Topic outline

  • Deskripsi Mata Kuliah Nihon Bungaku Nyuumon

    Selamat datang di Mata Kuliah Nihon Bungaku Nyumon, mari kita belajar pengantar sejarah kesusastraan Jepang dengan Gembira.. ;)


    A.      IDENTITAS MATA KULIAH   

                                                           

    Mata Kuliah                        : Nihon Bungaku Nyuumon                                        

    Kode Mata Kuliah               : SAJ1221KU                                      

    SKS                                        : 2 SKS

    Semester                              : 4 (Empat)

    Mk Prasyarat                       : -

    Dosen                                   :

    siru

    Silvia Damayanti

    mail: siruvia28@gmail.com/ silvia_damayanti@unud.ac.id

    Ari Sulatri
    Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si.
    mail : ari_sulatri@unud.ac.id 

    Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.S., M.Hum.
    mail: laksmita_sari@unud.ac.id



     

    B.    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah Nihon Bungaku Nyuumon merupakan mata kuliah pengantar bagi mata kuliah kesusastraan Jepang (Nihon Bungaku no Bunseki dan Shi to Geki no Bunseki). Mata kuliah ini membahas mengenai pembabakan kesusastraan Jepang secara umum, membahas karya-karya sastra yang palig terkenal dan mewakili jamannya. Kaitannya dengan kompetensi lulusan PS yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mengetahui dan memahami khasanah kesusastraan Jepang. Sehingga mampu mengapresiasi dan menelaaah kesusastraan Jepang.

     

    C.     Tujuan Mata Kuliah

    Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa Mahasiswa mampu memahami sejarah kesusastraan Jepang, jenis karya sastra, sastrawan, dan hasil karya sastranya. Mampu mengapresiasi dan menelaah karya sastra Jepang.Untuk memperoleh manfaat tersebut, pelaksanaan kuliah diadakan dalam pertemuan daring bentuk asinkron berupa pemberian materi, latihan, pemberian tugas terstruktur, dan tugas mandiri.

     

    D.    Metode Pembelajaran

    Perkuliahan ini dilakukan dengan sinkron maya, serta asinkron mandiri dan kolaboratif.  Sinkron maya dilakukan untuk mempelajari melalui vidio dan diskusi. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa di berikan tugas-tugas berupa tugas tugas terstrurktur dan tugas mandiri.Sedangkan asinkron madiri dilakukan dengan pemberian tugas agar mahasiswa belajar sendiri melalui vidio, ppt, ataupun aplikasi yang diberikan. Asinkron kolaboratif berupa tugas yang diberikan kepada mahasiswa yang dilakukan secara berkelompok. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diiformasikan pada awal perkuliahan.

     

    E.  Materi

     

    No

    POKOK BAHASAN

    Minggu ke

    1)

     Jodai Bungaku:.        

    a. Dunia Mitologi Zaman Jodai: Kojiki

    b. Kayo, Kanshinbun, Manyoushuu

     

    1, 2, 3

    2)

    Chuuko Bungaku :

    a.     Setsuwa dan Kayou Zaman Heian

    b.    Kesusastraan Puisi dan Nyanyian Jepang zaman Heian

    c.     Nikki & Zuihitsu

    d.     Monogatari pada Zaman Heian

    4, 5, & 6

    3)

     UTS 

    7

    4)

     Chuusei Bungaku:

    a.     Waka dan Renga pada Zaman Abad Pertengahan 

    b.    Nikki dan Zuhitsu pada Abad Pertengahan

    c.     Monogatari dan Setsuwa pada Zaman Abad Pertengahan

    d.    Sejarah perkembangan  Seni Pertunjukan dan Perkembangan Teori Puisi Jepang pada Zaman Abad Pertengahan

    8, 9, 10

    5)

    Kinsei Bungaku:

    a.     Sejarah perkembangan Puisi Jepang pada Zaman Pra Modern

    b.    Sejarah perkembangan  Prosa Pada Zaman Pra Modern

    Sejarah perkembangan

    11, 12

    6)

     Kindai Bungaku:

    a.     Sejarah perkembangan Puisi pada Zaman Modern

    b.    Sejarah perkembangan Prosa Pada Zaman Modern

    c.     Sejarah perkembangan Pertunjukan pada Zaman Modern

    13, 14, & 15

    6

     UAS

    16

    F.     Bahan Bacaan

     

    1. Akiyama,Suzushi.2010.Shin Nihon Bungaku Shi.Tokyo: Buneido
    2. Asoo, Isoji, dkk, 1983,Sejarah Kesusastraan Jepang, Jakarta, UIP.
    3. Rosidi, Ajip, 2000, Mengenal Sastra dan Sastrawan Jepang, Jakarta, GPU.
    4. Yoshio, Ogawa, 2003, Arasuji de Yomu Nihon meichou, Tokyo, rakushokan

     

    G.    Evaluasi

    Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut:

    Sinkron         

    UTS                                        :15%

    UAS                                       :15%

    Asinkron                                             

    Kuis                                        : 20%

    Project Work                     : 15%

    Total                                      :100%

     

    H. RPS dan Kontrak Perkuliahan

    Dilengkapi dengan RPS dan Kontak Perkuliahan

    • Joudai no Bungaku (上代の文学)

    • Chuuko no Bungaku (中古の文学)

    • Chuusei no Bungaku (中世の文学)

    • UTS

    • KINDAI BUNGAKU

    • UJIAN AKHIR SEMESTER