh dan baca saat kondisi offline atau tidak harus dibaca dalam kondisi terhubung dengan internet. Sumber belajar verbal-teks tersebut juga dapat anda cetak/print setelah anda unduh.

    Selain sumber belajar verbal-teks, terdapat sumber belajar lain yang berupa video pembelajaran. Video pembelajaran ini juga dapat anda unduh dan anda pelajari saat kondisi offline.

    selamat belajar selamat berprestasi

    • Peta keseluruhan Hakekat Penelitian File 288.5KB Powerpoint presentation
  • PEKAN KEDUA - Konsep Dasar dan Ragam jenis Penelitian

    Pada Pekan kedua ini Anda akan belajar tentang konsep dasar penelitian pendidikan serta Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan. adapun cakupan materi secara spesifik yaitu: (a) Tujuan dan fungsi penelitian pendidikan, (b) Alur dan ragam penelitian pendidikan, (c) Penelitian berdasar  bidang,  tujuan, metode, explanasi dan waktu, (d) Penelitian berdasar tingkat kealamiahan (tempat penelitian), (e) Istilah dalam penelitian pendidikan.

    Terdapat beberapa sumber belajar pada pekan kedua ini. diantaranya yang berformat video dan teks. Kedua format sumber belajar tersebut dapat anda unduh dan anda pelajari dalam kondisi offline atau tidak terhubung dengan internet.

  • PEKAN KETIGA - Prosedur Penelitian

    Setelah secara Umum Anda belajar tentang hakekat penelitian dan Ragam jenis penelitian, kini saatnya anda mulai spesifik mempelajari tentang prosedur penelitian. pada pertemuan ke tiga ini anda akan belajar tentang Persyaratan dan prosedur penelitian. Adapun materi secara spesifik pada pekan ketiga ini adalah tentang langkah-langkah menyusun penelitian, tahapan penelitian, hingga prasyarat dan prosedur penelitian.

    Terdapat beragam sumber belajar yang disediakan pada pekan ke-tiga ini, silakan anda baca dan pahami seluruh materi yang disediakan. setelah anda menguasai materi berasal dari sumber belajar yang disediakan, silakan anda lanjutkan mengerjakan tugas untuk mengelaborasi kompetensi anda terkait dengan seluruh materi di pertemuan ke-tiga ini. selain tugas terdapat Kuis yang berfungsi untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi anda terkait dengan seluruh materi pada pertemuan ke-tiga ini. selamat belajar

  • Pekan KeEmpat - Pendekatan Penelitian

    Assalamualaikum wrwb

    Pekan keempat ini Anda akan belajar tentang Pendekatan dalam Penelitian Pendidikan. Secara spesifik kompetensi yang harus anda kuasai pada pekan keempat ini adalah: (a) Mampu memahami Definisi Pendekatan Penelitian; (b) Memahami Jenis-jenis pendekatan; (c) Memahami Karakter masing-masing pendekatan; (d) Mampu menggunakan Teknik penentuan pendekatan; (e) Mampu menerapkan Contoh kasus penggunaan keragaman kasus dalam pendekatan penelitian pada dunia pendidikan.

    Terdapat beragam sumber belajar yang disediakan pada pekan ke-empat ini, silakan anda baca dan pahami seluruh materi yang disediakan. Setelah anda menguasai materi berasal dari sumber belajar yang disediakan, silakan anda lanjutkan mengerjakan tugas untuk mengelaborasi kompetensi anda terkait dengan seluruh materi di pertemuan ke-empat ini. selain tugas terdapat Kuis yang berfungsi untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi anda terkait dengan seluruh materi pada pertemuan ke-empat ini. Selamat belajar

  • PEKAN KELIMA - Masalah dan Penelitian

    Assalamualaikum WrWb

    Setelah anda selesai belajar tentang pendekatan penelitian, saat ini anda berlanjut untuk belajar tentang hal yang lebih spesifik dalam penelitian, yaitu tentang Masalah dan penelitian. Pekan kelima ini akan mengkaji secara menyeluruh tentang kaitan antara masalah dan penelitian. Beberapa kompetensi yang perlu dijawab pada pekan kelima ini adalah: 

    • Bagaimana Memilih dan merumuskan masalah penelitian?
    • Apa saja Sumber masalah penelitian?
    • Bagaimana Teknik merumuskan masalah penelitian?
    • Apa kaitan antara Masalah & judul penelitian?
    • Apa Kriteria masalah dlm penelitian?
    • Bagaimana bentuk pernyataan masalah penelitian?
    • Apa Jenis permasalahan penelitian?
    • Bagaimana mengidentifikasi jenis penelitian berdasarkan judul?

    Terdapat beragam sumber belajar yang disediakan pada pekan ke-limaini, silakan anda baca dan pahami seluruh materi yang disediakan. Setelah anda menguasai materi berasal dari sumber belajar yang disediakan, silakan anda lanjutkan mengerjakan tugas untuk mengelaborasi kompetensi anda terkait dengan seluruh materi di pertemuan ke-lima ini. selain tugas terdapat Kuis yang berfungsi untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi anda terkait dengan seluruh materi pada pertemuan ke-lima ini. Selamat belajar

  • PERTEMUAN KEENAM - Landasan Teori

    Assalamualaikum WrWb

    Selamat, anda telah memasuki Pekan keenam. Pada pekan keenam ini akan spesifik membahas tentang Landasan Teori dalam sebuah penelitian. secara khusus pekan keenam ini adalah tentang:

    • Konsep landasan teori
    • Kegunaan/fungsi landasan teori dalam proses penelitian
    • Deskripsi landasan teori
    • Kerangka berpikir
    • Mengkaji hipotesis (contoh hipotesis, hubungan hipotetsis&penelitian, dll)
    • Berbagai bentuk hipotesis?
    • Beda hipotesis dengan pertanyaan penelitian?

    Terdapat beragam sumber belajar yang disediakan pada pekan ke-enam ini, silakan anda baca dan pahami seluruh materi yang disediakan. Setelah anda menguasai materi berasal dari sumber belajar yang disediakan, silakan anda lanjutkan mengerjakan tugas untuk mengelaborasi kompetensi anda terkait dengan seluruh materi di pertemuan ke-enam ini. selain tugas terdapat Kuis yang berfungsi untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi anda terkait dengan seluruh materi pada pertemuan ke-enam ini. Selamat belajar

  • PEKAN KETUJUH - Variabel Penelitian

    Assalamualaikum wrwb

    Beberapa materi spesifik yang harus anda kuasai pada pekan ketujuh ini adalah:

    • Pengertian dan macam variabel Penelitian
    • Jenis-jenis variabel penelitian
    • Variabel dan data
    • Variabel sebagai objek penelitian
    • Hubungan-hubungan variabel penelitian
    • Perbedaan variabel dan Objek penelitian
    • komponen variabel penelitian dalam sebuah judul dan rumusan masalah penelitian

    Terdapat beragam sumber belajar yang disediakan pada pekan ke-tujuh ini, silakan anda baca dan pahami seluruh materi yang disediakan. Setelah anda menguasai materi berasal dari sumber belajar yang disediakan, silakan anda lanjutkan mengerjakan tugas untuk mengelaborasi kompetensi anda terkait dengan seluruh materi di pertemuan ke-tujuh ini. selain tugas terdapat Kuis yang berfungsi untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi anda terkait dengan seluruh materi pada pertemuan ke-tujuh ini. Selamat belajar

    • UJIAN TENGAH SEMESTER

      SELAMAT MENJALANKAN UJIAN TENGAH SEMESTER.

      Adapun aturan tentang ujian tengah semester akan disampaikan secara Tatapmuka

      • 4 November - 10 November

      • UJIAN AKHIR SEMSTER (UAS)

        SELAMAT MENJALANKAN UJIAN AKHIR SEMESTER.

        Adapun aturan tentang ujian tengah semester akan disampaikan secara Tatap muka