Weekly outline

  • General

    Media Pembelajaran


    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SD 



          Selamat Bergabung di mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran SD.

    Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar yang dapat digunakan untuk menstimulus pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang efektif. Melalui media pembelajaran, materi pembelajaran yang sulit dapat lebih mudah untuk dipahami oleh peserta didik. Media pembelajaran merupakan komponen integral dari sistem pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Tanpa media pembelajaran, proses belajar mengajar tidak dapat terjadi secara optimal karena media pembelajaran memuat informasi yang dapat berupa pengetahuan dan menjadi sarana bagi peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan media pembelajaran agar pembelajaran yang disampaikan dapat memotivasi peserta didik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa belajar terkait konsep pengembangan media pembelajaran, membuat media pembelajaran dan mengajar dengan menggunakan media yang dikembangkan dengan bertanggungjawab.

             Selamat Belajar.

    Dosen Pengampu

    FOTO ARNELIA

    Nama : ARNELIA DWI YASA, S.Pd, M.Pd

    NIDN  : 0720108901
    Email : arnelia@unikama.ac.id

    Perkuliahan pengembangan media pembelajaran dilakukan secara synkronus dan asynkronus.Kegiatan synkronus dilakukan melalui google meet. Sedangkan pada kegiatan asynkronus dilakukan melalui spada.  

    • Pertemuan ke 1

      Topik Perkuliahan

         :   

       Kontrak Perkuliahan


      Assalamualaikum wr wb. Selamat Pagi !
      Sebelum perkuliahan hari ini kita mulai, silakan berdoa terlebih dahulu!

      Para mahasiswa yang kami banggakan, pada pertemuan pertama ini kita akan membahas kontrak kuliah terlebih dahulu. Melalui kontrak kuliah ini, Anda akan mengetahui gambaran kegiatan perkuliahan kita selama satu semester. Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran SD  dilakukan selama 16 kali pertemuan dengan 1 kali UTS dan 1 kali UAS.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa dapat mejelaskan konsep pengembangan media pembelajaran, membuat media pembelajaran dan mengajar dengan menggunakan media yang dikembangkan dengan bertanggungjawab. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran/perkuliahan cenderung mengedepankan keterampilan proses dan pemecahan masalah. Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, diskusi ,tanya jawab, kerja kelompok dan presentasi. Secara lebih rinci terkait kontrak kuliah dan rencana perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran SD dapat dilihat pada file dibawah ini !


    • Pertemuan ke 2

      Topik Perkuliahan   :   Konsep media pembelajaran
      Kompetensi Mahasiswa   :   

      Mahasiswa dapat menjelaskan: terkait pengertian media pembelajaran, karakteristik media pembelajaran contoh media pembelajaran elektronik dan nonelektronik.


    • Pertemuan ke 3

      Topik Perkuliahan   :   

      Masalah penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar


      Kompenetnsi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat membuat instrumen wawancara dengan menggunakan Google Form untuk mengetahui permasalahan terkait penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar. 

    • Pertemuan ke 4

      Topik Perkuliahan   :    Menganalisis masalah penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar

      Kompenetnsi Mahasiswa   :   

      Mahasiswa dapat menjelaskan:

      1. Media pembelajaran yang digunakan di Sekolah.

      2. Masalah penggunaan media pembelajaran.

      3. Pemecahan masalah penggunaan media sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas.

      Assalamualaikum, selamat pagi para mahasiswa hebat abad 21!

      Pada pertemuan minggu kemarin, Anda telah membuat intrumen wawancara dengan menggunakan google form. Google form yang Anda buat, silakan diberikan kepada guru di sekolah. Setelah Anda memberikan google form tersebut, silakan dianalisis hasilnya. Apabila Anda telah menganalisis, silakan hasil analisis upload pada bagian menu tugas !

      Selamat Mengerjakan

      Media pembelajaran


    • Pertemuan ke 5

      Topik Perkuliahan   :   Menjelaskan hasil dari observasi di sekolah
      Kompenetnsi Mahasiswa   :   

      Membuat laporan hasil dari observasi :

      1. Hasil observasi penggunaan media pembelajaran di Sekolah.

      2. Permasalahan media pembelajaran yang digunakan di Sekolah

      3. Solusi dari permasalahan media yang digunakan di Sekolah.
      Selamat Pagi mahasiswa yang Budiman!
      Pada pertemuan sebelumnya, Anda telah membuat instrumen wawancara.
      Pada pertemuan hari ini, kita akan belajar membuat instrumen observasi. 

      Contoh instrumen observasi bisa Anda lihat pada pdf dibawah ini. Setelah Anda menyunsun instrumen observasi, lakukan observasi terkait penggunaan media pembelajaran di Sekolah. Observasi bisa dilakukan secara daring dan luring. Observasi daring dengan menggunakan platform (Googlemeet,Zoom dll). Observasi luring bisa dilakukan apabila sekolah terletak pada zona hijau. 

      Laporan observasi bisa diupload di menu tugas.
      Selamat Mengerjakan
    • Pertemuan ke 6

      Topik Perkuliahan   :  

      Study literatur jurnal pengembangan media pembelajaran.











      Kompetensi Mahasiswa
       















        :   

      spada

      Mahasiswa dapat menganlisis jurnal yang ada di Google Schoolar. Setelah itu, Anda silakan memilih dua artikel yang  terkait pengembangan media pembelajaran. Selanjutnya lakukan analisis terhadap artikel tersebut: 

      Selamat pagi mahasiswa abad 21 yang budiman

      Pada pagi ini, silakan menganalisis artikel yang ada pada Google Schoolar. Pilih dua artikel terkait pengembangan media pembelajaran. Setelah Anda mendapatkan dua artikel tersebut silakan analisis:

      1.  Judul artikel

      2. Metode penelitian yang digunakan pada artikel tersebut

      3. Hasil dan pembahasan penelitian 

      4. Kesimpulan 

      Dari hasil analisis, Anda akan mengetahui solusi dari permasalah terkait penggunaan media pembelajaran. 

      Selamat Belajar


    • Pertemuan ke 7

      Topik Perkuliahan   :    Model-model pengembangan media pembelajaran
      Kompetensi Mahasiswa   :    Mahasiswa dapat menjelaskan model-model pengembangan media pembelajaran


      Selamat Pagi semuanya,

      Semoga pada pagi hari ini dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita akan belajar model pengembangan media pembelajaran. Apa ada yang mengetahui hakikat dan jenis-jenis model pengembangan media pembelajaran?

      Model pengembangan diartikan sebagai proses desain konseptual dalam upaya peningkatan fungsi dari model yang telah ada sebelumnya, melalui penambahan komponen pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan kualitas pencapaian tujuan (Sugiarta, 2007:11).

      1. Model ASSURE merupakan suatu model yang merupakan sebuah formulasi untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Menurut Heinich et al (2005) model ini terdiri atas enam langkah kegiatan yaitu: Analyze Learner  (Analisis Pelajar), States Objectives  (Menyatakan Tujuan), Select Methods, Media, and Material (Pemilihan Metode, media dan bahan), Utilize Media and materials (Penggunaan Media dan bahan), Require Learner Participation (Partisipasi Pelajar di dalam kelas), Evaluate and Revise (Penilaian dan Revisi).
      2. Model Hannafin dan Peck ialah model desain pengajaran yang terdiri dari pada tiga fase yaitu: analisis kebutuhan, desain dan pengembangan dan implementasi.
      3. Model Borg & Gall mendefinisikan penelitian dan pengembangan sebagai suatu usaha untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk. yang digunakan dalam penelitian.
      4. Model ADDIE merupakan model perancangan pembelajaran yang menyediakan sebuah proses terorganisasi dalam pembangunan bahan-bahan pelajaran yang dapat digunakan baik untuk pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran online. Tahapan model ADDIE: Anayze, Design, Development, Implementation, Evaluation.
      5. Model 4D dengan tahapan  Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan).

             Rincian materi dapat dilihat pada power point di bawah ini !


    • Pertemuan ke 8

      Topik Perkuliahan   :    Mahasiswa dapat mendesain media pembelajaran sesuai dengan analisis masalah di Sekolah Dasar
      Kompetensi Mahasiswa   :    Desain media pembelajaran sesuai dengan analisis masalah di Sekolah Dasar
      Selamat pagi mahasiswa hebat abad 21,

      Pada perkuliahan hari ini, Anda silakan mencoba untuk medesain media pembelajaran dengan menggunakan program Camtasia. Program Camtasia bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning. Sebelum kita membuat vidio pelatihan atau presentasi kita perlu mempersiapkan hal – hal berikut :
      1. Rancang alur vidio yang akan kita buat, hal ini agar didalam pembuatan vidio lebih terarah dan terorganisir.
      2. Siapkan naskah vidio tutorial agar lebih mudah saat merekam dan memperkecil kesalahan.
      3. Siapkan media penunjang lainnya seperti microphone, bahan presentasi, atau web cam bila diperlukan.
      4. Camtasia merekam semua kegiatan yang ada didesktop computer jadi ada baiknya sebelum kita mulai bersihkan desktop dari aplikasi lain yang tidak diperlukan. Karena apabila tidak ini akan memperlambat proses merekam.
      5. Setting mouse computer kita lebih pelan dari sebelumnya hal ini akan membuat vidio kita akan terlihat lebih real time.
      Anda bisa mencoba membuat desain media pembelajaran dengan menggunakan program Camtasia. Tutorial penggunaan Camtasia terdapat pada youtube dibawah ini!

    • Pertemuan ke 9

      Topik Perkuliahan   :   UTS 
      Kompenetnsi Mahasiswa   :    Mahasiswa dapat mengerjakan UTS secara mandiri dan bertanggung jawab.

      Selamat Pagi semuanya,
      Di pagi hari yang cerah ini, semua mahasiswaku sudah siap mngerjakan soal UTS ya?
      Sebelum mengerjakan soal UTS silakan berdoa terlebih dahulu !
      Soal UTS dikerjakan dalam waktu 90 menit. Batas akhir penguploadan UTS pukul 08.30 wib,
      Selamat Mengerjakan

    • Pertemuan ke 10

      Topik Perkuliahan   :   .Mahasiswa mampu mendesain media pembelajaran sesuai dengan analisis masalah di Sekolah Dasar
      Kompenetnsi Mahasiswa   :   

      Desain media pembelajaran sesuai dengan analisis masalah di Sekolah Dasar


      Assalamualaikum, para calon guru hebat abad 21

      Perkuliahan hari ini kita akan membuat desain media pembelajaran berdasarkan analisis masalah yang terjadi di SD.
      Analisis masalah ini bisa kalian dapat dari hasil wawancara serta observasi yang telah kalian lakukan. Pada saat mendesain jelaskan cara-cara dalam membuat media tersebut. Hasil dari kegiatan ini bisa kita diskusikan di forum diskusi.  

      Selamat Mengerjakan
    • Pertemuan ke 11

      Topik Perkuliahan   :    Mahasiswa dapat membuat instrumen validasi pengembangan media pembelajaran
      Kompenetnsi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat memahami dan membuat instrumen validasi. Validasi media pembelajaran dibedakan menjadi tiga yakni validasi desain, validasi materi/isi dan validasi bahasa. 

      Selamat pagi semuanya,

      Hari ini kita akan belajar terkait instrumen validasi untuk pengembangan media pembelajaran. Siapa yang mengetahui, mengapa dalam mengembangkan media pembelajaran perlu membuat instrumen validasi?
      Insturmen validasi digunakan untuk mengukur kevalidan dari produk yang dikembangkan, Jenis instrumen validasi ada tiga yakni validasi desain, validasi materi/isi dan validasi bahasa.  
      1. Validasi desain, menilai media pembelajaran dari aspek tampilan, pemrograman dan kelengkapan media.
      2. Validasi materi/isi, menilai media pembelajaran dari aspek pembelajaran.
      3. Validasi bahasa, menilai aspek bahasa yang digunakan pada media. 
      Contoh instrumen validasi terdapat pada pdf dibawah ini! 
    • Pertemuan ke 12

      Topik Perkuliahan   :    Mahasiswa membuat instrumen validasi pengembangan media pembelajaran.
      Kompenetnsi Mahasiswa   :    Mahasiswa dapat membuat :

      1. Validasi desain

      2. Validasi materi/isi

      3. Validasi bahasa

      Selamat pagi calon guru abad 21 yang hebat,

      Setelah Anda mempelajari materi sebelumnya terkait instrumen validasi, pada hari ini silakan berlatih untuk membuat instrumen validasi (desian,materi dan bahasa). Setelah Anda membuat instrumen tersebut silakan diupload pada menu tugas. Pengumpulan tugas maksimal 3 hari setelah tugas diberikan (maksimal pukul 17.00 WIB)

      Selamat Mengerjakan

    • Pertemuan ke 13

      Topik Perkuliahan   :   Mahasiswa merancang media dan instrumen validasi. 
      Kompenetnsi Mahasiswa   :   

      Membuat rancangan media pembelajaran beserta instrumen validasi (bahasa, materi dan media)

      Selamat pagi,
      Setelah Anda mempelajari materi pada pertemuan sebelumnya terkait pengembangan media pembelajaran, pada hari ini silakan membuat rancangan media pembelajaran beserta instrumen validasinya! 
      Format tugas                        :
      Nama media                         : 
      Cara membuat                     :
      Cara pengoperasian media:
      Intrumen validasi                 :
      1. Validasi materi
      2. Validasi media
      3. Validasi bahasa
      Selamat Mengerjakan

    • Pertemuan ke 14

      Topik Perkuliahan   :   Mahasiswa merancang media dan instrumen vallidasi
      Kompenetnsi Mahasiswa   :   Mahasiswa menjelaskan media pembelajaran yang akan dibuat beserta instrumen validasinya.
      Selamat pagi para calon guru hebat abad 21,
      Pada pertemuan ke-13, Anda mempelajari cara membuat rancangan media pembelajaran beserta instrumen validasinya. Pada pertemuan ini silakan melanjutkan tugas yang ada pada pertemuan ke 13! 
      Format tugas                        :
      Nama media                         : 
      Cara membuat                     :
      Cara pengoperasian media:
      Intrumen validasi                 :
      1. Validasi materi
      2. Validasi media
      3. Validasi bahasa
      Selamat Mengerjakan
    • Pertemuan ke 15

      Topik Perkuliahan   :   Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mempraktikkan penggunaan media pembelajaran yang telah dibuat
      Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa mempraktik penggunaan media pembelajaran yang telah dibuat.
      Selamat pagi para mahasiswa budiman,

      Pada hari ini silakan mempraktikan/menampilkan/menunjukkan produk yang telah Anda buat. Bagi teman yang tidak presentasi silakan bisa memberikan saran atau masukan terhadap produk atau media yang dihasilkan oleh temannya! Link untuk memprensentasika media :https://meet.google.com/gij-kkhp-vmg. Kegiatan presentasi pada G-Meet dilakukan pada pukul 07.00 wib.

      Tetap Semangat

    • Pertemuan ke 16

       UAS (Ujian Akhir Semester)
      Selamat Pagi semuanya,
      Pada pagi hari ini, Anda mengikuti UAS.
      Anda silakan upload link produk pembelajaran yang sudah Anda buat beserta instrumen validasinya,
      Selamat Mengerjakan