KB 3 : PEMBELAJARAN DIGITAL
Pada
pembelajaran ini, Saudara akan mengkaji tentang apa itu pembelajaran digital
dan prinsip- prinsip apa saja yang sebaiknya diperhatikan pada saat Saudara
akan menerapkan pembelajaran ataupun kelas digital.
Perkembangan
teknologi memang akan selalu pesat dalam era globalisasi seperti sekarang ini.
Keadaan demikian tidak bisa kita hindari sebagai seorang pendidik. Bukan
berarti kita harus menolak untuk merespon keadaan ini, melainkan kita harus
kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi agar pembelajaran pun tidak
lagi monoton dan hanya mempertahankan kebiasaan mengajar secara tradisional.
Optimalisasi Pemanfaatan ICT untuk Pembelajaran Abad 21 menjadi sangat mendesak
untuk dikembangkan.
Pembelajaran
digital ini dikaji dengan tujuan Saudara sebagai guru nantinya akan dapat
mengoptimalkan belajar peserta didik melalui penggunaan teknologi digital dan
pendekatan pedagogi yang tepat. Dengan menguasai pembelajaran digital
diharapkan Saudara Mahasiswa sebagai guru nantinya akan mampu menghantarkan
peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah yang mereka
hadapi secara kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, serta lebih
efektif, dan efisien. Dengan demikian, kualitas proses pembelajaran yang
Saudara lakukan nantinya dapat terus ditingkatkan menggunakan pendekatan
pedagogi dan teknologi yang tepat sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi
Capaian Pembelajaran dan Pokok
Materi
Capaian Pembelajaran
Setelah
mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 3 Modul 3 ini, Saudara
diharapkan mampu menjelaskan konsep, prinsip, dan bentuk pembelajaran digital,
serta penerapannya dalam praktek pembelajaran di kelas.
Adapun
tingkat penguasaan Saudara
terhadap Capaian Pembelajaran
Kegiatan
Belajar 3 ini secara rinci akan diukur dari kemampuan Saudara dalam:
- Menjelaskan
konsep dan prinsip pembelajaran digital;
- Mengidentifikasi
bentuk-bentuk pembelajaran digital; dan
- Menjelaskan
penerapan pembelajaran digital dalam praktek pembelajaran di kelas.
Pokok
Materi
- Konsep
dan prinsip pembelajaran digital
- Ragam
pembelajaran digital
- Pembelajaran
digital dalam praktek pembelajaran di kelas
KB 4: MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING
Kegiatan
pembelajaran kali ini, Saudara akan mengkaji materi-materi terkait dengan
konsep, karakteristik, ragam model, beserta contoh penerapan dari model
pembelajaran blended learning. Kajian materi dalam modul ini ditujukan
sebagai salah satu referensi bagi Saudara untuk dapat memahami serta mampu
menyusun kegiatan belajar di kelas berdasarkan konsep, karakteristik, beserta
ragam model pembelajaran blended learning.
Model blended
learning mulai banyak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah
karena dianggap mampu memfasilitasi kecepatan dan kebutuhan belajar peserta
didik yang beragam (Prescott dkk, 2018). Melalui kombinasi antara peran guru
sebagai fasilitator beserta dengan pemanfaatan teknologi dalam model
pembelajaran ini, peserta didik dapat menyesuaikan proses belajarnya dengan
kemampuan dan kebutuhannya. Selain itu, model pembelajaran blended learning juga
memungkinkan guru untuk dapat membantu peserta didik yang menemui masalah dalam
pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok (Ololube, 2011). Selain
itu, sistem pembelajaran online yang digunakan dalam model blended
learning juga memungkinkan siswa untuk lebih banyak mengeksplor materi
pembelajaran sehingga terdapat variasi dalam kegiatan belajar.
Model
pembelajaran blended learning merupakan salah satu model pembelajaran
yang dapat mengakomodasi upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai
dengan tuntutan dan tantangan era abad 21 dan era insutri 4.0. Melalui
kombinasi antara pembelajaran tradisional (tatap muka) dilengkapi dengan sesi
pembelajaran online, akan memungkinkan Saudara sebagai guru untuk dapat
lebih banyak memvariasikan proses dalam memberikan pengalaman belajar bagi
peserta didik. Melalui pengalaman belajar yang beragam, peserta didik
diharapkan mampu menguasai keterampilan sesuai dengan kriteria pendidikan abad
21 dan era industri 4.0, yaitu berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi,
keterampilan dalam hal berkomunikasi, serta kemampuan terkait literasi
teknologi.
Capaian Pembelajaran dan Pokok
Materi
Capaian Pembelajaran
Setelah
mempelajari keseluruhan materi pada Kegiatan Belajar 4 Modul 3 ini, Saudara
diharapkan dapat dapat menentukan rancangan model pembelajaran "blended
learning" yang tepat di kelas.
Setelah
mempelajari materi dalam KB 4 modul ini, secara lebih rinci
diharapkan Saudara Mahasiswa dapat :
- Menjelaskan
konsep pembelajaran blended learning
- Menjelaskan
karakteristik model pembelajaran blended learning
- Menjelaskan
model-model pembelajaran blended
learning dalam pembelajaran.
- Menentukan
rancangan model pembelajaran blended learning yang tepat di
kelasnya
Pokok
Materi
- konsep
pembelajaran blended learning
- karakteristik
model pembelajaran blended learning
- Model-model
pembelajaran blended learning
- Merancang
model pembelajaran blended learning
Untuk
dapat menguasai capaian pembelajaran pada Kegiatan Belajar 3 & 4, silakan Anda
pelajari modul berikutnya!