Topic outline

  • DAH1G2 - Bahasa Inggris II (General English - Talking about Past Experiences) - Prodi D3 Sistem Informasi

    Identitas Mata Kuliah
    PROGRAM STUDI

    :

    D3 Sistem Informasi (d/h Manajemen Informatika)

    FAKULTAS

    :

    Ilmu Terapan

    KODE MK

    :

    DAH1G2

    NAMA MK

    :

    Bahasa Inggris II (General English - Talking about Past Experiences)

    SEMESTER PENGAMPUAN

    :

    Ganjil

    NAMA KETUA TIM PERANCANG

    :

    Dr. Pikir Wisnu WIjayanto

    NAMA ANGGOTA TEAM

    :

    -

    NAMA KELOMPOK KEAHLIAH

    :

    Applied Information System

    JUMLAH POKOK BAHASAN

    :

    12

    REVISI KE BERAPA

    :

    nol


    Profil dan Sejarah MK

    Bahasa Inggris II adalah mata kuliah  lanjutan Bahasa Inggris 1 yang mendukung kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Mata kuliah ini akan menunjang kompetensi mahasiswa untuk mengungkapkan ide dan bertukar gagasan menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang dapat dipahami, sesuai konteks, lancar dan tanpa keraguan. Selain itu mata kuliah ini juga menunjang kompetensi mahasiswa dalam menanggapi dan memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

    1. Mata Kuliah ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu
    2. Mata Kuliah ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu
    3. Mata Kuliah ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu
    4. Mata Kuliah ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memperlihatkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu

    Kaitan Mata Kuliah Dengan Mata Kuliah Lainnya

    Sebelum mengambil mata kuliah ini, sebaiknya mahasiswa sudah mengambil mata kuliah bahasa Inggris I yang menekankan pada kemampuan Speaking

    Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahapan Pembelajaran (Peta CP)

    1. [P2] Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Past Experiences and Childhood Memories.
    2. [P3] Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Recommendations-Opinions-Community Issues-Controversial Topics
    3. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Past Experiences and Childhood Memories.
    4. [P2] Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Free Times and Weekend Activities in The Past.
    5. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Free Times and Weekend Activities in The Past.
    6. [P2] Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about Past Experiences and Unusual Activities.
    7. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about Past Experiences and Unusual Activities.
    8. [P2] Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life Changes; Plans and Hopes For The Better Future.
    9. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life Changes; Plans and Hopes For The Better Future.
    10. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about storytelling; unexpected recent past events.
    11. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait storytelling; unexpected recent past events.
    12. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about activities or hobbies; like and dislike; and experiences
    13. [[P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait activities or hobbies; like and dislike; and experiences
    14. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life In The Past, Present, and Future; Changes and Contrasts; Consequences.
    15. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait Life In The Past, Present, and Future; Changes and Contrasts; Consequences.
    16. [P2] Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Challenges; Accmomplishments; Goals; Volunteering.
    17. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait Challenges; Accmomplishments; Goals; Volunteering
    18. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic talking About The Media; News Stories; exceptional Events.
    19. [P3] Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Talking About The Media; News Strories; Exceptional Events
    20. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Talking About Historic Events and People; Blography; The Future.
    21. [P3] Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Talking About Historic Events and People; Blography; The Future
    22. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Unexplained Events; Reactions; Complicated Situations and Advice.
    23. [P3] Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Unexplained Events; Reactions; Complicated Situations and Advice
    24. [P3] Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Recommendations-Opinions-Community Issues-Controversial Topics.


    Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan

    Kajian 1


    Kajian 2



    Kajian 3



    Rencana Pembelajaran :

    Anda bisa mengikuti mata kuliah ini melalui kelas reguler, kelas blended, atau melalui kelas jarak jauh (PJJ)/ fully online learning. Untuk mengikuti pembelajaran MK ini secara optimal, diharapkan students mengikuti rancangan pembelajaran mata kuliah  Bahasa Inggris II (General English - Talking about Past Experiences) sebagai berikut

    1. Rancangan Pembelajaran untuk students mode Reguler (Flip Classroom).
    2. Rancangan Pembelajaran untuk students mode Pembelajar Jarak Jauh (PJJ).
    3. Rancangan Pembelajaran untuk students mode Blended Learning. Rancangan blended learning pada MK ini sebenarnya adalah mengganti pertemuan tertentu pada mode reguler dengan mode online learning (PJJ).  Ketika pada pertemuan tertentu dijalankan dengan online learning (PJJ) maka, rancangan belajar yang digunakan pada pertemuan itu adalah rancangan pembelajaran mode PJJ (online learning), sedangkan jika pertemuan tertentu akan dilakukan dengan tatap muka (reguler), maka rancangan belajar pada pertemuan tersebut adalah mengikuti mode rancangan belajar reguler dengan Flip Classroom.


    Best Practice (Tips) Mengikuti Mata Kuliah Ini

    Cara belajar terbaik adalah dengan mengerjakan tugas yang diberikan (project based learning). Dalam mengerjakan tugas atau proyek yang diberikan, mahasiswa harus diberikan template pengerjaan. Jadi sebagai mahasiswa, teori akan lebih dipahami dengan mengerjakan tugas berdasarkan template yang diberikan oleh Dosen. Diharapkan dengan project based learning yang dikolaborasikan dengan LKS (lembar kerja siswa), capaian belajar di MK ini akan dapat dicapai dengan lebih maksimal. Untuk pemahaman konsep, cara terbaik belajar adalah membuat mind mapping konsep kemudian dipresentasikan melalui video presentasi atau oral presentation.

    Sertifikasi Berkaitan Dengan MK

    TOEFL, TOEIC, EPRT or ECCT.

    Dosen (Tutor) Pengampu

    Dr. Pikir Wisnu Wijayanto & team

    Referensi Mata Kuliah

    1. Azar, B.S, Koch, R.S, & Hagen S.A. 2016. Understanding and Using English Grammar (5th Ed Workbook). Pearson Education, Inc.
    2. Murphy, R. 2019. English Grammar in Use (5th Ed). Cambridge: Cambridge University Press.
    3. Richards, J.C. 2017. New Interchange 1-3 (5th Ed), Student's Book. Cambridge: Cambridge University Press.
    4. Redman, S. 2017. English Vocabulary in Use: Pre-Intermediate and Intermediate (4th Ed). Cambridge: Cambridge University Press.
    5. Sharpe, P. J. (2013). TOEFL iBT; 14th Ed. New York: Barons Education Series.
    6. Wright, S. W. & Sukur S. G. (2012). Soal-Soal Grammar TOEFL. Yogyakarta: Kalarana Press.


  • Topic 1 - Week 1: Talking about People, Childhood and Memories

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 01: Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 01 & 02:

    1. Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Past Experiences and Childhood Memories.
    2. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Past Experiences and Childhood Memories

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 1)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 1).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 1 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 1 :

    Subtopics:

    1. How to talk about your childhood memories
    2. Grammar: Simple Past Tense
    3. How to exchange personal information and ask about someone’s childhood
    4. How to write a paragraph about “Your Childhood”
    5. Example of articles or texts related to “Childhood Memory”.

  • Topic 2 - Week 2: Talking about free times and weekend activities in the past

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 01: Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 01 & 02:

    1. Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Free Times and Weekend Activities in The Past.
    2. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Free Times and Weekend Activities in The Past.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 2)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 2).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 2 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 2 :

    Subtopics:

    1. How to talk about past events related to free-time activities.
    2. Grammar: Simple Past Tense-Past of be
    3. How to talk about past experiences (unforgettable experiences)
    4. How to write about the topic of “Your Vacations”

  • Topic 3 - Week 3: Talking about past experiences; and unusual activities

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 01: Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 01 & 02:

    1. Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about Past Experiences and Unusual Activities.
    2. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about Past Experiences and Unusual Activities.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 3)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 3).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3 manfaatkan forum diskusi Minggu 3 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.

    Peta Pembelajaran Minggu 3 :

    Subtopics:

    1. How to describe and exchange information about past experiences and events
    2. Grammar: Grammar: Present perfect yes/no and Wh-questions, Statements, and Short Answers
    3. How to Write a Personal Experience “Expectations Fulfilled or Unfulfilled”
    4. Example of article or text related to  “unusual activities”


  • Topic 4 - Week 4: Talking about life changes; plans and hopes for the better future

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 01: Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 01 & 02:

    1. Mahasiswa mampu menanggapi pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life Changes; Plans and Hopes For The Better Future.
    2. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life Changes; Plans and Hopes For The Better Future.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 4)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 4).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 4 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.

    Peta Pembelajaran Minggu 4 : 

    Subtopics:

    1. How to Describe Changes
    2. Grammar: Describing Changes with the Present Tense, the Past Tense, the Present Perfect, and the Comparative;
    3. How to Talk about Plans for the Future
    4. Grammar: Verb + Infinitive
    5. How to Write a Plan.
    6. Example of articles or texts related to personal goals and priorities


  • Topic 5 - Week 6: Talking about storytelling; unexpected recent past events

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu

    Sub CLO 02 & 03:

    1. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about storytelling; unexpected recent past events.
    2. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait storytelling; unexpected recent past events.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 4)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 4).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 4 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.

    Peta Pembelajaran Minggu 6 : 

    Subtopics:

    1. How to Talk about Storytelling: Unexpected Recent Past Events
    2. Grammar: Present Perfect; since and for
    3. How to Describe Recent Past Experiences Events
    4. Grammar: Simple Past and Present Perfect (1)
    5. How to Write an Email to Old Friend about your Story
    6. Example of article or Text related to “Unusual Activities”.



  • Topic 6 - Week 7: Talking about activities or hobbies; like and dislike; and experiences

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 02 & 03:

    1. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik talking about activities or hobbies; like and dislike; and experiences.
    2. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait activities or hobbies; like and dislike; and experiences.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 6)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 6).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 6 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.

    Peta Pembelajaran Minggu 7 :

    Subtopics:

    1. How to talk about food; express likes and dislikes; describe a favorite snack

    2. Grammar: Simple past vs. present perfect (2)

    3. How to giving step-by-step instructions

    4. Grammar: Sequence adverbs: first, then, next, after that, finally

    5. How to write a recipe using cooking methods and sequence adverbs

    6. Example of article or text related to how to give step-by-step instructions


  • Topic 7 - Week 8: Talking about life in the past, present and future; changes and contrast consequences.

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu

    Sub CLO 02 & 03:

    1. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Life In The Past, Present, and Future; Changes and Contrasts; Consequences.
    2. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait Life In The Past, Present, and Future; Changes and Contrasts; Consequences.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 7)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 7).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 7 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 8:

    Subtopics:

    1. How to Talk About Change and Compare Time Periods
    2. Grammar: Time Contrasts; Past, Present, and Future
    3. How to Describe Possible Consequences
    4. Grammar: Conditional Sentences with If Clauses
    5. How to Write a Description of a Person
    6. Example of Article or Text Related to Description of a Person

  • Topic 8 - Week 9: Talking about challenges; accomplishments; goals; volunteering.

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 02: Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu

    Sub CLO 02 & 03:

    1. Mahasiswa mampu mempertunjukkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan topik Talking About Challenges; Accmomplishments; Goals; Volunteering.
    2. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait Challenges; Accmomplishments; Goals; Volunteering

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 8)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 8).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 8 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 9:

    Subtopics:

    1. How to Talk About Change and Compare Time Periods
    2. How to Describe Challenges, Frustrations, and Rewards
    3. Grammar: Complex Noun Phrases Containing Gerunds
    4. How to Describe Past Accomplishments
    5. Grammar: Accomplishments with the Present Perfect and Simple Past
    6. How to Write a Personal Statement for an Application Describing Accomplishments
    7. Article or Text Related to Accomplishments


  • Topic 9 - Week 11: Talking about the media; new stories; exceptional events

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 04: Mahasiswa mampu memperlihatkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 03 & 04:

    1. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic talking About The Media; News Stories; exceptional Events.
    2. Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Talking About The Media; News.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 9)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 9).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 9 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 11:

    Subtopics:

    1. How to Narrate a Story and Describe Recently Past Events
    2. Grammar: Past Continuous vs. Simple Past
    3. How to Write Short Story
    4. Examples of Articles or Texts Related to Short Story

  • Topic 10 - Week 12: Talking about historic events and people; biography; the future.

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 04: Mahasiswa mampu memperlihatkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 03 & 04:

    1. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Talking About Historic Events and People; Blography; The Future.
    2. Mahasiswa mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Talking About Historic Events and People; Blography; The Future

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 9)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 9).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 9 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 12:

    Subtopics:

    1. How to Talk about History Events
    2. Grammar: Referring to Time in the Past with Adverbs and Prepositions: during, in, ago, from…to, for, and since
    3. How to Write “A Biography”
    4. Examples of Articles or Texts related to Historic Events and a Biography

  • Topic 11 - Week 13: Talking about unexplained events; reactions; complicated situations and advice

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 04: Mahasiswa mampu memperlihatkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 03 & 04:

    1. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Unexplained Events; Reactions; Complicated Situations and Advice.
    2. Mahasiswa mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Unexplained Events; Reactions; Complicated Situations and Advice

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 11)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 11).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 11 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 13:

    Subtopics:

    1. How to Draw Conclusions; Offer Explanations; Describe Hypothetical Events; Give Advice for Complicated Situations
    2. Grammar: Past Modals for Degrees of Certainty; Past Modals for Judgments and Suggestions
    3. How to write a Complicated Situations
    4. Examples of articles or texts related to Strange Phenomena

  • Topic 12 - Week 14: Talking about recommendations-opinions-community issues-controversial topics.

    Capaian Pembelajaran 

    1. CLO 03: Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.
    2. CLO 04: Mahasiswa mampu memperlihatkan komunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima terkait dengan berbagai topik kegiatan dan pengalaman masa lalu.

    Sub CLO 03 & 04:

    1. Mahasiswa mampu mempraktikkan komunikasi lisan secara lisan secara efektif dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan berterima dengan Topic Recommendations-Opinions-Community Issues-Controversial Topics.
    2. Mampu memperlihatkan pemahaman secara kritis terhadap fakta, opini, atau gagasan dari teks bacaan Bahasa Inggris dengan Recommendations-Opinions-Community Issues-Controversial Topics.

    Yang harus Anda Lakukan Untuk Mencapai Capaian Pembelajaran

    1. Pelajari Materi di bawah ini berupa;  (a) lecturer note (ppt atau pdf), dan (b) link eksternal yang berkaitan
    2. Kerjakan quiz setelah mempelajari materi butir 1. (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 12)
    3. Kerjakan tugas sesuai deskripsi tugas (penting untuk anda dinyatakan hadir pada Minggu 12).
    4. Dalam pengerjaan tugas pada butir 3, manfaatkan forum diskusi Minggu 12 untuk menanyakan materi yang masih belum dipahami ketika mengerjakan tugas.


    Peta Pembelajaran Minggu 12:

    Subtopics:

    1. How to Give Opinions for and Against Controversial Topics; Offer a Different Opinion; Agree and Disagree
    2. Grammar: Giving Recommendations and Opinions with Passive Modals: should be, ought to be, must be, has to be, has got to be
    3. How to write about a Persuasive Essay
    4. Examples of articles or texts related to Deciding on Punishments for Common Offenses