Pengantar
Deskripsi Mata Kuliah
Perkembangan peserta didik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik mulai sejak usia dini, sekolah dasar, menengah dan dewasa. Memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahap-tahap perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan manusia dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan dari usia anak, remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin terjadi pada setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan. Serta mampu mengembangkan program belajar/kegiatan sebagai solusi dalam mengatasi masalah di setiap tugas perkembangan manusia (anak, remaja dan dewasa).
Topik Mata Kuliah
Referensi Utama:
- Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Yusuf. S.L.N. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawalipress.
Referensi Pendukung:
- Santrok, J.W. 2002. Life- Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Alih Bahasa oleh Juda Damanik, Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.
- Djiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
- Hurlock. E.B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti, dkk. Jakarta: Erlangga
- Gardner, H. 1993. Frames of Mind: The Theory of Mutiple Intelegence. London: Bombury Publishing. Inc
- Sumandi, I., Marthen, P & Hur. H. 2000. Perkembangan Peserta Didik. Malang: FIP Universitas negeri Malang.
- Goleman, D. 1995. Emotional Intelegence. New York. Batam
- Yusuf. S.L.N. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.